Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Minggu, 27 November 2022
INDEX BERITA

Kapolres Dumai Targetkan Bedah 2 Rumah Warga Tidak Mampu Setiap Bulan
Syahrial Ajak Pemprov Riau Diskusi Percepatan WPR Rupat Bengkalis
IOH Hadir Menyapa Kota Medan untuk Rayakan Era Baru, Jaringan Baru
Rapat Paripurna Dipimpin Langsung Yulisman Ketua DPRD Provinsi Riau Beserta Anggota
3 Orang Mahasiswa STIE Syariah Bengkalis Berhasil Meraih Medali Emas
Pemkab Bengkalis Terima Penghargaan Pokja PKP Terbaik
Muflihun Pj Wali Kota Pekanbaru Serahkan Zakat Secara Simbolis
Bupati: Kita Harus Tetap Bersatu, Kami Tidak Ada Membedakan
IOH Luncurkan Layanan Pengiriman Kartu SIM IM3 Secara Online
Nelayan Temukan Mayat Penumpang Roro KMP Mutiara Pertiwi 2 Terapung
Muflihun: Berharap Pemerintah Kota Pekanbaru, Tidak Ada Lagi Tundak Bayar
Pj Wako Muflihun: Evaluasi Pejabat Murni Sesuai Dengan Bidangnya
Polres Bengkalis Tangkap Pelaku Tindak Pidana Narkotika Bersama BB
Polres Bengkalis Tangkap Pelaku Tindak Pidana Narkotika Bersama BB
LSM IPPH Desak Kajati Riau Panggil Dan Periksa Satker NVT Dan Mario PPK BWSS
Bengkalis Terima DBH Migas Rp 716 Miliar, Paling Besar Di Riau
HUT Perusahaan IOH Ke-55 Tahun 2022, Selenggarakan Charity Golf & Gala Dinner
Media Tidak Harus Di Verifikasi Tetapi Berbadan Hukum Perusahaan Pers
Bupati Rohil Afrizal Sintong Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid
Bupati Diwakili Sekda Bengkalis, Buka Sosialisasi Simpeja-Bermasa
Bupati Afrizal Sintong Dan Wabup H.Sulaiman Azhar Sambangi Rumah Warga
H. Zukri Bicara Semenanjung Kampar Dan SM Kerumutan Di COP 27 Mesir
Startup Insurtech Fuse Jadikan Pekanbaru Poros Penjualan Asuransi
Bupati: Bersama Sama Merawat Toleransi Yang Sudah Telah Terbangun
Kasmarni Terima Penghargaan Pencapaian Jaminan Kesehatan Semesta
Pemprov. Riau
LSM: Minta Pihak Pemasaran BBM Barikan Sanksi Atau Cabut Izin SPBU No 14.284.655
Resmi Laporkan SPBU No 14.284.655 Ke Pertamina Pemasaran Cabang Pekanbaru

Senin, 30/03/2020 - 16:04:10 WIB
Pihak SPBU No.14.284.655 Saat makukan Pengisiandi Jiregan Sehingga Kendaraan Umum Menjadi Antrian Panjang (Ft: Mtnc)*** 
 
TERKAIT:
   
 
PELALAWAN, (Mediatransnews) -  Terkait temuan LSM bersama team dan pemeberitaan media, adanya Pengisian BBM jenis Perminium dan Solar Bersubsidi di SPBU Ukui dengan No. SPBU 14.284.655, Jalan Ukui satu RT/RW 01/01 dengan atas nama  PT. Mulia Mandiri, yang melayani warga Pengesian puluhan bahkan Ratusan jiregen dengan memakai Motor yang bisa membawa 5 sampai 8 jiregen bahkan ada yang memakai mobil Pick up dan jenis mobil lainnya yang bisa membawa puluhan jiregan. Seperti yang terekam vidio foto, Yang terekam kamera media ini saat singgah ke SPBU tersebut, pada Kamis 19 Meret jam 01.30 pagi.

