Cegah Karlahut

Babinsa Koramil 02 Rambah Himbau Warga Jangan Bakar Lahan

Babinsa Koramil 02 Rambah Himbau Warga Jangan Bakar Lahan***
MEDIATRANSNEWSW, ROHUL - Cuaca ekstrim beberapa hari terakhir telah berpengaruh pada munculnya sejumlah titik api akibat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). Guna mencegah terjadinya Karlahut disaat memasuki musim kemarau dimana sangat rentan terjadi kebaran yang dilakukan secara sengaja ataupun tidak disengaja Babinsa Koramil 02 Rambah Himbau Warga.
 
“Kita datangai warga untuk menghimbau dan mengajak agar tidak melakukan membuka lahan dengan cara membakar”, ungkap Pelda Ali Basri, di Desa Lubuk Bilang Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu, Kamis,(09/08/2017).
 
Dikatakan Pelda Ali Basri, beberapa kawasan di desa binaannya seperti Desa Lubuk Bilang dan Desa Sei Salak Kecamatan Rambah Samo belum pernah warga melakukan membuka lahan dengan cara membakar.
 
“Ya selama saya disini menjadi Bintara Pembina Desa warga belum pernah melakukan membuka lahan dengan cara membakar. Tetapi walaupun demikian saya sebagai babinsa tidak pernah lelah untuk mengingatkan warga agar tidak membakar jika ingin membuka lahan”, tutur Ali Basri.
 
Perlu diingatkan kembali kepada masyarakat luas, bagaimana dahsyatnya dampak akibat kebakaran lahan dan hutan yang terjadi pada waktu lalu, hendaknya hal tersebut dapat dijadikan pembelajaran agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi.
 
Satu hal yang sangat penting adalah kepedulian semua pihak untuk turut berpartisipasi mulai dari upaya pencegahan hingga penanganannya. Jangan membiarkan orang atau pihak tertentu tetap melakukan perbuatan yang menyengsarakan masyarakat luas, setidaknya berikan informasi kepada aparat terkait untuk ditindaklanjuti guna dicegah sedini mungkin serta dilakukan penegakkan hukum.
 
Terlihat Babinsa Koramil 02 Rambah sedang berbicara dengan warga dalam menghimbau agar tidak melakukan membakar lahan dengan cara membakar atau dibakar.(Koptu Dedy Nofery. Samosir)***

TERKAIT