Muscab Ke-III DPC HIMNI Kab. Siak Sekaligus Pelantikan Ketua Terpilih

Sökhiaro Halawa Nakhodai DPC HIMNI Kab. Siak Periode 2020-2024

Muscab Ke-III DPC HIMNI Siak Dan Pelantikan***
SIAK, (Mediatransnews) - Muscab Ke-III dan sekaligus pekantikan ketua terpilih Dewan Perwakilan Cabang ( DPC ) Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Kabupaten Siak, yang di laksanakan di Aula SD, SMP Swasta Marsudirini, jalan M. Ali Ujung. Perawang Kab. SiakSabtu 10/10/20.

Sebelum acara di mulai, jam 10.00 wib. Pembawa acara (MC) Amosi waruwu sekaligus  sekertaris harian DPC HIMNI Kabupaten Siak periode 2016 -2020 mengigatkan kepada pengurus dan para undangan dalam situasi pandemi covid 19, sebelum acara di mulai agar terlebih dahulu cuci tangan, pakai masker, Cek Suhu badan, dan duduk di kursi yang  telah di atur jarak 1.5 meter yang di tentukan oleh Panitia Muscab ke lll, demi membantu pemerintah dan masyarakat memutuskan Rantai Covid 19, wajib mematuhi protokol kesehatan sesuai ajuran pemerintah.

Acara di awali dengan do,a yang di pimpin oleh Pdt.Erwin Stefi Nazara,ST.h, menyanyikan lagu kebangsaan indonesia Raya dan Lagu Mars Tano Niha, dirigen yang pandu oleh Budi isa zebua.

Dalam kegiatan muscab di hadiri oleh Ketua HIMNI Provinsi Riau Drs. Sozifao Hia,M.Si, juga Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan dan ketua Fraksi PDIP, Jeremiah Duha,S.kom, M.kom sebagai Sekertaris DPD provinsi Riau, Camat Tualang Zalik Effendi,S.Sos yang di wakili oleh sekcam Tualang Arie Dermawan,S.IP, dan para undangan lainnya. Juprizal, S.Thi,MH, MPdt, Itoloni,Zai,S.Th,
Pdt Erwin Nazara, S.Th,Pdt. Maslina Halawa,S.Th,Pdt. Misasari Zebua,S.Th,Guru jemaat gereja  Afy, Ozat Halawa, masyarakat nias yang ada di kabupaten Siak. Juga dalam kegiatan Muscab Ke-III DPC HIMNI Kab. Siak turut hadir para pimpinan media dari pekanbaru, Rony Batee (Pimpinan: mediatransnews.com), Moiatulö D (Pimpinan: Beritatime.com), Rahmad Gea (Pimpinan: Tiraskita.com), Riswan Laia (Pimper: Beritatime.com) dan beberapa pimpinan madia dan jurnalis lainnya yang hadir  .

Ketua panitia Arius Gulö dalam sambutanya mengucapkan terimakasih atas dukungan dari DPP, DPD HIMNI, masyarakat Nias yang ada di kabupaten Siak yang telah ikut serta menghadiri acara muscab HIMNI ke-lll Kab. Siak walaupun saat ini kita masih dalam keadaan menghadapi pandemi Covid -19.

Lanjut Arius, Saya menyampaikan kepada kita semua dan para undangan yang telah hadir pada muscab ke-lll, kami sebagai panitia dengan musyawarah bersama membatasi masyarakat hadir dalam acara muscab ini, karena dalam situasi pandemi covid dan mari kita masing-masing  mematuhi protokol kesehatan Covid -19. Semoga acara muscab kali ini berjalan dengan baik, untuk kita demi kita bersama menjalakan roda HIMNI kedepannya dengan Motto Bersatu Kita bisa ," Tutur Arius.

Maka pada acara  ini  sesuai kesepakatan bersama hanya dihadiri oleh beberapa utusan perkecamatan  yang ada di kabupaten siak, penasehat dan seluruh   pengurus dan Anggota HIMNl 2016 - 2020 serta masyarakat Nias yang berdomisili di Kabupaten Siak, muscab ke-lll di buka langsung oleh ketua DPD HIMNI Provinsi Riau, Drs,Sozifao Hia,M.Si.

Pada inti Muscab Ke-III DPC HIMNI Kab. Siak diawali dengan sidang Pleno  yang dipimpin oleh Sekertaris DPD HIMNI Provinsi Riau, Jeremiah Duha,  di dampingi Amosi Waruwu (Sekertaris DPC HIMNI Kabupaten  Siak), dan Arius Gulö (Ketua Panitia), Herman Pelani (Bendahara Panitia), dan Emanuel ndruru (Sekt panitia).

Pada Muscab HIMNI Ke-lll Kabupaten Siak ini, yang mana telah di beri amanah oleh masayarakat Nias yang ada di Kab. Siak kepada Sökhiaro Halawa  masa periode 2020 - 2024, terpilih  secara Aklamasi dengan meraih 39 suara dari 60 jumlah pemilih, sementara Optonica Zega hanya meraih 21 suara , di mana sebelumnya ada ketiga ( 3 ) bakal calon: Yaaro telaumbanua, Optonica zega, Sokhiaro Halawa. Namun pada saat muscab di mulai, calon no urut satu  (1 ),' Yaaro telaumbanua telah mengudurkan diri dengan alasan memberikan kesempatan kepada kedua colon yang masih muda untuk menjadi ketua Himpunan masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) khusunya DPC HIMNI Kabupaten Siak.

