Salurkan Zakat Konsumtif Di Sabak Auh

Wabup Siak Serahkan Bantuan Traktor Untuk Petani

Wakil Bupati Siak Alfedri saat serahkan secara simbolis bantuan traktor kepada petani Kecamatan Sungai Apit dan Sabak Auh di Masjid Jami' Nurul Huda Kampung Rempak.(Foto:hms)***
MEDIATRANSNEWS, SIAK - Wakil Bupati (Wabup) Siak Drs H Alfedri MSi selaku Ketua Baznas Kabupaten Siak menyalurkan zakat tahap II tahun 2016 di Masjid Jamik Nurul Huda, Kampung Rempak, Kecamatan Sabak Auh, Jumat (24/6/2016).

Sekretaris Camat Sabak Auh Norbetsyah selaku Ketua BAZ Sabak Auh menyampaikan jumlah dana yang dibagikan Rp66 juta, dengan jumlah penerima sebanyak 132 orang yang masing-masing menerima Rp500 ribu.

Dalam sambutannya, Alfedri menyampaikan program pemerintah daerah dalam mengalokasikan pembangunan ke seluruh pelosok kampung. "Apalagi program kami  lima tahun ke depan tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur, pembangunan agama serta pendidikan dan pariwisata," ujarnya.

Wabup mendorong setiap kecamatan untuk meningkatkan pengumpulan zakat. "Insya Allah tahun depan di Sabak Auh ini kita laksanakan Gemar Siak berzakat," tambahnya.

Untuk itu, dia berharap masyarakat Sabak Auh semakin tinggi kesadarannya membayar zakat, karena wajib hukumnya seperti sholat dan berpuasa.

"Zakat harus melalui amil artinya tidak boleh langsung diserahkan sesuai petunjuk di Alquran. Jadi kalau kita sendiri langsung menyerahkan uang tersebut, hal itu disebut infaq atau sedekah," jelas Ketua Badan Wakaf Kabupaten Siak ini.

Pada kesempatan itu diserahkan bantuan dari Kementerian Pertanian melalui dana APBN 2016 berupa traktor roda empat 1 unit dan roda dua 6 unit serta alat bantu transplanter atau alat tanam padi 1 unit untuk Kampung Teluk Lanus Kecamatan Sungai Apit.

Untuk Kecamatan Sabak Auh juga diserahkan traktor roda empat 1 unit dan roda dua 4 unit. Total bantuan tersebut untuk Kabupaten Siak sudah diserahkan 5 unit traktor roda 4, traktor roda 2 sebanyak 15 unit dan alat tanam padi sebanyak 15 unit.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Siak Rubiati menyebutkan bantuan tersebut merupakan program pemerintah sebagai upaya untuk peningkatan produktifitas padi, jagung, ubi dalam upaya swasembada pangan di daerah.

Pihaknya terus berupaya untuk menjemput dana atau bantuan dari pemerintah pusat tersebut. Ia berharap pemanfaatan alat dan mesin pertanian ini dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan produksi tanaman pangan dan kesejahteraan masyarakat tani di Kabupaten Siak.(rls/hms)***
TERKAIT