Antisipasi Bencana Karhutla

Peralatan BPBD Rohil Ditempatkan di Kecamatan

Kepala BPBD Rohil, H Azhar SE M.S***
MEDIATRANSNEWS, ROHIL - Untuk mengantisipasi terjadi bencana Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dinegeri seribu kubah, Semua peralatan untuk pemadaman api yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)  ditempatkan dikecamatan- kecamatan yang dianggap rawan terjadinya bencana karhutla.

"kita harus bertindak dengan cepat untuk memadamkan titik api, makanya semua peralatan yang ada di BPBD telah kita tempatkan dikecamatan yang dianggap rawan terjadinya karhutla, "kata Kepala BPBD Rohil, H Azhar SE M.Si, senin (14/3) di Bagansiapiapi.

Penempatan peralatan menurutnya dalam rangka mensiagakan agar jika terjadi karhutla peralatan yang ada bisa digunakan secepatnya oleh pihak terkait. Adapun peralatan pemadam kebakaran yang telah kita kirim kekecamatan yakni berupa mesin pompa air sebanyak 2 unit, Mobil Operasional dan perahu karet, "ujarnya.

Sementara kecamatan yang dianggap rawan karhutla itu seperti kecamatan Kubu, Tanah Putih, Rantau Kopar dan sejumlah kecamatan lainnya. "BPBD ditunjuk sebagai koordinator siaga darurat karhutla dirohil, makanya kita sering pantau dan secara rutin mengumpulkan sejumlah informasi dari pihak kecamatan yang ada dirohil.

"kalau ada informasi kita langusng turun kelapangan dan melakukan pemadaman semaksimal mungkin, dengan begitu api tidak menyebar kelahan yang lainnya. Nah, inilah gunanya peralatan ditempatkan dikecamatan, jika ada karhutla bisa melakukan tindakan cepat bersama pihak terkait lainnya, "aku Azhar.

Mantan Kadisperindag Rohil ini juga mengaku BPBD baru memiliki sebanyak 3 unit perahu karet. Perahu yang memiliki mesin baru 1 unit, sedangkan 2 unitnya masih menggunakan dayung. Agar peralatan keperluan memadamkan karhutla lebih lengkap dan banyak, maka pihaknya berusaha setiap tahunnya akan melengkapinya.

"kita akan lengkapi peralatan, jika ada kebakaran tidak akan menimbulkan asap dan bisa dipadamkan secepat mungkin, "pungkasnya. (Adv/Hms/Spy)***
TERKAIT