Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 24 Juli 2021
INDEX BERITA

Catur Sugeng : Pemkab Kampar Komitmen Perjuangan Hak-Hak Anak Kampar
Yasonna Laoly Perluas Pembatasan TKA Yang Masuk Ke Indonesia Masa PPKM
Terkait Dugaan Korupsi Anggaran Rutin Bappeda Siak Donna Fitria Di Tahan
Setelah Menelantarkan Anak Dan Istri Lalu Nikah Lagi Tanpa Persetujuan Istri Pertama
Sekda Kampar Sholat Ied Dan Laksanakan Qurban Di Markaz Islamic Centre
Bupati Kampar Ikuti Rakor Bersama Presiden Dan Gubernur Riau
Sekda Kampar Pimpin Rapat Pembahasan RAPBD 2022
Bupati Kampar Dan Forkopimda Kampar Bincangkan Berbagai Persoalan Kampar Terkini
Kampar Terima Rp. 33,34 Milyar Dari Bankeu Khusus Provinsi Riau 2021
Kejari Nisel Geledah Kantor PT BNC Terkait Dugaan Korupsi Pembelian Tanah
Wapres RI, Maruf Amin Keluarkan Perintah Tegas
Bupati Kampar Lakukan Koordinasi Dengan Bupati Lima Puluh Kota
Bupati Kampar Bersama Sekda Kampar Kunjungi Kominfo Kampar
Sekdakab Pelalawan Tidak Menjawab Konfirmasi Terkait Dana Media
Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong Kukuhkan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga
Bupati Kampar Buka Kegiatan Pembinaan Pembauran Kebangsaan Tahun 2021
Komandan Kompi Lettu Kav. Gilang Abriawan: Pentingnya Kerjasama Dengan Media
Bupati Kampar Resmi Luncurkan Mobil Vaksin Keliling
Pemkab Kampar Terima Rp. 2,3 Miliar Dari Pajak TOL Pekanbaru-Dumai
Bupati Kampar Kembali Lantik Pengawas Dilingkungan Pemda Kampar
DPRD Kampar Bentuk Tiga Panitia Khusus (Pansus)
Sekretariat Daerah Kampar Lakukan Vaksinasi Seluruh ASN Dan THL
Perkumpulan Keluarga Besar Marga ZAI Prov Riau Resmi Di Kukuhkan Oleh Penasehat PKBM ZAI Riau
Perkumpulan Keluarga Basar Marga Zai-Riau (PKBM ZAI-Riau) Segera Di Kukuhkan
Camat Bawalato Minta Secepatnya Hasil Pemeriksaan Dari Inspektorat Kab. Nias
Nias
Sosialisasi Aplikasi E-Planning SIPPD 2018
Bupati Nias Utara Hadiri Pelaksanaan Sosialisasi Aplikasi E-Planning SIPPD 2018

Kamis, 01/03/2018 - 08:37:17 WIB
Bupati Nias Utara M.Ingati Nazara saat menghadiri Gelar Sosialisasi Aplikasi E-Planning SIPPD 2018 diwilayah Nias Utara***
 
MEDIATRANSNEWS, NIAS UTARA - Bupati  Nias Utara M.Ingati Nazara menghadiri serta  membuka secara resmi pelaksanakan Sosialisasi Aplikasi E-Planning Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) di Kabupaten Nias Utara tahun 2018, acara ini difasilitasi  melalui Bappeda Nias Utara,  bertempat  di aula Kantor Bupati Nias Utara.

Kepala Bappeda Kabupaten Nias Utara Yusman Zega A.Pi, MSi dalam laporannya  menyampaikan maksud dan tujuan  pelaksanaan kegiatan sosialisasi E- Planning ini yaitu untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di Kabupaten Nias Utara kedepan melalui Aplikasi E-Planning sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat di Kabupaten Nias Utara.

Lanjutnya Yusman Zega memgatakan bahwa tujuannya memberikan informasi dan pemahaman terkait perencanaan yang berbasis elektronik kepada para Stakeholder, meliputi Pemerintah Daerah, SKPD, DPRD dan masyarakat, memberikan informasi dan pemahaman tentang tata cara pembangunan daerah dalam beberapa level dan tahapan penerapannya pada Aplikasi E-planning serta memberikan informasi dan pemahaman dalam pencegahan terjadinya korupsi dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan," tutur Yusman Zega.

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menyampaikan arahannya  bahwa lahirnya Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata cara penyusunan, Pengendalaian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembengunan Daerah; dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang tata cara perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah, maka setiap pemerintah daerah wajib menyusun dokumen perencanaan pembangunan diantaranya Renstra, Renja, RKPD, Lakip/LK serta dokuman evaluasi perencanaan pembangunan, adalah dasar hukum yang membuktikan keseriusan pemerintah terhadap perencanaan mulai dari tingkat pusat sampai daerah yang diupayakan melalui sistem perencanaan pembangunan yang berbasis teknologi informasi, Ucap Bupati

Selanjutnya, dokumen Perencanaan dari kegiatan perencanaan Pemerintah Daerah yang terdiri dari: RPJPD, RPJMD, Renstra, RKPD, RKP, dan Renja yang harus di buat sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada.

Berdasarkan dari apa yang dikemukakan diatas, maka dalam proses penyusunan dokumen-dokumen perencanaan pembangunan sangatlah penting sehingga kita dapat bekerjasama dalam menerapkan sistem perencanaan yang berbasis elektronik (E-Planning).

Melalui E-panning ini proses dan tahapan perencanaan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD akan terhimpun secara terencana dan terdokumentasikan sesuai tahapannya, hal ini juga merupakan bentuk pengoptimalan partisipasi masyarakat yang akan berdampak pada penggunaan sumber daya secara efesien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan, hasil dari perencanaan tersebut yaitu Integrasi Data, Sistematis dan terstruktur, Sinkronisasi Data, Data Record. 

Selanjutnya, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber dari Provinsi Sumatera Utara oleh Muhammad Safri Lubis dan Yoshida Sari dengan diikuti oleh seluruh peserta sosialisasi.

Sosialiasi tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu SE,MM, Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara Fangatulo Zaga dan Yaaman Telaumbanua SE, MM, Plt Sekda Kabupaten Nias Utara Drs. Fonaha Zega MAP, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Dearah, Kabag Lingkup Sekretariat Daerah, para camat se-Kabupaten Nias utara, Kasubbag Program/Operator masing-masing OPD. (AN/Mtnc)***
Editor: Sarah


Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved