Natal Dan Ultah ARKANIS Ke-16 Tahun 2019

Perayaan Natal Dan Ultah ARKANIS Berjalan Hikmat Dan Sukses

Prosesi Perayaan Natal Dan Ultah ARKANIS Berjalan Hikmat Dan Sukses***
PEKANBARU, (Mediatransnews) - Setelah berjalan kurang lebih dua bulan terbentuk kepanitiaan Natal dan Ulang Tahun Arkanis ke-16 Tahun 2019, dalam hal ini sebagai Ketua Panitia yang di pimpinan oleh Bapak Ama Tema Zega, Sekretaris Bpk Ama Gilber Gea, Bendahara Ny Rony Bate'e (Sarah Gulö) dan dibantu beberapa seksi-seksi dari anggota Arkanis.

Perayaan Natal dan Ulang Tahun Arkanis ke-16 Tahun 2019, yang telah dapat di laksanakan dengan baik dan sukses pada sabtu, 14/12/19 di Gereja GJKI Emaus Jalan Hangtuah Ujung Pekanbaru.

Pada perayaan Natal dan Ultah Arkanis ini, di awali dengan ibadah, yang di pandu oleh Ny Rony Bate'e (Sarah Gulö) sebagai WL dan sebagai Singer Ina Marthin Mend, Ina Carles Hrf, Nani Hrf dengan Pengkhotbah Bpk Ama Carles Harefa (Pinerman), Do,a safaat Ibu Suriani Halawa (Pdt. BNKP Kota Pekanbaru).

Seusai acara ibadah di lanjutkan dengan peosasi acara umum, perayaan ulang tahun Arkanis yang ke-16 yang di pandu oleh Bpk Ama Putri Lase (Devid Leo) dengan menyanyikan beberapa lagu rohani   dan selanjutnya menyanyikan lagu ulang tahun dan sekaligus sesi pemotongan Kue ulang tahun Arkanis, yang di pimpin oleh Ketua harian Arkanis Bpk Ama Jelly Zebua bersama Ketua Panitia Bpk Ama Tema Zega dan didampingi dari utusan beberapa undangan yang hadir.

Setelah usai prosesi pemotongan Kua ulang tahun, di lanjutakan penyampaian laporan pertanggungjawaban penitia yang di sampaikan oleh Bpk Ama Tema Zega, sebagai Ketua Panitia, dan di lanjutkan penyampaian kata sambutan dari beberapa organisasi dan STM yang hadir, STM Saradödö, STM Omega, STM Emanual, STM Mendröfa dan mewakili Organisasi ononiha yang ada di riau, Ketua Umum IKNR (Ikatan Keluarga Nias Riau) yang dalam hal ini di wakili oleh Sekum IKNR Bpk Yeremias Duha. (RONY BATE'E)***

Sekilas Berdirinya ARKANIS
Arkanis yang dinamakan, (Arisan Keluarga Nias Rintis) dan sekitarnya, Arkanis ini dulunya adalah hanya sebuah komunitas keluarga asal nias yang berdomisili di sekitar Kec. Lima puluh rintis pekanbaru.

Mulai berdirinya komunitas Arkanis ini dengan aecara rurin melakukan pertemuan satu kali dalam sebulan dengan melaksanakan Arisan yang di isi dengan ibadah singkat tiap pertemuan.

Arkanis, di gagas beberapa orang keluarga Ononiha pada Tanggal 3 Februari Tahun 2002 di kelurahan Tjg Rhu, Kec. Lima puluh pekanbaru dan di mulai pada Arisan pada awal minggu pertama pada 3 Meret 2002.

Penggas/Pendiri :
1. Aris Laowö/Br. Marbun
2. David Leo Lase/Br. Hombing
3. A. Damro Gea/Br. Gultom
4. A. Niko Zega/Br. Ginting
5. A. Carles Hrf/Br. Zebua

Setelah melalui kesepakatan bersama, nama dan waktu pertemuan bulanan, maka pada minggu ke dua 10 Maret 2002 merupakan Arisan Pertama (Perdana) di rumah Bapak Ama Damro Gea/Br. Gultom di jalan rokan ujung.

Arisan Perdana tersebut yang di ikuti oleh 7 kepala keluarga:

1. A.Damro Gea (salaku tuan rumah).
2.  Aris Laowö
3. A.Niko Zega
4. A.Putri Lase
5. A.Jepri Zebua/Br. Tambunan
6. A.Fitri Waruwu/Br. Sirait
7. A.Carles Herefa

Pengurus/Ketua Arkanis dari Tahun Ke Tahun:

1. 2002 - 2004, A. Niko Zega
2. 2006 - 2006, A. Putri Lase
3. 2006 - 2007, A. Carles Harefa
4. 2007 - Pasif....

Pasifnya kegiatan Arkanis pada saat itu,  karena berhubung adanya beberapa anggota Arkanis yang pindah keluar kota pekanbaru dan masih ada yang bertahan dan bertambah lagi anggota Arkanis; A. Carles Harefa, A. Niko Zege, A. Defi Zega, A. Elis Bate'e Hingga Dengan berjalannya waktu pada Tahun 2008 periode ke 5, Ketua Arkanis di nakhodai oleh:

5. 2008 - 2011, A. Fince Bate'e.
6. 2011 - 2015, A. Carles Harefa kembali menakhodai Arkanis.
7. 2016 - 2018, A. Jely Zebua sampai sekarang, dan keluarga Arkanis saat ini sudah mencapai kurang lebih 28 Kepala Keluarga.

