Jalan Lubuk Sakat Kini Sudah Banyak Rusak

Yurzani M; Bupati Kampar Terpilih Minta Tinjau Perjanjian Dengan PT AA

Yurzani Moga, Anggota Komisi D DPRD Riau***
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Dari 17 kilometer jalan yang menghubungkan Desa Lubuk Sakat dengan Desa Kepau Jaya, 7 kilometer diantaranya kini mengalami kerusakan. Anggota Komisi D DPRD Riau Yurzani Moga, mengatakan kerusakan dipicu oleh truk bertonase besar milik PT  PT Agro Abadi (AA).

“Pekan lalu saat ke lapangan, kami melihat kerusakan jalan di sepanjang Jalan Lubuk Sakat menuju Desa Kepau Jaya. Ini terjadi akibat truk sawit bertonase berat milik PT AA yang mencapai 40 hingga 60 ton melintas di jalan berkapasitas 6 ton tersebut ”, ujar anggota DRPRD Riau Dapil Kampar.

Lebih lanjut Yurzani Moga menerangkan selain kerusakan jalan, truk sawit PT AA yang setiap kali melintas membuat rumah warga seolah bergetar khususnya di sepanjang 7 kilometer jalan yang dilintasi.

Menyikapi kondisi tersebut, politisi asal PAN ini meminta Bupati Kampar terpilih agar meninjau kembali perjanjian dengan PT AA terkait jalan milik Kabupaten yang mereka gunakan.

“Saya minta agar Bupati Kampar terpilih meninjau ulang perjanjian dengan PT AA terkait jalan yang mereka gunakan”, ucapnya.

Ia menjelaskan, jalan Lubuk Sakat kini sudah banyak amblas. Posisi jalan sudah berada dibawah bibir permukaan parit. Dengan kondisi itu, tentu air tak mengalir lagi ke parit, tambahnya.

Selain rusaknya jalan PT AA juga dinilai tak peduli dengan lingkungan. Pasalnya, dari hasil tinjauan lapangan kolam limbah PKS PT AA tidak sesuai aturan.

“Jika biasanya kolam limbah PKS disemen hingga bagian bawah, PKS PT AA justru hanya menyemen bagian atasnya saja. Tentunya ini bakal menimbulkan masalah lingkungan di kemudian hari”, ujar Yuzarni Moga memaparkan. (Aw/Mtn)***
TERKAIT