ICMI Laksanakan Sosialisasi Fardhu Kifayah

Plt. Bupati Jamiludin Apresiasi Program ICMI

Plt. Bupati Jamiludin, saat di wawancara para awam media***
BAGANSIAPIAPI - Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin menghadiri acara sosialisasi fardhu khifayah dan buka puasa bersama yang digelar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Rokan Hilir,Jumat-(1/06/18) di Hotel Mahera Jalan Utama Bagansiapiapi.

Dalan kesrmpatan itu, Jamiludin mengaku sangat kagum serta memberikan apresiasi dengan apa yang telah dilaksanakan ICM RohilI. karena menurutnya, pelatihan fardhu kifayah saat ini sudah jarang dilaksanakan.

"Ini merupakan terobosan yang dilakukan ICMI.Secara intitusi kami Pemkab Rohil sangat berterimakasih kepada ICMI, yang mana kegiatan ini sifatnya positif yakni memberi bimbingan kepada pengurus masjid maupun musholla," Katanya.

Apalagi lanjutnya, pelatihan fardhu kifayah yang di selenggarakan merupakan kewajiban setiap muslim, dan wajib hukumnya untuk di jalankan.

"Misalnya saja ada warga yang meninggal dunia di suatu kampung, maka kita yang berada di situ memiliki kewajiban fardhu kifayah yang harus bdijalankan. seperti memandikan, mengkafani, menyolatkan serta menguburkan," Jelasnya.

Jamiludin berharap program yang telah dijalankan ICMI tidak hanya sampai di situ saja. Ia berkeinginan untuk tahun-tahun berikutnya lebih dikembangkan lagi dengan pola yang lebih meriah.

"Untuk tahun-tahun berikutnya ini perlu kita kembangkan, cuma mungkin polanya agak lebih meriah ,inikan baru tahap awal dan gaungnya belum begitu terlihat. untuk tahun yang akan datyang akan kita kemas dengan cara berbeda," Harap Jamiludin.

Jamiludin juga mengatakan, jika ada aturan yang mengijinkan untuk menganggarkan dana di APBD terkait pelatihan fardhu kifayah tersebut pihaknya berkeinginan untuk menganggarkan dana guna pelaksanaan kegiatan fardu kifayah .

"Kalau memang ada payung hukumnya untuk pelatihan-pelatihan seperti ini apa salahnya, karena ini kan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat," Katanya.

Ia juga meminta kepada ICMI maupun Baznas agar senantiasa menagadakan program-program yang membangun daerah dan masyarakat dalam membantu pemerintah daerah.

"Terhadap institusi yang ada di luar pemerintahan agar seperti, inilah yang kita harapkan ,dapat membantu pemerintah," Pungkasnya.

Pelatihan fardhu kifayah tersebut dilaksanakan ICMI dalam rangka buka bersama serta penandatangan nota kesepahaman antara ICMI dan Baznas dalam program Rohil cerdas yang di hadiri langsung oleh ketua ICMI Rohil dr Suratmin, Baznas, Ormas, Orda para pengurus Masjid dan Musholla serta unsur lainnya. (Spt/Mtnc)***
TERKAIT