Peringati Hari Pahlawan 2017

Arsyadjuliandi Rachman Pimpin Upacara Hari Pahlawan 2017

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2017 di halaman Kantor Gubernur Riau, jumat 10/11/17***
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2017 di halaman Kantor Gubernur Riau, Jumat (10/11).

Peringatan Hari Pahlawan ini tahun 2017 mengangkat tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

Pada kesempatan ini, Gubernur Riau menyampaikan sambutan tertulis dari Menteri Sosial RI Kofifah Indar Parawangsa dengan mengatakan, Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya.

Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan - bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri republik Indonesia,"Ungkapnya

Lebih Lanjut Gubernur Riau menjelaskan, dalam setiap rangkaian perjuangan kepahlawanan yang membentuk keIndonesiaan kita, kita dapat mengambil pelajaran dari apinya perjuangan para pendahulu kita, api yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua yakni, api yang membentuk terbangunnya Persatuan Indonesia yang terdiri atas dua hal yakni adanya harapan dan pengorbanan.

Gubernur Riau di akhir amanatnya mengajak seluruh lapisan masyarakat mengisi fase kemerdekaan dengan pembangunan dengan bekerja, bekrkarya dan menjadi pahlawanbagi diri sendiri, lingkungan, masyarakat dan negara.

"Kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini,"Tutupnya.

Upacara Hari Pahlawan Nasional tahun 2017  dihadiri juga oleh berbagai satuan TNI, Polri, Satpol PP serta berbagai perwakilan pelajar dari berbagai sekolah serta tamu undangan lainnya.(rls/hms)***
TERKAIT