Kepala Puskesmas Pekanbaru Kota Mundur

Rame-Rame Kepala Puskesmas Pekanbaru Kota Mundur, Berikut Alasannya

Kadiskes Pekanbaru, Helda S Munir***
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau Helda S Munir mengatakan, pengunduran diri delapan kepala Puskesmas dari jabatannya secara serentak erat kaitannya dengan ketidakmampuan mereka mengelola manajemen Puskesmas ke Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Mereka yang tarik diri ini Kapus (kepala Puskesmas) yang masih muda dan baru dilantik sebelum saya pergi haji kemarin," ungkap Kadiskes Pekanbaru, Helda S Munir, di Pekanbaru.

Helda menerangkan, pengelolaan puskesmas saat ini jauh berbeda dengan jaman dulu. Apalagi dengan pola PPK BLUD, dimana layanannya sudah menerima rawat inap dan buka 24 jam.

Ditambah lagi masyarakat saat ini mulai kritis dan menilai dengan kewajaran. Sehingga pelayanan tidak bisa main-main dan asal jadi.

"Masyarakat sudah mau melapor pelayanan yang kurang berkenan disetiap puskesmas," ujarnya.

Helda menilai tarikdirinya para kapus ini erat kaitannya dengan ketidak profesionalan pada dokter yang ditunjuk jadi kapus.

"Saya nilai ini akibat ketidakmampuan Sumber Daya Manusianya," urainya kepada Antara..

Mereka para kapus tidak menduga bahwa pelayanan puskesmas tersebut di era sekarang bukan hanya mengedepankan promotif dan prefentif seperti dulu. Tetapi juga kuratif.(urc/mk)***

TERKAIT