Untuk suara sah pada pemilihan Ketua terpilih pada Muscab DPC  HIMNI Kabupaten Siak kali ini di ikuti oleh utusan 6 Perwakilan di setiap kecamatan Yang ada di kabupaten Siak, dan Para penasehat, Ketua, Anggota masa bakti 2016 - 2020 Sesuai anggaran Dasar HIMNI, dan ditambah perwakilan di setiap Gereja nias yang ada di kecamatan Tualang, dan perwakikan Organisasi IKNR (Ikatan Keluarga Nias Riau), juga serikat Tolong Menolong (STM).

Ketua DPD HIMNI Provinsi Riau, Drs.Sozifao Hia,M.Si dalam sambutannya menyampaikan. Kepemimpinan ketua lama Simardin Gea telah Sukses melakukan mucab Ke lll Kab.Siak, dari awal hingga akhir  tertata rapi, ini kerja keras dan kerjasama panitia dalam melaksankan muscab Ke- III.

Lanjut SF.Hia, bahwa ada dua program prioritas Himpunan Masyarakat Nias Indoensia (HIMNI), yakni mendorong terwujudnya  Kepulauan Nias menjadi  Provinsi dan mendorong Kepulauan Nias menjadi Destinasi Wisata Nasional dan Internasional kedepan dan yang terpenting kepada ketua terpilih bantulah masyarakat dan wajukanlah roda organisasi HIMNI ini di kabupaten Siak, ajak masyarakat bersatu dalam beberapa kegiatan sosial kedepanya. Pesan Hia.

Program HIMNI disetiap tingkat kepengurusan adalah sama dengan program DPP HIMNI, DPD dan DPC menjadi wahana perpanjangan tangan organisasi HIMNI meyebarluaskan  informasi tentang program itu agar terwujudnya dukungan setiap masyarakat Nias atas program tersebut dalam kehidupan sehari-hari," dan meminta seluruh warga Nias dimana pun berada mengutamakan kesatuan dan mengedepankan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi maupun golongan. Kata Hia.

Ketua terpilih. Sökhiaro Halawa dan sekaligus dengan hari yang sama di lantik langsung oleh Ketua DPD HIMNI Provinsi Riau. Drs.Sozifao Hia,M.Si, setelah terpilih menjadi Ketua DPC HIMNI Kab. Siak periode 2020-2024.

Dalam sambutannya. Mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah di berikan kepada dan ia meminta dukungan untuk kerjasama seluruh pengurus dan masyarakat agar program yang telah di buat oleh HIMNI DPP dan DPD dapat dilaksanakan oleh jajarannya yang telah dilantik Hari ini.

Lanjut SH, pada hari ini kita sangat bersyukur bisa melaksanakan Muscab HIMNI Kab Siak yang Ke-lll, walaupun di tengah situasi pandemi Covid 19 namun semua tahapan Muscab dan puncaknya pemilihan Ketua DPC HIMNI SIAK periode 2020 / 2024, Bisa kita lalui dengan lancar dan baik.

Saya yakin dan percaya bahwa kita semua yang hadir hari  ini dan terlebih panitia Muscab HIMNI semua merasa kelelahan selama terbentuk kepanitiaan Muscab apalagi puncaknya pada hari ini dari pagi hingga sore ini, karena energy dan pikiran kita banyak terkuras untuk kegiatan ini, tetapi saya yakin bahwa karena kecintaan kita kepada  organisasi kita HIMNI hingga membuat kita masih bersemangat.

Saya pribadi dan keluarga. Mengucapkan terima kasih atas  Kepercayaan yang telah bapak ibu dan saudara-saudari berikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin organisasi kita DPC HIMNI di Kab Siak ini .

Saya menyadari bahwa, saya bukanlah yang terbaik diantara bapak ibu dan seluruh masyarakat Nias yang berdomisili  di kabupaten Siak saat ini , tetapi karena kepercayaan yang diberikan kepada saya maka saya akan berusaha untuk terus belajar dan terus mengasah kemampuan agar saya dan kami pengurus nantinya mampu menjalankan organisasi kita ini sesuai dengan baik dan mengikuti AD/ART HIMNI.

Saya beserta pengurus nantinya, mengajak bapak ibu saudara saudara sekalian , seluruh komponen masyarakat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Tokoh agama, dan seluruh masyarakat kita Nias untuk bersama sama membangun organisasi kita ini agar Organisasi kita ini bisa benar benar bermanfaat bagi seluruh masyarakat kita Nias khususnya di Kab Siak ini.  Sesuai  Motto HIMNI  “Bersatu Kita Bisa “. Ucap dan ajak  S.Halawa

Di akhir sambutan Ketua terpilih, mengucapkan banyak terimakasih kepada saudara Yaaro Telaumbanua dan Optonica Zega. Atas segala partisipasinya dan telah menjadi Calon yang ikut berkompetisi hari ini . Saya yakin bahwa kompetisi ini bukan lah memilih siapa yang menang dan siapa yang kalah, tetapi kita semua di pilih untuk menjalankan roda organisasi HIMNI di Kab Siak. maka dengan hati ihklas dan yang paling dalam, mengajak.
Marilah kita bersama-sama bergandengan tangan membangun HIMNI ini untuk lebih maju kedapan dari yang sebelumnya.

Juga saya sangat berharap petunjuk, saran, masukkan dan kritikan dari seluruh elemen masyarakat dan terlebih petunjuk dari Ketua DPD HIMNI Riau. Yang masih sangat kami harapkan dalam mengembangkan organisasi HIMNI di Kabupaten Siak yang kita cintai ini, cakap SH.

Setelah usai sesi acara demi acara pada Kegiatan Muscab Ke-III DPC HIMNI dan pelantikan Ketua DPC HIMNI  Kab. Siak terpilih, diakhiri dengan foto bersama. (Mtn)***
TERKAIT