Siskohat Satu-satunya Di Indonesia Diresmikan

Ngurus Haji Dan Umrah Semakin Gampang di Siak

Bupati Siak H Syamsuar menyaksikan Dirjen Pelayanan Haji Kemenag RI Prof Abdul Jamil mengunting pita tanda diresmikannya Siskohat. ***
MEDIATRANSNEWS, SIAK SRI INDRAPURA - Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang berada di kantor satu atap pelayanan haji di Komplek Kantor Agama Kabupaten Siak diresmikan Dirjen Pelayanan Haji Kemenag RI Prof Abdul Jamil, Kamis (4/2/2016).

Peresmian Siskohat yang merupakan satu-satunya di Indonesia itu juga dihadiri pejabat dari Kemenag, Kakanwil Agama Riau, Tarmizi Tohor, Bupati Siak H Syamsuar, Wakil Bupati Siak H Alfedri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, Forkopimda serta ratusan undangan lainnya.

Syamsuar mengatakan, di kantor satu atap ini masyarakat Siak bakal lebih gampang mengurus berbagai persyaratan untuk berhaji maupun umrah karena semua layanan serba online. Apalagi, dana setoran langsung ditangani Bank Riau Kepri Syariah.

"Dari rumah pun bisa ngurus masalah haji dan umrah ini, lewat internet," kata Syamsuar.

Bupati mengaku sangat senang kantor pelayanan satu atap ini sudah ada. "Kami sangat berharap kuota haji untuk Siak ditambah," pintanya kepada Dirjen Urusan Haji.

Tarmizi Tohor yang juga memberikan sambutan mengaku salut dengan Syamsuar. "Saya ndak nyangka gedung ini langsung berdiri. Padahal waktu itu kami cuma ngobrol biasa saja sama bupati," katanya.

Inisiatif Syamsuar ini, kata Tarmizi, hendaknya ditiru oleh daerah lain di Riau. Sebab kantor pelayanan satu atap ini baru yang pertama di Riau, sehingga dapat dijadikan percontohan bagi kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau.

"Kalau bisa, semua daerah di Riau memiliki Siskohat ini, kan bisa contoh yang sudah ada di Siak," pungkasnya.(grc/mk)***

TERKAIT