Tolak HGU PT TSUM

Puluhan Masyarakat Yang Tergabung Dalam GEMMPAR Datangi Kanwil BPN Riau

Puluhan Masyarakat Yang Tergabung Dalam GEMMPAR saat Datangi Kanwil BPN Riau(Rtc/Mtnc)***
PELALAWAN - Berbagai elemen masyarakat menunjukkan bentuk keseriusan untuk menolak Hak Guna Usaha (HGU) yang sudah dikantongi oleh PT Trisytia Usaha Mandiri (TSUM) di kecamatan Kuala Kampar.

Salah satu bentuk keseriusan tersebut, Selasa (15/5/18) sebanyak 80 masyarakat yang tergabung kepada Gerakan Mahasiswa dan Masyarakat Kuala Kampar (GEMMPAR) melakukan aksi damai ke Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Negara (BPN) provinsi Riau, di Pekanbaru.

Turut serta mendampingi aksi damai GEMMPAR ini, anggota DPRD Pelalawan putra asli kecamatan Kuala Kampar, Said Mashudi, anggota DPRD Pelalawan dari komisi 1, H. Abdullah, tokoh pemuda Kuala Kampar, Tengku Kespandiar, Sekjen KNPI Pelalawan, Said Abu Sofyan.

Kepada riauterkini.com, Koordinator Lapangan (Korlap) GEMMPAR, Andy Munawar mengatakan unjuk rasa yang digelar dikantor Kanwil BPN provinsi Riau berjalan tertib dan lancar.

"Kawan-kawan tadi, sempat melakukan orasi didepan pagar kantor Kanwil. Berselang beberapa saat kemudian, Kakan Kanwil BPN mempersilahkan, perwakilan unjuk rasa beraudiensi," tegasnya.

Dihadapan Kanwil BPN Riau, Lukman Hakim, perwakilan massa menyampaikan beberapa poin. Pertama menolak keberadaan PT Trisetia Usahamandiri (TSUM) di Kecamatan Kuala Kampar (Pulau Mendol) Kabupaten Pelalawan.

Kedua, mendesak BPN Provinsi Riau untuk mencabut HGU PT TSUM atas lahan yang terletak di Kuala Kampar, Pelalawan. Dan poin terakhir, mendesak BPN Riau untuk mengembalikan lahan kepada masyarakat Kuala Kampar.

Sementara itu, Said Mashudi yang juga merupakan anggota DPRD Pelalawan asal kecamatan Kuala Kampar merasa puas dengan pertemuan bersama Kanwil BPN Provinsi Riau dengan perwakilan masyarakat.

"Kami merasa puas pertemuan dengan Kakanwil BPN Provinsi Riau, juga pada pertemuan tadi dihadir kepala BPN kabupaten Pelalawan pak Iwan," terang Said Mashudi.

Setidaknya, menurut politisi dari partai Golkar ini ada beberapa poin yang disanggupi oleh pihak Kanwil BPN Riau. Pertama, akan melakukan rapat internal untuk membahasa tuntutan masyarakat.

Kedua, tambahnya, Kanwil BPN Riau akan memanggil PT TSUM dan terakhir, pihak Kanwil BPN Riau akan turun kecamatan Kuala Kampar untuk menindak lanjut desakan masyarakat.(Rtc/Mtnc) ***


TERKAIT