Kota Pekanbaru membuka acara Gerakan Aksi Sosial Donor Darah

Drs.H.M.Noer,Mbs Ajak Masyarakat Jadi Pendonor Aktif

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Drs. M Noer Mbs bersama Komunitas Badan Perbangkan daerah BTT di gedung Bank Indonesia kantor perwakilan Riau***
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Drs.H.M.Noer,Mbs selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru membuka acara Gerakan Aksi Sosial Donor Darah yang diadakan oleh Komunitas Badan Perbankan daerah BTT dibawah komando Bank Indonesia di gedung Bank Indonesia kantor perwakilan Riau, Rabu (22/2). Acara ini mengusung  tema saatnya peduli saatnya berbagai bukti cinta untuk sesama.

Sekretaris daerah Kota Pekanbaru, Drs.H.M.Noer. Mbs mengatakan bahwa Acara donor darah ini bukanlah pertama kalinya dan ia berharap akan terus berlanjut .

"Dan ini bukan kali pertama mereka secara organisasi melakukan kegiatan donor darah tetapi sudah ketiga kalinya kegiatan ini dilaksanakan, muda-mudahan kegiatan ini terus berlanjut " kata seko.

Sekko berterimakasih Kepada para pendonor darah yang telah sukarela mendonorkan darahnya , karena hal ini sangat bermanfaat

"Secara khusus saya ucapkan terima kasih, semoga amal baik yang telah dipersembahkan memperoleh pahala dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan darah  yang disumbangkan bermanfaat bagi mereka saudara kita yang membutuhkan darah,”terangnya.

M.Noer juga menyampaikan untuk target ketersediaan Darah di kota pekanbaru adalah 3-4 ribu kantong darah per perbulannya, "saya optimis target 4 ribu kantong darah untuk kota pekanbaru, Insya Allah tercapai,"ujarnya.

Selanjutnya Ia mengapresiasi Kegiatan Donor Darah ini dan berharap Sukarela di kota pekanbaru perlu terus meningkat lebih intensif, baik melalui instansi pemerintah maupun organisasi masyarakat.

"Sebab ini perlu saya tekankan, karena meskipun pengumpulan kantong-kantong darah di PMI, seluruh daerah mungkin telah mencapai target, namun upaya mengantisipasi meningkatnya kebutuhan darah, harus tetap menjadi prioritas utama,"ujarnya lagi.

Sekko mengatakan bahwa persediaan darah yang ada di PMI pekanbaru, pada hakekatnya tidak hanya dimanfaatkan warga pekanbaru saja yang membutuhkan, tetapi juga korban dari berbagai daerah lain.

Untuk itu cara mengantisipasi semakin meningkatnya kebutuhan darah pada tahun 2017 ini, peran para donor darah sukarela menjadi sangat penting.

"Saya atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru maupun secara pribadi, saya tidak akan berhenti menyerukan dan mengajak segenap masyarakat pekanbaru untuk bersedia menjadi donor darah, Karena ini dimanfaatkat tidak hanya warga Pekanbaru saja yang membutuhkan tetapi juga dari daerah lainnya" Terangnya.

M.Noer menambahkan, untuk Kepada calon pendonor perlu memperoleh penjelasan bahwa menjadi pendonor darah tidak perlu memenuhi persyaratan khusus.

"yang terpenting adalah berbadan sehat, tidur cukup, sekitar enam sampai dengan delapan jam setiap hari. Bagi wanita tidak dalam keadaan haid, dan bagi pemula berusia paling muda 17 tahun dan paling tua 50 tahun.

Setelah 24 jam mendonorkan darahnya, volume darah akan kembali normal. Sel-sel darah akan terbentuk kembali dalam waktu empat sampai dengan delapan minggu," ungkap sekko. (Hp/Mtn)***
TERKAIT