Tak Sesuai Harapan

Semenisasi Jalan Hidayah Palas Mengecewakan

Jalan Hidayah yang disemenisasi pihak pengembang perumahan Golden Fali***
PEKANBARU - Warga Jalan Hidayah RT 3 RW 2 Kelurahan Palas Kecamatan Rumbai, awalnya menyambut gembira atas semenisasi yang akan dilakukan di wilayahnya. Akan tetapi kegembiraan itu mendadak sirna ketika sudah dilaksanakan. Pasalnya, semenisasi yang dibiayai oleh pengembang perumahan itu tak sesuai harapan.

Sebagaimana dituturkan Naibaho, warga sekitar Jalan Hidayah. Ia mengaku kendati sejak awal masyarakat sekitar jalan tak dilibatkan oleh pengembang dalam melakukan semenisasi jalan, namun hal itu tidak menjadi persoalan.

Hanya saja ketika sudah dikerjakan pihaknya mengaku kecewa. Pasalnya, ketebalan semenisasi yang dikerjakan sangat tipis, hanya sekitar 3 hingga 5 cm saja.

"Kalau seperti ini hasilnya lebih baik tak disemenisasi. Kalau sedari awal disampaikan bahwa ketebalan hanya 5 cm, kami warga disini sudah pasti menolak. Lebih baik ke pemerintah langsung kami usulkan sehingga ketebalan semenisasi sesuai standar", ujar Naibaho.

Naibaho pun menyoroti pihak pengembang yang sejak awal membangun perumahan dan melakukan semenisasi di wilayahnya tak pernah melibatkan warga.

"Sudahlah tak ada plang nama perumahan, jalan yang disemenisasi juga tanah warga sini. Dan itu tak pernah permisi sama sekali. Padàhal, warga disini punya kemampuan bertukang tak kalah dengan tukang yang dipasok pihak pengembang", tuturnya.

Hal senada juga disampaikan warga Jalan Hidayah lainnya,Giawa. Menurutnya, pengembang tak pernah meminta persetujuan warga baik ketika perumahan itu dibangun maupun ketika menyemenisasi jalan miik warga.

Saat hal itu dikonfirmasi, Ketua RW 2 Sihotang yang dihubungi membantah pernyataan kedua warganya tersebut.

"Semenisasi itu biaya pribadi pengembang. Ngapain pula anda ribut ribut. Mau dibikin 5 cm atau berapapun ketebalannya, itu urusan pengembang. Kalau ada warga yang kurang senang suruh mereka ke saya", ucap Sihotang dengan nada tinggi saat dihubungi via selularnya, Selasa (17/04/18).

Ia mengatakan, semenisasi jalan Hidayah tersebut sudah mendapat  persetujuan warga.

"Ada 20 KK lebih warga jalan Hidayah yang sudah tandatangan bukti mereka menyetujui semenisasi", ujar Sihotang.

Sementara pihak pengembang Ronal Simbolon saat dihubungi, mengaku sebelum melakukan semenisasi jalan Hidayah, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Ketua RW 2 Sihotang.

Menjawab kekecewaan warga atas tipisnya semenisasi kata Ronal, pihaknya hanya sekedar memancing pemerintah saja, ujarnya. (Aw/mtnc)***
TERKAIT