Amankan Minuman Keras Ilegal

TNI AL Bersama Kodim 0302 Inhu Amankan Truk Bermuatan Minuman Keras Ilegal

TNI AL Bersama Kodim 0302/Inhu Saat Amankan Truk Bermuatan Minuman Keras Ilegal***
PEKANBARU - Anggota Pos Angkatan Laut Tanjung Datuk/Lanal Dumai bersama anggota Kodim 0302/Inhu telah mengamankan 1 unit Truk dengan No.Pol. BD 8713 AO yang membawa muatan ratusan kardus  berisi minuman keras illegal di Kuala enok Kab Inhil, Pekanbaru 29/07/18.

Penangkapan mobil truk membawa muatan ratusan kardus  berisi minuman keras illegal tersebut,  berawal dari informasi yang diterima dari masyarakat pada tanggal 27 Juli 2018 pukul 15.56 kepada Unit Intel Lanal Dumai,  bahwa akan ada Speed Boat  masuk ke Kuala Enok Kab. Inhil wilayah kerja Lanal Dumai dengan muatan miras, kemudian Komandan Lanal Dumai memerintahkan Pgs.

Dan Posal Tg Datok utk melaksanakan pencegatan dan pengejaran. Selanjutnya Dan Posal Tg Datok membagi personel menjadi 2 tim yang terdiri dari tim darat dan tim laut untuk melaksanakan patroli guna melakukan pencegatan dan pengejaran.

Tim patroli laut  dengan menggunakan sped boat mesin 40pk melihat speed Boat 200pk yang mencurigan dan melakukan pengejaran, akan tetapi sasaran tidak dapat dikejar karena perbedaan kecepatan mesin. tim patroli laut melaporkan ke Tim darat bahwa sasaran lolos dari pengejaran, kemudian melakukan penyisiran ke arah Kuala Enok. setelah mendapat laporan dari tim laut, tim darat melaksanakan penyisiran ke arah Kuala Enok.

Selanjutnya tim gabungan posal tembilahan dan kodim inhu standby melaksanakan pemantauan di Pos PLN Kilo 7 Enok Dalam, setelah melaksanakan pengamatan dan pengintaian, tim darat mendapati adanya sebuah truck yg mencurigakan masuk ke Enok Dalam dicurigai muat barang illegal, kemudian melaksanakan aksi pengejaran dan pencegatan terhadap truk tersebut. Yang dilakukan oleh  2 orang personel pos AL tembilahan bersama 2 orang personel Kodim 0302/Inhu bergerak mengejar sasaran tersebut.

Setelah pengejaran diwilayah Kempas.  dilaksanakan pengecekan terhadap muatan mobil truk tersebut.dari hasil pengecekan didapati 1(satu) unit Mobil truk dengan No. Pol. BD 8713 AO dan muatan sebanyak kurang lebih 400 kardus minuman keras ratusan kardus berisi minuman keras berbagai jenis merk, Selanjutnya tim  melaporkan kepada komando atas. Dan dibawa ke Mako Kodim 0302/Inhu.

Dari hasil penangkapan tersebut TNI ( Kodim 0302/ INHU dan Lanal Dumai) Menyerahkan 1(satu) unit Mobil truk dengan No. Pol. BD 8713 AO dan muatan sebanyak kurang lebih 400 kardus minuman keras kepada Polda Riau untuk dilaksankan pengembangan penyelidikan selanjutnya.

Penyerahan barang bukti tersebut dilakukan langsung oleh Danlanal Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino dan Kasi Intel Korem 031/ Wira Bima kepada  Kasubdit I Ditreskrimsus AKP Asep Iskandar disaksikan oleh Kabidhumas Polda Riau Kombes Pol Sunarto di Kantor Ditreskrimsus Polda Riau JL. Gajah Mada Kota Pekanbaru.

Penangkapan yang dilaksankan oleh anggota kodim 0302/INHU dan Lanal Dumai merupakan suatu wujud nyata TNI dalam memberantas penyakit masyarakat seperti minuman keras. Hal ini dilakukan secara sinergitas agar generasi muda bangsa Indonesia bebas dari minuman keras.(Penrem 031/WB)***
TERKAIT