MTQ Ke XIII Rohil 2016

Kuba Juara Umum MTQ Ke XIII Rohil 2016

Penutupan MTQ Ke XIII Rohil 2016***
MEDIATRANSNEWS, BAGANSIAPIAPI - Kecamatan Kubu Babussalam (Kuba) keluar menjadi juara umum pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Rohil ke XIII tahun 2016. Pengumuman pemenang dilakukan saat malam penutupan, Selasa (25/5) pukul 21.00 WIB.

Keunggulan Kecamatan Kuba meraih nilai total 51 poin mengalahkan Juara Umum tahun lalu Kecamatan Pujud yang hanya mendapatkan poin 29. Sedangkan juara II Kecamatan Kubu dengan nilai 41 dan Kecamatan Tanah Putih dengan nilai 32.

Sementara itu untuk posisi V diduduki Kecamatan Bangko sebagai tuan rumah dengan nilai 25 dilanjutkan posisi VI Kecamatan Bali Jaya dengan nilai 20. Posisi VII diraih Kecamatan Bagansinembah 14 poin dilanjutkan Kecamatan Batu Hampar dengan nilai 13 dan posisi IX Kecamatan Tanjung Medan dengan nilai 13 dan posisi X Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan dengan poin 13. Nilai Kecamatan posisi VII, IX dan X sama dan panitia memutuskan memilih cabang lomba yang meraih juara terbanyak.

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan menutup secara resmi perhelatan tahunan ini dengan penekanan sirine bersama Forkopimda Rohil diantaranya Kajari Bagansiapiapi Bima Suprayoga, SH, Mhum, Wakil Bupati terpilih Drs Jamiluddin, Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Bambang Sukisworo, Mewakili ketua DPRD Imam Suroso dan mewakili Kapolres Kapolsek Bangko AKP Agung Triadi, SIk.

Sekda mengatakan, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XIII Rohil diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu ajang pembinaan prestasi anak daerah.

"Saya pikir tidak ada manfaatnya meraih kemenangan kalau itu dihasilkan dengan mengutus peserta dari daerah lain. Jadi selama pelaksanaan MTQ ini berlangsung semua kafilah kecamatan memanfaatkan potensi yang ada, dan alhamdulillah semuanya tampil maksimal," kata Surya Arfan saat menghadiri sekaligus menutup secara resmi MTQ ke XIII tingkat Kabupaten Rokan Hilir, di Lapangan Purna MTQ Batu Enam, Bagansiapiapi.

Ia menambahkan, bahwa MTQ yang dilaksanakan setiap tahunnya ini bukan ajang untuk mencari nama, namun diharapkan dapat menjadikan sebagai kesempatan dalam mengasah kemampuan dan pengalaman peserta yang berasal dari daerah sendiri.

"Memang ada beberapa cabang yang tidak terpenuhi dan ini menjadi cambuk bagi kita semua terutama kepada pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk terus melakukan pembinaan secara berkelanjutan," katanya mengharapkan.

Ia kembali menghimbau kepada LPTQ kecamatan maupun kabupaten untuk senantiasa terus melakukan pembinaan intensif kepada qori qoriah mengingat tidak lama lagi akan dilaksanakan MTQ tingkat Provinsi Riau pada bulan September mendatang.

"Kalau dibina secara baik dan serius maka qori qoriah kita tidak akan kalah saing dengan kabupaten/ kota lainnya. Jadi ada sekitar tiga bulan lagi waktu untuk melakukan pembinaan dan kita minta kepada LPTQ segera melakukan TC dari sekarang," pesannya.

Sekda juga menyampaikan bahwa kegiatan MTQ yang dilaksanakan ini hendaknya jangan disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, namun harus menjadi motivasi dengan memahami, mendalami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran untuk diterapkan didalam kehidupan sehari-hari.

"Apabila hal ini dilakukan dengan baik saya pikir kehidupan bermasyarakat, beragama dan berbangsa akan berjalan dengan harmonis penuh dengan kekeluargaan," tuturnya.

Sementara itu untuk Kategori Pawai Tingkat kecamatan keluar sebagai pemenang Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), jura II Kecamatan Rimba Melintang dan Juara III Kecamatan Bangko. Untuk kategori Pawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) keluar sebagai pemenang  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jura II Kantor Dinas Pendapatan Daerah dan Juara III Kantor Sekretariat KORPRI.

Untuk Stand Bazar kategori Kecamatan Juara I diraih oleh Kecamatan Simpang Kanan, Jura II Tanah Putih Tanjung Melawan juara III Tanjung Medan. Kategori Bazar SKPD juara I Dishubkominfo, Dinas Sosial dan Jura III RSUD DR RM Pratomo.

Kategori Organisasi dan Perusahaan Jura I diraih oleh Akbid Tuti Rahayu, Juara II PT Ruas Utama Jaya dan Juara II Bank Rakyat Indonesia.

setelah penutupan dilakukan penyerahan piala bergilir kepad Camat Kuba Amat Atin seta dilanjutkan pemberian hadiah kepada pemenang lomba oleh Sekda, Ketau PKK Hj Wan Mardiana Suyatno, Forkopimda serta ketua DWP Hj Lenna Puspasari Surya.(AdvSpy)***
TERKAIT