Tinjau Pembangunan Pelabuhan

Bupati Rohil, Keberaadan Pelabuhan Mampu Tingkatkan Ekonomi Daerah

Bupati Rohil saat Tinjau Pembangunan Pelabuhan***
ROHIL - Menggunakan baju melayu Bupati Rokan Hilir H Suyatno di dampingi Sekretaris daerah (Sekda) Drs. Surya Arfan menyempatkan diri meninjau secara langsung pembangunan pelabuhan umum yang terletak di pinggir sungai rokan, Bagansiapiapi, Senin (27/8/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Rohil disambut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Bagansiapiapii,Syafrizal, didampingi Pihak rekanan PT.Multi Karya Pratama dalam hal ini diwakili Rinto Hitafea, pihak Cv.Revena Kembar Anugrah selaku
Konsultan Pengawas,Taufik, dan Amirullah.

Tampak di lokasi pelabuhan, Kadishub Rahmatul Zamri, Kabag Humas dan Protokoler, Hermanto, petugas Satpol PP serta lainnya.

"Saya sudah kesian kalinya melakukan peninjauan pembangunan pelabuhan ini, tentunya kita pemerintah daerah menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementrian Perhubungan RI yang peduli terhadap pembangunan pelabuhan yang berada di dcaerah pesisir provinsi Riau ini," Kata Suyatno.

Suyatno menjelaskan, keberadaan Rohil yang begitu setrategis dan berbatasan langsung dengan selat malaka yang merupakan salah satu pertimbangan kementrian dalam memberikan perhatian terutama dalam pembangunan pelabuhan.

"Apalagi saat ini kita juga tidak memiliki pelabuhan lagi, dan inilah pengganti-pengganti pelabuhan yang ada," Kata Suyatno.

Terkait anggaran pembangunan pelabuhan, sebut orang nomor satu di Rokan Hilir ini, secara keseluruhan berasal dari dana APBN, dan pembangunan pelabuhan sempat terkendala pada tahun 2017 dikarenakan pemerintah daerah belum melepaskan lokasi pembanguna pelabuhan kepada pihak kementrian dalam bentuk sertifikat.

"Namun kita berupaya melakaukan pendekantan dengan pihak BPN dan akhirnya ini sudah ada sertifikatny dan telah kita serahkan ke pihak kementrian, dan untuk melanjutkan pembangunan, tahun 2018 kita mendapat anggaran sekitar Rp 20 milyar," Paparnya.

Suyatno juga mengatakan, untuk tahun 2019 pembangunan  pelabuhan akan mendapat tambahan anggaran untuk pembangunan fisik berupa terminal dan kantor serta parkir.

"saya pikir ini satu peningkatan perhatian penuh terhadap Rohil karena kita berada di daerah pesisir," Katanya.

Bupati berharap seluruh rangkaian pembangunan pelabuhan dapat rampung pada tahun 2019, karena menurutnya, jika pembangunan pelabuhan telah selesai tentunya dapat digunakan untuk kepentingan umum yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Dengan dibangunnya pelabuhan ini tentunya dapat mendokrak ekonomi masyarakat serta menjadi satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah," harapnya.

Sementara itu, Kepala Sahbandar Syafrizal mengatakan bahwa, pihaknya sangat optimis pembangunan pelabuhan akan rampung pada tahun 2019 mendatang."Insya allah, karena kami sudah sampai pada rekom terahir itu untuk di setujui dana yang kita  perlukan untuk pembangunan ini," Jelasnya.

Sementara saat ditanya fungsi pelabuhan terkait jalur internasional, Syafrizal menyebuitkan hal tersebut harus melalui penelitian terlebih dahulu.

"Nanti kita lihat dulu, apa komoditi yang akan kita keluarkan dari sini, itukan masih dalam kajian karena komoditi apa yang akan kita keluarkan, sementara ini kita mungkin untuk mengakomodir antar pulau,"Pungkasnya.(Spt/Mtnc)***
TERKAIT