Kabupaten Siak Dapat CD RAPP Bina Petani Nenas

Masyarakat Sungai Apit Kabupaten Siak Dapat CD RAPP Bina Petani Nenas

Masyarakat Kampung Penyengat Sungai Apit Kabupaten Siak Dapat CD RAPP Bina Petani Nenas***
SIAK -  Direktur CD RAPP Marzum bersama Plt. Bupati Siak Drs. H.Alfedri, M.Si Pribadi Prasasti Kiosplus Kreatif Terpadu Nenas, Kamis (10/5/18) siang yang diperuntukkan untuk kelompok tani Bina Tani Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak.

Melaksanakan pembangunan kemasyarakatan bukan hanya tugas pemerintah daerah. Keberadaan perusahaan-perusahaan yang berada di sekitar pemukiman juga memiliki andil untuk bersama-sama membangun program pengembangan masyarakat Community Development (CD).

Direktur CD PT RAPP Marzum mengatakan, kiosplus kreatif ini merupakan pusat kegiatan kelompok tani Bina Tani kampung Penyengat. Melalui kiosplus kreatif ini diharapkan dapat mewadahi para petani berdiskusi dan bertatap muka untuk membahas segala hal dengan pertanian dan pertanian pertaniannya.

Selain itu, tanggung kiosplus ini juga dapat membantu para petani dalam mengolah hasil pertanian. Nenasnya dapat menghasilkan kebun-kebun yang dapat membuat mereka lebih mudah dalam berbagai hal. Kestabilan harga jual juga bisa dipantau dari seringnya para petani bertatap muka di kiosplus ini.

Pada awal pelaksanaan, bantuan ini hanya diberikan kepada 20 orang yang tergabung dalam 1 kelompok tani dengan lahan seluas 20 hektar. Kemudian secara swadaya mereka berhasil mengembangkan hingga menjadi 147 ha. Dan saat ini juga diberikan bantuan pupuk sebanyak 40 sak.

Plt. Bupati Siak Drs. H. AlfedrI, M.Si sebutkan pembangunan kios liberal yang ideal adalah keberkahan bagi petani kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit, Siak. Ini merupakan kelanjutan dari panen raya nenas yang juga merupakan bantuan dari PT RAPP seluas147 hektar. Karena lahan nenas di kecamatan Sungai Apit semakin luas makan dibangunlah kiosplus ini.

Menurut Alfedri, menanam nenas akan jauh lebih untung dibandingkan menanam sawit, per satu hektar dapat mencapai Rp 50 juta per masa panen (9 bulan). Sebagai kepala daerah, Plt. Bupati Siak menyampaikan terimakasih kepada PT RAPP atas bantuannya untuk masyarakat kabupaten Siak.

Sebelum penyerahan kiosplus kreatif, rombongan pergi dengan Tarian Gong Suku Akit (suku asli kampung Penyengat). Alfedri pun mengajak tamu undangan untuk menari bersama.(Hms/Fg)***
TERKAIT