Bersamaan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Ke-47

Bupati Rokan Hilir Resmikan Hutan Kota Bagansiapiapi

Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp, saat Resmikan Hutan Kota Bagansiapiapi yang terletak di Batu Enam Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pada Jumat (4/6/2021) ***
ROKAN HILIR, (Mediatransnews) - Sempena Hari Lingkungan Hidup se-dunia ke-47, Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp, resmikan Hutan Kota Bagansiapiapi yang terletak di Batu Enam Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, Riau, pada Jumat (4/6/2021).

Dalam acara tersebut, selain dihadiri Bupati Rohil H Suyatno juga turut hadir Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Kapolres Rohil diwakili Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, Perwakilan Kodim, Kadis DLH Rohil Suwandi S,sos dan sejumlah Kepala OPD.

Kadis DLH Suwandi S.Sos dalam laporannnya mengatakan hutan kota merupakan bagian dari ruang terbuka hijau. Secara umum pembangunan hutan kota, merupakan amanat dalam peraturan pemerintah nomor 63 tahun 2002 tentang hutan kota.

Dimana, tujuannya untuk berfungsi memperbaiki dan menjaga Iklim, Peresapan Air, menciptakan keseimbangan lingkungan fisik serta mendukung pelestarian keanekaragaman Hayati.

"Total Pembangunan hutan kota ini dari 2020-2021 menyerap anggaran hingga Rp15,8 miliar," ungkap Suwandi.

Air mancur hutan kota tercantik di Riau

Bupati Rokan Hilir H Suyatno dalam sambutanya, mengatakan hutan kota tersebut merupakan tercantik dari beberapa Hutan Kota yang ada di tiap ibu kota Kabupaten/Kota di Riau.

Karena lanjut Suyatno, dalam taman hutan kota tersebut terdapat ada Kolam Air Mancur Yang menari-nari sehingga menambah keindahan taman pada saat malam hari.

"Tentu nya tercantik di Riau bahkan di indonesia. Namun karena kondisi Covid-19, air mancur dan lampu hutan kota, tidak bisa dihidupkan, karena dapat mendatangkan khalayak ramai. Apalagi di taman kota tersedia tempat bersantai seperti pondok, area permainan anak dan lainnya," papar Suyatno.

Suyatno juga mengutarakan keberadaan Hutan Kota dapat menarik pengunjung wisata yang dapat berdampak meningkatkan PAD Kabupaten Rokan Hilir.

Karena sambung dia, gunanya bukan hanya sebagai hutan dan bisa jadi Ikon Rokan Hilir yang baru sebagai objek wisata baru, edukasi bagi anak-anak untuk mengenali tanaman dan hewan.

"Untuk itu, saya minta keberadaann taman kota ini, untuk dipertahakan keasrian hutan kota, jaga kebersihan, dan jangan sampai ada sampah berserakan," pungkas Suyatno mengingatkan.

Pantauan, usai meresmikan Taman Kota, Bupati Suyatno bersama Kajari dan OPD, melakukan penanaman pohon sapu tangan yang dilanjutkan dilakukan bersantai di pondok tengah Hutan Kota. (Otc / Umr) ***


TERKAIT