Dibenahi Dinas PUTR Rohil

Lampu -Lampu Jalan Menuju Kota Bagansiapiapi Kembali Menyala

Lampu -Lampu Jalan Menuju Kota Bagansiapiapi Kembali Menyala***

BAGANSIAPIAPAI - Guna meningkatkan tingkat keamanan dan keselamatan para pengguna jalan atau pejalan kaki, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Kabupaten Rokan Hilir telah melakukan perbaikan lampu-lampu jalan  yang ada di sepanjang jalan lintas menuju Kota Bagansiapiapi.

Perbaikan lampu-lampu jalan umum tersebut dilakukan Dinas PUTR dimulai dari Bundaran Ikan menuju kota Bagansiapiapi. Lampu yang diperbaiki tidak lagi menggunakan lampu Solar Cell melainkan menggunakan tenaga listrik PLN, karena pihak PUTR sudah memperhitungkan menggunakan listrik PLN biayanya lebih ringan dibandingkan menggunakan Solar Cell. Selain itu ketahanan lampu juga dikhawatirkan, terlebih rawanya lagi pencurian terhadap perangkat atau Battery Solar Cell yang dipasang di tiang-tiang lampu.

Demikian kata Kadis PUTR Rohil, Jon Syafrindow melaui Kasubag Tata Usaha, Samsuri SH pada saat memantau proses pekerjaan perbaikan lampu, Kamis-(6/12/2018).

"Alhamdulillah lampu-lampu jalan di sepanjang jalan lintas dari Bundaran Ikan menuju kota Bagansiapiapi sudah kita perbaiki, dan sudah kembali menyala," kata Samsuri.

Diakuinya, lampu-lampu jalan sudah lama tidak menyala, itu dikarenakan banyak battery perangkat Solar Cell di curi sehingga lampu tidak lagi menyala.

"Perbaikan lampu yang kita lakukan tidak lagi menggunakan Solar Cell, kita ganti dengan listrik dari PLN. Diperhitungkan, perbaikan lampu menggunakan listrik PLN biayanya lebih ringan di bandingkan Solar Cell. Tidak hanya biayanya saja yang ringan, menggunakan listrik PLN ketahanan lampu diyakini bisa lebih bertahan lama, beda dengan Solar Cell yang di khawatirkan tidak bisa bertahan lama," ungkap Samsuri.

Selanjutnya, Ditegaskan Samsuri bahwa dalam rangka penataan kota agar lebih tetap indah terus dilakukan, seperti perbaikan median-median jalan dan lainnya sebagainya.

"Perbaikan tata ruang merupakan program prioritas Dinas kami PUTR, secara bertahap perbaikan tata ruang terus kami lakukan, terutama mengwujudkan ibu kota Kabupaten Rokan Hilir agar lebih indah,," pungkasnya. (Spt)***
TERKAIT