Media ini yang telah menayangkan berita pada edisi sebelumnya Jumat tertanggal 20/03/2020, jam 21:20:58 wib, Akibat Pengisian di jiregen yang begitu lama antrian, Membuat salah seorang supir truk yang namanya tak mau di sebut dalam pemberitaan ini, geram sang supir truk karena ikut antrian lama menunggu hinga larut malam dan bahkan ada yang tidak kebagian BBM jenis solar sehingga tak kabagian karena sudah di borong habis orang yang membeli melalui jiregen. Dengan nada kesal sang supir truk.

Terkait Ulah SPBU No.14.284.655, yang berhasil dijumpai media ini melalui karyawan yang mengaku namanya Udin, media meng konfirmasi Kepada pengawas SPBU yang bertugas pada saat itu yang mengaku namanya Udin tersebut. Team Media ini menanyakan kepada Udin, apakah pengisian di jiregen sebanyak seperti yang terlihat kami malam ini hanya kebutuhan pribadi? Dan apakah di SPBU ini, sering di lakukan pengisian di jiregen? udi menjawab dengan santai, biasalah bang, untuk kebutuhan masyarakat kita di sekitar sini, dan terpaksa kita layani karena langka nya BBM,  lalu media ini bersama team menanyakan lagi, apakah satu sepeda motor yang membawa lima sampai tujuh jiregen dan mobil bisa membawa puluhan jiregen hanya untuk kebutuhan mereka per KK?, Lalu Rudi diam seribu bahasa.

Karena sebagian banyak pertanyaan media ini tidak terjawab oleh Rudi, lalu media ini menanyakan berapa No.Hp Meneger  untuk bisa berkomunikasi lebih lanjut, namun Udin menjawab, gak ada nomor Hp nya, lalu Media ini meninggalkan No Hp kepada Rudi untuk bisa komunikasi. Dan juga surat konfirmasi media ini, bernomor: 017/Konf/MTN/PKU/III/2020, namun hingga turunnya berita ini belum mendapat jawaban dari Perusahaan atau meneger SPBU Ukui yang ber nomor 14.284.665.

MOI Aktifis LSM-IPPH (Lembaga Swadaya Masyarakat-Ivenstigasi Pemantau Pembangunan dan Hukum), media ini yang meminta tanggapan seputar hal tersebut diatas, mengatakan bahwa pihak SPBU yang bersangkutan sudah banyak melanggar aturan, yakni; SPBU dilarang melayani konsumen yang membeli BBM mengunakan jiregen, karena sudah di atur dalam SOP (Standar Operasional Prosedur).

Sudah melanggar Perpres No 191 tahun 2014, bahwa di larang membeli di jiregen bila tidak sertai rekomendasi untuk kebutuhan tertentu, seperti perikanan, usaha mikro/kecil. Dan juga peraturan mentri  ESDM No.8 tahun 2012, bahwa tidak di perbolehkan melayani pembelian dijiregen, juga konsumen dilarang membeli BBM di SPBU utnuk  dijual kembali hal itu tertuang dalam UU No. 22 tahun 2001, tentang minyak dan Gas. Dan bila melanggar UU Migas No. 22, siapa saja yang menjual besisn eceran termasuk pertamini maka dapat di kenakan sanksi 6 (enam) tahun penjara atau denda maksimal 60 miliar, kata MOI.

Lanjut MOI kepada media ini, terkai haltersebut di atas, kita telah membuat laporan kepada Pertamina pemasaran cabang pekanbaru, yang bernomor: 020/LAP/DPP/LSM-IPPH, tertanggal 30 maret 2020, agar pertamina segera memberikan sanksi atau mencabut izin SPBU tersebut, karena hal itu sudah jelas pelanggaran pemasaran BBM, bila hal ini tidak di tanggapi pihak pertamina dalamhalini bagian pemasaran, maka patut kita duga selama ini adanya kerjasama pihak SPBU dengan pihak pertamina hingga pihak SPBU leluasan melanggar aturan, dan kita akan segera membuat laporan kepada Disperinda, Polda Riau dan pihak terkait lainnya. Tegas Moi*** Bersambung (Red/Mtn)***

Editor: Sarah


Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved