Lantik 115 PPK

Ketua KPUD Lantik 115 PPK SE-Kabupaten Lampung Utara

Ketua KPUD Lampung Utara Marthon.SE.bersama Anggota PPK Kecamatan Sungkai Barat usai Pelantikan***
MEDIATRANSNEWS, LAMPUNG UTARA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melakukan pelantikan dan pengukuhan terhadap 115 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 23 Kecamatan Se Kabupaten Lampung Utara di Aula Hotel Cahaya Kotabumi. Sabtu (4/11).
 
Pelantikan 115 PPK tersebut dipimpin langsung oleh ketua KPUD Kabupaten Lampung Utara, Marthon, dan dihadiri tiga komisioner lainnya yakni, Marswan Hambali, Mat Akhir, dan Afrizal Ria.

Selain ketua KPUD dan komisoner, pelantikan dan pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara, Ketua DPRD Rachmat Hartono, Kapolres AKBP Eka Mulyana dan perwakilan partai politik (Parpol) se-Kabupaten Lampung Utara.

Ketua KPUD Lampura, Marthon meminta agar PPK dapat bekerja sesuai dengan aturan sebagai penyelenggara Pilgub Lampung dan Pibup Lampung Utara tahun 2018 mendatang.

Dirinya juga menegaskan, Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) harus terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya, memahami kode etik sebagai pelaksana pemilihan umum, bersikap netral dan hindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra pelaksana pemilihan umum yang nantinya dapat menciderai kualitas hasil pemilu.

“Jika anda tidak patuh dan coba melakukan tindakan yang bertentangan dengan aturan perundang-undangan, kami mohon maaf jika dengan terpaksa kami berhentikan, “ ujar Marthon.

Selain itu Marthon juga berharap, agar para bakal calon kepala daerah (Balonkada) tidak melakukan praktik politik uang (Money Politic) serta dapat mengajarkan cara berdemikrasi yang baik dan santun.

Menurutnya, Money politic adalah bukan budaya yang baik, akan tetapi politik uang merupakan virus yang harus dibuang, dengan cara ini pula dapat merusak hasil dari pemilu.

“Saya tekankan pada perhelatan Pemilukada mendatang agar dapat menjaga persatuan dan kesatuan, yang mana itu dibuktikan dengan kentalnya jalinan persaudaraan masyarakat Lampura,” katanya seraya mengataka bahwa selanjutnya, KPUD akan segera melakukan seleksi untuk anggota PPS sebanyak tiga orang untuk setiap desa dengan mengacu pada juklak dan juknis yang ada.

Sementara itu, Bupati Lampura Agung Ilmu Mangkunegara, saat diwawancarai seusai menghadiri kegiatan tersebut menyatakan, agar anggota PPK dapat segera mempelajari segera tugas pokok dan fungsi(tupoksi)nya.

”Laksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, peraturan perundang-undangan dipegang, profesionalisme dijunjung. Insya Allah akan lahir demokrasi yang baik,” katanya.

Dikatakan Agung, bahwa dirinya mendukung seruan atau ajakan Ketua KPU Lampura untuk mengajarkan demokrasi yang baik dan tanpa politik uang (Money Politic),

”Pemipin yang hebat akan lahir dari demokrasi yang hebat dan pemimpin yang akan baik akan lahir dari demokrasi yang baik,” ujarnya.
Dijelaskannya, jika dalam berdemokrasi sudah tidak baik. Tidak baik dari sisi penyelenggaranya dan tidak independent dari sisi aparaturnya maka akan lahir pemimpin yang membawa keburukan untuk Kabupaten Lampura.
 
”Saya sangat mendukung apa yang disampaikan Bapak Ketua KPU, Marthon. Hindari politi uang dan jaga persatuan serta kesatuan, siapa pun yang akan menjadi pemenang dia adalah putra terbaik Kabupaten Lampura yang akan membawa Lampura untuk maju,” jelasnya.

Disinggung langkah yang akan dilakukannya selaku petahana dalam mengajarkan demokrasi yang baik, dengan lugas Agung Ilmu Mangkunegara mengatakan bahwa pihaknya akan terus bersosialisasi dengan politik santun.

”Petahana juga memiliki tim yang telah bekerja, tanpa menggunakan atau memakai sepeser pun anggaran yang diadakan Pemerintah Daerah. Petahana menggunakan anggaran pribadi dalam rangka bersosialisasi ketengah masyarakat,”pungkasnya.(Ras-Tar)***
TERKAIT