Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 22 Oktober 2018
INDEX BERITA

Danrem 031 WB Safari Integritas Pemilu 2019 Di Kab.Pelalawan
Masyarakat 2 Kecamatan Di Pelalawan Alami Himpitan Ekonomi
Polsek Bukit Raya Laksanakan Jumat Barokah Di jalan Kandis Ujung Tangkerang Utara
Polsek Tapung Berhasil Diringkus Pelaku 2 Jam Usai Kejadian
Gubernur Riau Tinjau Dua Pembangunan Proyek Fly Over
Pemprov Siap Canangkan Penguatan Muatan Lokal Budaya Melayu Di Riau
Wan Thamrin Hasyim Tinjau Tol Pekanbaru-Dumai
Wan Thamrin Hasyim Sidak Poli Jantung Di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru
Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim Lepas Pawai Takbir Idul Fitri 1439 H
Plt Gubernur Riau Pimpin Upacara HUT Sapol PP Dan Satlinmas Tahun 2018
Wabup Harap Lahir Bibit Qori Dan Qoriah Yang Berkualitas
Pasutri Usia Lanjut Saat Dikunjungi Tim Jumat Barokah
Ratusan Media Dan LSM Dukung Pemerintah Buka Portal Jalan Di Oku
Sekda Berharap, Agar Senantiasa Menjaga Perahu Motor Dan Alat Tangkap Perikanan
Kegiatan Binmas Yang Bekerja Sama Dengan Reserse Polsek Bukit Raya
Pemprov Dan BPH Migas Optimalkan Pemanfaatan Data Konsumsi Konsumen BBM
DPRD Kabupaten Pelalawan Gelar Rapat Paripurna Istimewa
Pindahan Domisili Dan Buat E-KTP Tak Perlu Pengantar RT/RW Dan Desa
Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan Benarkan Informasi Tentang Proyek Preservasi
Pisah Sambut Kapolsek Siak Hulu Kampar Berjalan Dengan Baik
Kepala Desa Tebing Kampung Di Tahan Kajari
FG Dan YZ OTT Oleh Jajaran Polres Rohil
Kapolda Sumut Irjen Pol. Agus Andrianto Siap Dukung Wartawan Sesuai MoU
Rosti Uli Purba, Natal Wartawan Tahun Ini Buat Menyenangkan Bagi Tuhan Dan Masyarakat
DPW MOI Riau Kunjungin Management RAPP
Pekanbaru
Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke-233
DPRD Pekanbaru Gelar Paripurna Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke-233

Jumat, 23/06/2017 - 22:58:16 WIB
Gubernur Riau bersama Walikota Pekanbaru dan Ketua DPRD sesaat sebelum rapat paripurna istimewa digelar***
 
ADVERTORIAL :

MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Kendati diguyur hujan sejak dinihari serta hari pertama cuti Lebaran Idul Fitri, namun pelaksanaan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 233 tetap digelar melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD kota Pekanbaru, Jumat (23/6/2017).

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Pekanbaru Syahril SH itu dihadiri Gubernur Riau Arsyad Juliandri Rachman, Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi Sekdaprov Ahmad Hiijazi, Forkompinda dan sejumlah undangan lainnya.

Sementara kursi anggota dewan hanya diisi 12 orang saja. Selebihnya ruang paripurna didominasi kalangan ASN di lingkungan kota Pekanbaru. Di sisi kiri, kursi diisi oleh para Camat dan di sisi kanan OPD dan serta pejabat lainnya.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru Syahril SH saat membuka rapat paripurna mengungkapkan, Pekanbaru dahulunya dikenal dengan nama "Senapelan" yang saat itu dipimpin oleh seorang Kepala Suku disebut  Batin. Daerah ini terus berkembang  menjadi kawasan pemukiman baru dan seiring waktu berubah menjadi Dusun Payung Sekaki yang terletak di muara Sungai Siak.
Selanjutnya Syahril mempersilahkan pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau kota Pekanbaru Afrizal Usman untuk membacakan history kota Pekanbaru hingga sekarang.

