Piala PTSP Nasional

Syamsuar Terima Piala PTSP Nasional Dari Saleh Husin

Bupati Siak H Syamsuar saat menerima Piala Pelayanan Terpadu Satu Pintu dari Menteri Perindustrian Saleh Husin di Jakarta. (foto: humas siak)***
MEDIATRANSNEWS, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Siak di bawah kepemimpinan Bupati Syamsuar dan Wakil Bupati Alfedri kembali menoreh prestasi tingkat nasional.

Setelah sebelumnya masuk dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik terbaik yang diselenggarakan Kementerian PAN RB. Kali ini, Kabupaten Siak kembali meraih Piala Pelayanan Terpadu Satu Pintu dari Menteri Perindustrian Saleh Husin di Auditorium BKPM gedung Suhartoyo Jakarta, Senin (30/5/2016).

Pada kesempatan yang sama, Bupati Syamsuar juga menerima Piagam Peghargaan Penyelenggara PTSP Kabupaten Terbaik tahun 2016 dari Direktur Jenderal Kementerian Perdagangan pada Penganugerahan Penghargaan Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi, Kabupaten, dan Kota Terbaik tahun 2016.

"Alhamdulillah, kita dipercaya sebagai kabupaten terbaik pertama dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Sudah menjadi komitmen kami memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," kata Syamsuar, usai acara.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala BPMP2T Kabupaten Siak Heriyanto mengatakan, sebelumnya telah dilakukan survei dari Sucofindo pada 23-25 Maret, kemudian pada 8-11 Mei 2016 BPMP2T Kabupaten Siak diundang untuk ekspos setelah masuk pada 20 nominasi terbaik.

Dari ekspos tersebut Siak masuk dalam 5 besar kabupaten terbaik, kemudian dilakukan uji petik oleh tim penilai dari sekretariat presiden, komite pengawas penyelenggara otonomi daerah, BKPM dan Sucofindo pada 17-17 Mei 2016.

"Alhamdulillah, hari ini Siak meraih tingkat pertama PTSP sebagai kabupaten terbaik se-Indonesia," jelas Herianto.

Selain Siak, penghargaan terbaik pertama untuk tingkat kabupaten juga diberikan kepada ke Kabupaten Demak dan Boyolali. Sementara itu, penghargaan penyelenggaraan PTSP terbaik pertama untuk tingkat kota diberikan kepada Kota Palembang, Pekalongan dan Kota Banjar.

Dalam penyerahan penghargaan penyelenggaraan terbaik 2016, yang diberikan Franky Sibarani, selaku Kepala BKPM, beserta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Menteri Komunikasi Informatika, Rudiantara, dan juga dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Wakil Gubernur Kalimantan Timur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan.

Franky menyatakan pemberian penghargaan terhadap penyelenggaraan PTSP terbaik ini merupakan program BKPM untuk mendorong peningkatan layanan perizinan investasi di daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota.

Untuk itu, BKPM berkoordinasi dengan Kemendagri dan Kementerian terkait lainnya agar melakukan upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan PTSP di daerah seperti yang diharapkan.

Langkah-langkah yang dilakukan berbagai pejabat PTSP daerah adalah penyusunan standar layanan dan personel PTSP daerah, penyusunan standar penyederhanaan perizinan dan SOP pelayanan dan pelatihan.(rls)***
TERKAIT