Suka dan Duka:
Untuk membangun kebersamaan, tidaklah mudah walau di berbagai ujian dan tantangan yang di jalani, namun dengan kesabaran pengurus dan anggota Arkanis salah satunya tantangan tersebut pada saat di bawa ke pemimpin Bapak A. Caroles Harefa, yang mana di lontarkan salah satu ancaman anggota Arkanis kepada Ketua Arkanis, namun Arkanis masih tetap berjalan seperti biasa.

Namun tantangan ke dua, saat meninggalnya warga kita nias marga Halawa yang tinggal di pelabuhan sungai duku, yang mana didalam indetintasnya beragama muslim, namun keluarga almarhum agar penguburannya dilakukan dan di laksanakan secara Kristen. Keluarga Halawa ini bukanlah Anggota Arkanis bahkan bukan anggota keluarga Arkanis, hanya kami kenalkan pada terjadi kematian.

Maka pada saat itu, dengan upaya dan niat yang tulus pengurus dan anggota Arkanis untuk menghadiri salah satu hamba Tuhan untuk menyelasaikan pelayanan di rumah keluarga Halawa tersebut.

Berjalannya waktu, April Tahun 2019 lalu, tepat pada syukur HUT Arkanis yang ke- 15 yang di adakan  di Sopo Godang Jalan Harapan Jaya, sekaligus Arkanis mengadakan pegelaran budaya, pada momen itulah pengurus, anggota dan penasehat sepakat merubah nama kepanjangan nama Arkanis (Arisan Keluarga Nias Rintis) dan Sekitarnya menjadi (Angorahua Keluarga Nias) Kota Pekanbaru dengan singkatan tetap ARKANIS.

Perubahan kepanjangan nama Arkanis ini tidaklah Spontan alias Instan, yang telah memakan waktu ber bulan-bulan, karena hal ini juga mengingat dan menimbang Anggota Arkanis yang makin bertambah yang tidak lagi hanya atau mayoritas tinggal di di wilayah rintis Kec. Lama Puluh, bahkan sudah bersebar di seluruh Kec. se Kota Pekanbaru.

Perayaan Natal Dan Ulang Tahun Arkanis pada malam ini 14 Desember 2019, adalah merupakan ke empat kalinya di laksanakan di Gereja ini. Gereja GJKI Jalan Hangtuan Pekanbaru, sebelum-sebelumnya juga perayaan Natal dan Ulang Tahun Arkanis dilaksanakan di beberapa tempat seperti di GpdI Setia budi, Hotel Bumi Asih, di Gerja GKMI, di tempat terbuka di Simpang Jengkol dan Pada Tahun 2018 lalu kita laksanakan Perayaan Natal Arkanis di Gereja BNKP Kota Pekanbaru.

Ulang Tahun Arkanis Ke-16 sebenarnya jatuh Pada 03 Februari 2020, namun karena mengingat dan menimbang, sesuai keputasan pera pengurus, anggota dan penasehat maka mengadakan dengan bersamaan Natal Arkanis Tahun 2019 ini. 

VISI dan MISI STM ARKANIS (ANGORAHUA KELUARGA NIAS) PEKANBARU :

VISI:
1. Mewujudkan ARKANIS (ANGORAHUA KELUARGA NIAS) Pekanbaru Yang Berkarakter, Beriman, Beekeadilan, Transparan, Jujur Dan Kekeluargaan Serta Kebersamaan Menuju Cita-cita ARKANIS Lebih Baik.

MISI:
1. Melakukan kegiatan secara maksimal terhadap Anggota Arkanis. (Pertemuan tiap bulan).
2. Menyelenggarakan bakti lingkungan secara berkala
3.Optimalisasi peran serta fungsi ARKANIS sebagai wadah menuju cita-cita Arkanis.
4. Mepertahankan seni & budaya Nias, wujud jati diri kita sebagai Warga Kota pekanbaru Asal Kepulauan Nias.
5. Pengurus ARKANIS wajib menjadi Tauladan untuk para anggota Anggota ARKANIS, Menyerap, Mendangar pandangan & masukan Dari Setiap Anggota Arkanis. Lalu di musryawarahkan, Hal-hal yg perlu di musyawarahkan.
6. Pengembangan & peningkatan program Kerja Angorahua keluarga Nias pekanbaru dalam memberikan pelayanan terhadap sesama Anggota Arkanis sesuai AD/ART Arkanis.
7. ANGORAHUA KELUARGA NIAS PEKANBARU (ARKANIS) Adalah salah satu Wadah perekat kekeluargaan sesama kita Ono Niha yang berdomisili di kota pekanbaru.


"AOHA NORO NI LULUI WAEHA, AOHA NORO NILULUI WAOSO,  ALISI TAFADAYA-DAYA-HULU TAFA WOLO-WOLO". (Berat sama di pikul, Ringan Sama Dijinjing)

YA'AHOWU...!!

Demikianlah perjalan singkat berdirinya Arkanis.

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.  Tuhan Yesus Memberkati

SABTU, 14 DESEMBER 2019

TERKAIT