Lantik Dua Kepala Daerah Sekaligus

Arsadjuliandi Rachman Lantik Dua Kepala Daerah Sekaligus

Gubri H Arsyadjuliandi Rachman saat Menyematkan Tanda Wako danWawako pekanbaru dan  Bupati, Wakil Bupati Kab Kampar di Balai serindit Gedung Daerah***
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Gubernur Riau, Arsadjuliandi Rachman, melantik dua kepala daerah sekaligus, yakni DR. H Firdaus, ST. MT - Ayat Cahyadi, MSi selaku Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru dan Aziz Zainal-Catur sebagai Bupati Kampar, keduanya masa bakti 2017-2022, di Gedung Daerah, Jalan Pangeran Diponegoro, Pekanbaru, Senin (22/5/2017).

Firdaus dilantik bersama dengan Ayat Cahyadi, sebagai Wakil Walikota Pekanbaru. Demikian juga dengan Aziz Zaenal yang dilantik bersama bersama Catur Sugeng sebagai Wakil Bupati Kampar.

Pelantikan dua pasang kepala daerah ini dihadiri pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau dan Konsulat Jenderal Malaysia di Pekanbaru serta ribuan undangan dari pejabat Pemko Pekanbaru dan Pemkab Kampar.

Prosesi pelantikan diawali pembacaan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang mengangkat kedua pasangan itu menjadi kepala dan wakil kepala daerah oleh Kepala Kepala Biro Administrasi Tata Pemerintahan dan Umum Setdaprov Riau, Rahima Erna.

Lalu, kedua SK Mendagri yang mengangkat Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar diserahkan Arsyadjuliandi yang akrab disapa Andi Rahman kepada Firdaus dan Aziz.

Selanjutnya, mereka mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu Andi Rahman. Mereka bersumpah menjalankan pemerintahan yang bersih, transparan, dan bebas dari Korupsi, Kolusi serta Nepotisme (KKN).

Kemudian, Aziz Zainal memimpin pembacaan Pakta Integritas yang diikuti Firdaus, Ayat, dan Sugeng, dihadapan Andi.

Ada pemandangan lucu saat Andi melantik Aziz Zainal. Tubuh Aziz yang tinggi membuat Andi kesulitan memasangkan tanda pangkat di pundak Aziz. Walhasil, tanda pangkat itu tidak sempurna terpasang. Melihat itu, para undangan tidak dapat menyembunyikan tawa. Bahkan, Andi dan Aziz juga ikut tersenyum.

Dalam sambutannya, Andi meminta kedua pasang kepala dan wakil kepala daerah itu menjalankan pemerintahan dengan mengedepankan kepastian hukum, akuntabilitas, dan pelayanan publik yang efektif dan berkeadilan.

"Saya harap saudara-saudara dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik," kata Andi.

Andi juga mengucapkan terima kasih kepada Edwar Sanger dan Syahril Abadi yang sebelumnya menjabat sebagai Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru dan Pj Bupati Kampar. Andi menilai keduanya telah sukses melaksanakan tugas hingga terpilihnya pasangan kepala daerah yang definitif.

"Teruslah berkarya demi masyarakat Riau yang kita cintai ini khususnya dan secara umum kepada bangsa dan negara kita," kata Andi.***

TERKAIT