Sementara itu Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT dalam sambutannya memaparkan program program strategisnya 5 tahun kedepan. Ia mengungkapkan 5 tahun kedepan Pekanbaru harus lebih baik dari sekarang.

“Kita sudah azamkan Pekanbaru menjadi smart city. Indikatornya pemerintah dan masyarakatnya cerdas, ekonomi, lingkungan cerdas dan masyarakat yang religi”, ujarnya.

Firdaus pun mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Riau yang telah menjadikan bekas kantor Dinas PU Riau tepatnya didepan rumah dinas Walikota Pekanbaru yang kini telah dijadikan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RHT). Begitu juga halnya Kacang Mayang yang kini sudah menjadi RTH, diharapkan dapat memberikan semangat bagi masyarakat kota Pekanbaru kedepan.
Foto MediatransNews.
“Ini juga dilengkapi dengan Wifi yang merupakan wujud dari dari kota Smart. Sehingga bagaimana mengakses menggunakan teknologi IT sehingga bisa tersambung ke seluruh dunia yang dulunya tidak mudah, kini menjadi mudah”, ujar Firdaus.

Dikonfirmasi terpisah, Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman berharap Pekanbaru kedepan menjadi kota smart city madani. Ia mengatakan, Pemko Pekanbaru tentunya harus banyak yang akan dilakukan kedepan.

Pemerintah Provinsi melalui OPD kata Gubernur, akan terus mendukung program program yang ada di kota Pekanbaru didalam mencapai smart city madani.

“Contohnya hari ini RTH yang dibangun oleh provinsi. Hari ini kita srahkan pengelolaannya kepada kota Pekanbaru yang sudah dilengkapi dengan wifi. Sehingga masyarakat pun bisa mengakses internet di RTH tersebut untuk
sekaligus melengkapi Pekanbaru menjadi kota smart city madani”, ucapnya.

Selain itu kegiatan Pemprov Riau di Pekanbaru akan melanjutkan pembangunan jembatan Siak IV, merevisi Design Enginering terhadap fly over yang ada di SKA Mall dan juga di Pasar Pagi Arengka.

“Tahun ini kita akan memulai pembangunan pondasi pembangunan mesjid front city di Jalan Siak II. Kita juga akan memproses hasil rapat terbatas dengan pak Presiden yaitu mulai membicarakan perpanjangan runway Sultan Syarif Qasim menjadi 3 ribu dari 2,6 ribu meter yang ada sekarang”, kata Arsyad Juliandi Rachman.

Ia mengatakan, perpanjangan runway ini untuk mengantisipasi pertumbuhan kota Pekanbaru dan Provinsi Riau kedepan. Diharapkan dengan menjadi 3 ribu meter bisa menjadi embarkasi haji dan bisa digunakan dalam Angkatan Udara melakukan latihan sekaligus untuk menjaga keamanan negara ini di Pulau Sumatera.

“Semuanya ini juga termasuk dalam bidang pendidikan adanya teknologi pub berada di Pekanbaru nanti. Ini semuanya dalam rangka mendukung program program visi misi kota Pekanbaru untuk menjadi kota yang modren dan mempunyai sumber daya manusi yang lebih baik kedepan”, sebutnya. Maka dengan itu kata Gubernur sinergi diantara dinas dan badan baik kota maupun provinsi harus ditingkatkan terus”, ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono ST mengatakan, sebagai wakil rakyat, besar harapan baginya untuk melihat kota ini berkembang, jauh lebih baik lagi dari yang ada sekarang.

Menurutnya, pembangunan Kota Pekanbaru saat ini, sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Karenanya, kedepan Kota Bertuah ini diharapkan mampu menjadi lokomotif pembangunan di Provinsi Riau.

