Morlan S Tersandung Pidana

Caleg Terpilih Tetap Dilantik, Namun Akan Juga Sekaligus Di Berhentikan

Caleg terpilh bernama Morlan Simanjuntak yang dijatuhi pidana dalam kasus pencurian besi di lokasi eks milik PT Pertiwi Prima Plywood 2012 lalu***
KAMPAR, (MTN) - Caleg terpilh bernama Morlan Simanjuntak dijatuhi pidana dalam kasus pencurian besi di lokasi eks milik PT Pertiwi Prima Plywood 2012 lalu.

Setelah melalui proses peradilan sampai ke tingkat Mahkamah Agung akhirnya Caleg terpilih tersebut di vonis pengadilan dan menjadi narapidana di Pengadilan Negeri Siak.

Diketahui proses persidangan Caleg terpilih tersebut sudah dilakukan sejak 2014 lalu.

Ketua KPU Kampar, Ahmad Dahlan pada Selasa (6/8/2019) mengatakan telah mendengarkan kabar tentang penahanan Caleg terpilih tersebut.

Ia mengaku saat pencalonan Caleg terpilih tersebut KPU tidak mengetahui bahwa calon tersebut tengah dalam proses pemidanaan.

"Yang bersangkutan juga tidak menjelaskan statusnya sebagai terpidana saat pencalonan," tuturnya.

Dijelaskan terkait penahanan Caleg terpilih tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar akan tetap melakukan pelantikan Caleg terpilih tersebut.

"Nama-nama Caleg terpilih sudah diteruskan ke Gubernur, termasuk nama dari Caleg terpilih tersebut," ungkapnya.

Dijelaskan berdasarkan prosedur peraturan perundang-undangannya Caleg terpilih tersebut akan tetap dilantik, namun akan juga sekaligus di berhentikan.

Terkait posisi pengganti dari caleg terpilih yang di hukum pidana tersebut, KPU menyerahkannya kepada keputusan gubernur dan sekretaris dewan.

Jadwal pelantikan calon legislatif atau Caleg Terpilih DPRD Kampar Riau pada Pileg 2019, daftar nama anggota DPRD Kampar periode 2019-2024.

Pelantikan Anggota DPRD terpilih Kabupaten Kampar diagendakan 27 Agustus 2019 mendatang.

Direncanakan pelantikan 45 legislatif terpilih hasil Pemilu 2019 akan dilakukan di Kantor DPRD Kampar.

Sekretaris Dewan Kabupaten Kampar, Ramlah mengatakan akibat adanya rasionalisasi anggaran, pelantikan para anggota DPRD terpilih ini akan dilakukan secara sederhana.

"Tidak mungkin kita berlebih-lebihan dengan kondisi anggaran minim saat ini," katanya.

Menurutnya dalam pelantikan para legislator tersebut Sekretariat Dewan akan mengupayakan Gubernur Riau, Syamsuar hadir.

Lanjut sekwan, mengatakan saat ini masih menunggu nama dari penetapan KPU disampaikan. Jika sudah diterima akan diteruskan ke gubernur.

Terkait peralihan yang terjadi nantinya para legislator akan dipimpin oleh Ketua DPRD Sementara.

"Ketua ini biasanya berasal dari caleg yang mendapat suara paling banyak," katanya.

Ia menyampaikan melihat kebiasaan tersebut caleg dari Partai Gerindra dan Demokrat yang maju.

"Posisi ini hanya sementara, paling lama sebulan sudah terbentuk organisasi yang di pimpin ketua tetap," pungkasnya.

Daftar Nama Anggota DPRD Kampar

Pleno penetapan Caleg Terpilih Pileg 2019 telah digelar KPU Kampar, ini daftar nama Anggota DPRD Kampar periode 2019-2024, tiga partai sama-sama raih suara terbanyak.

Partai Gerindra, Golkar dan Demokrat bersanding bersama menjadi partai yang meraih kursi terbanyak di parlemen Kabupaten Kampar.

Ketiga partai tersebut sama-sama mendapatkan 6 kursi hasil rekapitulasi dan penetapan calon legislatif terpilih.

Jumlah kursi bagi tiga partai itu ditetapkan KPU Kampar dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Kampar, Senin (22/7) malam di Aula Bupati Kampar.

Sementara itu para partai yang baru ikut dalam Pemilu 2019 ini yakni Partai Berkarya, Perindo, PSI dan Garuda sama sekali tidak mendapatkan kursi di parlemen DPRD Kampar.

Untuk PKB dalam ini memperoleh satu kursi, PDIP empat kursi, Nasdem lima kursi, PKS lima kursi, PPP lima kursi, PAN lima kursi, Hanura satu kursi, demokrat enam kursi, PKPI satu kursi.

Untuk Partai Gerindra menempatkan nama-nama perwakilannya antaranya Zumrotun S.Sos, Wilson Siregar, Rahayu Sri Mulyani, Muhammad Faisal, Jamaan dan Jamris.

Sementara para Caleg terpilih dari Partai Golkar antaranya Agus Chandra, Ramlan, Harsono, Safii, Iib Nursaleh dan Repol.

Sedangkan para Caleg terpilih dari Partai Demokrat antaranya Juswari Umar Said, Sunardi DS, Neflizal, Haswinda, Toni Hidayat, Haidanan Jupen.

Anggota dari Partai Golkar, Repol yang hadir dalam rapat mengucapkan selamat kepada para caleg terpilih.

"Semoga kita yang terpilih bisa sama-sama amanah mengemban tugas ini," ungkapnya.

Ketua KPU Kampar, Dahlan mengklaim pelaksanaan semua rentetan pelaksanaan Pemilu hingga penetapan ini di Kampar berlangsung cukup baik..

"Kita dari KPU juga melihat pelaksanaan Pemilu tahun ini sangat baik dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat mencapai 80,63 persen," ucap Dahlan.(Rls/Tribunpekanbaru)***


TERKAIT