Panen Raya Di Hadiri Danrem Dan Bupati

Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim Panen Raya Di RohiL

Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim Bupati dan Danrem saat Panen Raya Di RohiL***
ROHIL- Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim melaksanakan panen raya padi di Kepenghuluan Pematang Singkek, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (25/9/2018).

Acara itu juga dihadiri Danrem 031 WB Brigjend TNI Sonny Aprianto, Bupati Rohil H Suyatno, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Kajari Rohil Gaos Wicaksono, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Sekda Surya Arfan, Para Kepala Dinas, Camat, Penghulu serta para petani.

Pelaksanaan panen raya padi di areal seluas 304 hektar oleh gubernur Riau, danrem serta bupati dilakukan secara simbolis dengan melakukan pemotongan padi dan dilanjutkan dengan pemanenan dengan menggunakan mesin.

Dalam sambutanya, gubri mengatakan pemerintah daerah cukup apresitif dalam menjaga serta melestarikan persawahan dan keberhasilan para petani dalam penanaman padi hingga panen.

Wan Thamrin meminta kepada masyarakat agar tidak mengalih fungsikan lahan persawahan yang telah ada saat ini. "Tolong di pertahankan dan jangan di alih fungsikan, karena hasil padi sangatlah menjajikan," harapnya.

Dirinya menambahkan bahwa  lahan persawahan yang dialih fungsikan menjadi perkebunan sawit sudah cukup banyak."Waktu masih saya menjabat Bupati Rohil, sepanjang jalan ke Bagansiapiapi itu lahan persawahan,"jelasnya.

Pada keaempatan sama, Danrem Sonny Aprianto, menyampaikan pertanian merupakan salah satu sektor penting penopang perekonomian nasional terlebih dalam mengatasi dampak krisis ekonomin yang sampai kini belum sepenuhnya pulih.

Namun demikian, realita yang kita hadapi saat ini sektor pertanian seakan jalan di tempat. penyebab nya tentuntya kompleks, namun setidaknya faktor pemanasan global dan pergeseran orientasi mata pencaharian masyarakat telah menyumbang relatif banyak terhadap pudarnya semangat agraris masyarakat dan terganggunya produktivitas pangan.

"Kabupaten Rohil merupakan salah satu penyuplai produksi padi di wilayah provinsi Riau yang harus di perthankan guna meningkatkan swasembada pangan di daerah. Untuk itu melalui panen raya padi seluas 304 hektar ini di harap dapat memenuhi kebutuhan sembako di provinsi riau khususnya Rohil serta dapat menggugah kembali gairah bertani masyarakat,"jelasnya.

Keberadaan TNI tambahnya, untuk membantu kedaulatan rakyat melalui para Babinsa di daerah-daerah. Dan pihaknya mendapat perintah untuk mendampingi para petani dalam berbagai program seperti Luas Tambah Tanam (LTT).

"Kita berharap tidak ada lagi inpor beras karena indonesia merupakan negara penghasil padi besar," pungkasnya ***

TERKAIT