"Ini bisa menjadi momentum bagi Pemko untuk lebih menunjukkan kinerja terbaiknya. Terutama bagi Walikota yang baru dipilih masyarakat, bisa mengatrol bawahannya, untuk bekerja lebih baik lagi dalam membangun Kota

Pekanbaru," pinta Sigit sebagaimana dirilis oleh salah satu media cetak di Pekanbaru, Rabu (21/6/2017).Yang lebih penting lagi, beberapa program yang kini sedang berjalan, baik itu berupa pembangunan fisik, serta visi
misi menuju Kota Smart City, harus diimplikasikan dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Tentunya semua itu harus kerjasama yang baik, terutama dalam berkoordinasi dengan Pemprov Riau dan Pemerintah Pusat.

Apalagi dengan kondisi krisis ekonomi saat ini, Pemko harus bisa bersinergi dengan Pemprov dan Pemerintah Pusat. Sehingga roda pemerintahan, terutama pembangunan bisa tercapai. Selain itu, pembangunan di berbagai sektor harus bisa bersinergi.

“Intinya kami di DPRD tetap mendukung seluruh program kerja Pemko yang sifatnya positif. Sebab, kami percaya dengan program yang baik, perkembangan kota ini dapat lebih baik lagi. Bahkan kita harapkan sinergisitas antara legislatif dan eksekutif harus selalu terjaga dan semakin harmonis ,” harap politisi Demokrat ini.
Foto MediatransNews.
Ke depannya, tambah Sigit, dengan momentum HUT ini, penyusunan program pembangunan yang berorientasi terhadap kesejahteraan masyarakat, harus transparan. Sebab ini merupakan sebuah gambaran keberhasilan sebuah pemerintahan, jika programnya dirasakan masyarakat secara keseluruhan.

Hal yang sama juga diharapkan Wakil Ketua Pekanbaru DPRD Pekanbaru Sondia Warman. Politisi PAN ini justru menitik beratkan kepada Pemko, agar mampu menciptakan SDM para ASN yang mumpuni. Karena berdasarkan ini lah pijakan dalam menjalan program-program yang sudah disusun, bisa terlaksana sesuai harapan dan aturan.

"Para ASN yang tidak mampu bekerja, tidak perlu diberikan kepercayaan untuk sebuah jabatan. Apalagi pekerjaan untuk membangun kota ini ke depan semakin berat, apalah saat ini minimnya anggaran. Tentunya ASN yang punya terobosan lah, yang bisa mengisi pundi-pundi PAD, untuk membangun kota ini, yang harus diprioritaskan," katanya.

Lebih dari itu, tambah Sondia, masyarakat juga diharapkan mendukung program-program pemerintah. Apalagi di era transparansi saat ini, perlu melibatkan masyarakat, agar pembangunan sukses dilaksanakan.

"Jadi, PR kita ke depan masih banyak. Kita jangan terpana dengan konsep semata. Tapi action dan realisasi di lapangan yang paling utama. Kemudian, libatkan juga masyarakat dalam mengawasinya. Sehingga masyarakat benar-benar memiliki keterkaitan langsung dengan pemerintah tentang konsep pembangunan kota ini," pintanya.

Sementara pantauan pada rapat paripurna hari jadi kota Pekanbaru ke 233, hanya dihadiri 12 orang anggota DPRD Pekanbaru. Yakni, Zainal Arifin, Sri Rubianti, Aidil Amri, Tengku Azwendi Fajri, Desi Susanti, Pangkat Purba, Tarmizi Muhammad, Roem Diani Dewi, Ida Yulita Susanti, Samsul Bahri, Nasruddin Nasution dan Dian Sukheri.

Rapat Paripurna istimewa hari jadi Pekanbaru 233 tahun, dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sahril didampingi Wakil Ketua, Sigit Yuwono dan Jhon Romi Sinaga.  (Adv-Opd/Diskominfo)***



(0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2017 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved