Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 07 Februari 2023
INDEX BERITA

Anggota DPRD Bengkalis Hadiri Musrenbang Di Kec. Pinggir Dan Talang Mandau
Rapat Paripurna DPRD Kampar, Agenda Hari Jadi Kabupaten Kampar KE-73 Tahun 2023
Kamsol Pj. Bupati Kampar, Kampar Makin Maju Dan Terbilang
Kasmarni Bupati Bengkalis Tinjau Pelabuhan Roro Sungai Selari
Bupati Kasmarni Hadiri Pelantikan DPD BMI Dan Ucapkan Selamat
Komisi I Febriza Luwu Dan Anggota DPRD Kab. Bengkalis Zuhandi Saat Hadiri Musrenbang Kecamatan Bukit
Kasmarni: Ajak Keluarga Besar Punguan Toga Manalu Mandau Dan Pinggir Kompak Bangun Negeri
Bupati Kasmarni Tekankan Untuk Menjalankan Tugas Secara Profesional
Masyarakat Desa, Desak Polda Sumut Panggil Dan Periksa EB, OB Dan LOB
Polda Riau Berhasil Amankan 276 Kg Narkotika Jenis Sabu
LSM Dan Media Laporkan Disprinda Bengakalis Ke Kejari
Bupati Rohil Afrizal Sintong Resmikan SPAM Di Bagan Punak Pesisir
Bupati Rohil Afrizal Sintong Bagikan 200 Paket Sembako
Pada Event Carfreenight, Ini Harapan Kades Selat Baru
Syahrial: TNI Angkatan Laut Merupakan Garda Terdepan
Pemkab Kampar Adakan Berbagai Lomba Jelang HUT Kampar Ke 73
Bupati Bengkalis Terima Audensi Dari Baznas
Kasmarni Didampingi Amril, Coffee Morning Bareng Para Tokoh Masyarakat Di Duri
Pj Wali Kota Muflihun: Punya Kenangan Masa Kecil Dilapangan SMEA
Afrizal Sintong Resmikan RS Awal Bros Yang Termegah Dan Terlengkap Di Rohil
Kualitas Kemajemukan, Kebangkitan Dan Kemajuan Sulawesi Selatan
Siswanto: Mari Bangun Roda Organisasi LBLK Kab. Bengkalis
Sofyan Wakil Ketua II DPRD Bengkalis Sambangi Jajanan Kuliner Sri Pulau
Polres Bengkalis Kembali Mengungkap Kasus Narkotika Jenis Sabu
Bupati Rohil: Sekda Merupakan Bapaknya ASN
Rokan Hilir
Dihadiri Dirjen Kominfo RI
Afrizal Sintong Bupati Rohil Resmikan TVRI Stasiun Transmisi Rohil

Jumat, 02/12/2022 - 15:29:03 WIB
Afrizal Sintong Bupati Rohil Saat Resmikan TVRI Stasiun Transmisi Rohil. ***

 
TERKAIT:
   
 
ROHIL, (MTNc)  - Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Dr. Ira Ismail berkunjung ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam agenda peresmian lokasi baru TVRI Stasiun Transmisi Rohil, Riau dan Pemancar TV Digital di Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir. Kedatangan Dirjen bersama rombongan d ilokasi acara tersebut disambut secara langsung oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Wabup Rohil H. Sulaiman, Kadis Kominfotiks Rohil Indra Gunawan dan berbagai unsur lainnya, Rabu (30/11/2022).

Pelaksanaan pembangunan stasiun TVRI Marvel Parsaoran Situmorang yang merupakan Direktur Pengembangan Pita Lebar Kementerian Kominfo dalam laporannya mengatakan bahwa, LPP TVRI tersebut dibangun dengan sistem transmisi berkekuatan 5 kilo watt dengan tinggi antena Tower 100 meter.  LPP TVRI Rohil ini katanya, merupakan yang pertama selesai di bangun serta di buka dan hal tersebut dikarenakan dukungan semua jajaran di Kabupaten Rohil yang dipimpin oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong, "Saya selaku penanggung jawab pembangunan Stasiun transmisi meminta kepada bapak Bupati untuk meresmikan Stasiun transmisi Rohil ini," katanya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas terbangunnya LPP TVRI di Kabupaten Rohil yang dapat memberikan informasi dan hiburan kepada masyarakt secara digital dan dapat diakses dengan munggunakan antena biasa.

Bupati menerangkan, di Kabupaten Rohil masih terdapat beberapa tempat yang tidak terjangkau oleh jaringan televisi dan internet. Untuk itu, Bupati meminta kepada Kominfo bagaimana caranya agar lokasi-lokasi tersebut bisa mengakses internet juga termasuk siaran-siaran televisi, "Kami ucapkan terima kasih kepada Dirjen Kominfo dan selamat datang di Kabupaten Rohil. Semoga, dengan berdirinya tower ini bisa menambah wawasan juga pendidikan bagi masyarakat Kabupaten Rohil dan untuk kemajuan Rohil, " sebutnya.

Sementara itu, Kepala TVRI Stasiun Riau Darma Setiawan dalam sambutannya mengatakan, perkembangan zaman di tengah pesatnya perkembangan teknologi, sistem penyiaran digital menjadi sebuah keniscayaan dan merupakan peluang bagi pengembangan industri penyiaran ke depannya, "Kita tahu pemerintah melalui Kementerian komunikasi dan Informatika sejak tahun 2012 lalu sudah mulai mengimplementasikan penyiaran digital dan tahun ini pemerintah kembali mengajak masyarakat untuk beralih dari analog ke digital," ujarnya.

TVRI sebutnya, sebagai lembaga penyiaran publik sejak awal sudah mendukung dalam sosialisasi analog melalui berbagai program penyiaran di televisi. TV digital yang digabungkan oleh Kementerian kominfo tentunya menjadi kehormatan dan  kebanggaan bagi LPT TVRI khususnya TVRI Riau, "Dengan diresmikannya pemancar digital stasiun transmisi Rohil dan juga pemancar digital di 10 lokasi eksisting dan juga 5 lokasi baru lainnya di seluruh Indonesia tentu akan semakin membuka peluang bagi TVRI dalam memaksimalkan kinerjanya sebagai salah satu Stasiun," terangnya.

Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Dr. Ira Ismail menambahkan, pembangunan TV digital atau transmisi digital di Rohil ini termasuk salah satu yang terbaik yang diusahakan tinggi transmisinya sampai 100 meter dan diharapkan mampu mengcover seluruh masyarakat di Kabupaten Rohil.

"Tadi di sepanjang jalan Saya melihat begitu banyak masyarakat yang menggunakan parabola dan ini merupakan upaya masyarakat untuk mendapatkan hiburan dan juga informasi melalui televisi. Dengan hadirnya pemancar TVRI digital ini, maka masyarakat tidak perlu lagi nanti menggunakan antena parabola cukup dengan antena biasa bisa untuk menonton TV dengan kualitas gambar yang istimewa karena sudah berteknologi digital," paparnya.

TVRI katanya, akan menjadi penyelenggara multiplexer atau pemilik pemancar dan nantinya stasiun-stasiun TV nasional bisa menumpang pemancar melalui TVRI dan tidak perlu lagi membangun antena sendiri-sendiri.

Dr Ira Ismail juga menerangkan, salah satu kelebihan TV digital adalah hadirnya program siaran yang lebih banyak pilihan kepada masyarakat tanpa harus menggunakan TV berbayar dan TV digital ini juga nanti akan dilengkapi kemampuan untuk early warning system, arti warning system itu adalah kemampuan untuk memberitahukan masyarakat apabila terjadi bencana, "Jadi kalau misalnya ada gempa bumi dan sebagainya, TV digital ini memiliki kemampuan untuk menginformasikan tentang kondisi secara live secara cepat untuk masyarakat melakukan pengamanan terhadap situasi. Dimana setiap TV digital itu dilengkapi dengan kode pos. Jadi kalau pertama kali kita menghidupkan TV nya maka terlebih dahulu harus mengisi kode pos," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, mewakili Menteri Kominfo, Dr Ira Ismail juga mengucapkan selamat kepada TVRI stasiun Riau dan juga ucapan terima kasih kepada Bupati dan seluruh jajaran di Pemda Rohil yang telah menyediakan lahan untuk pembangunan tower TVRI tersebut, "Untuk membangun masyarakat, tidak hanya dari sisi fisik infrastruktur tapi juga memanfaatkan teknologi digital ini untuk bisa menangkap peluang-peluang yang terbaik dan mempersiapkan generasi anak bangsa yang terbaik," pungkasnya.

Peresmian LPP TVRI tersebut juga dihadiri Danramil 0321-05 RM Kapten Arh Iswandi, Kapolsek Rimba Melintang Ipda Boni Sagala SH, Danyon B Pelopor Brimob Manggala Kompol Petrus Simamora S.Sos, Camat Rimba Melintang Sukirman serta berbagai unsur lainnya. (Sup/Un). ***

Sumber: Kmf

Editor: Sarah


Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved