Wakil Bupati Pelalawan Membuka Acara Lokakarya

Nazar : Berharap Kepada Pihak Perusahaan - Perusahaan Dapat Membantu

H.Nasaruddin, SH.MH, Wakil Bupati Pelalawan Saat membuka acara Lokakarya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu ***

PELALAWAN, (Mediatransnews) -  H.Nasaruddin, SH.MH, Wakil Bupati Pelalawan membuka acara Lokakarya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu serta Penyusunan Rencana Kerja Berdasarkan Rencana Aksi Daerah Penanggulangan Bencana (RAD-PB)  Kabupaten Pelalawan bertempat di auditorium kantor Bupati Pelalawan. Rabu, 16 Juni 2021.

Dalam pembukaan lokakarya di hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan H. Tengku Mukhlis, Forkopimda, Kemitraan Indonesia, kepala dinas dari OPD terkait, BPBD Kabupaten Pelalawan,  serta perwakilan perusahaan dan para undangan.  

Manajer Program Strengthening Indonesian Capacity for Anticipatory Peat Fire Management (SIAP-IFM) Kemitraan Marius Gunawan menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan oleh Kemitraan Indonesia lebih kepada penguatan antisipasi kebakaran hutan dan lahan dengan pendekatan kluster.

"Kami sudah mengunjungi Merbau dan disana sudah ada MPA (Masyarakat Peduli Api) dan mereka sudah pernah menjalani pelatihan.Tujuan program SIAP-IFM adalah penguatan kapasitas,kelembagaan dan regulasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Kita ingin mendukung pencegahan karhutla dengan melihat persoalan dan mencari solusi yang terbaik dengan dukungan dari pemda dan perusahaan yang ada", ungkapnya.    

Wakil Bupati Pelalawan H.Nasaruddin, SH.,MH dalam sambutannya sekaligus membuka lokakarya menyampaikan  bahwa "Pada umumnya lahan yang ada di Kabupaten Pelalawan merupakan lahan gambut. Oleh karena itu saya berharap agar dalam lokakarya ini didiskusikan bagaimana tata kelola tanah gambut pada kondisi kering dan kemarau agar stabilitas airnya tetap terjaga (lembab), sehingga mencegah kebakaran lahan. Juga lakukan deteksi dini agar dapat meminimalisir kebakaran hutan dan lahan. Saya berharap perusahaan-perusahaan juga dapat membantu", tegas Wabup berharap.

Wakil Bupati juga mengatakan bahwa "telah berkoordinasi dengan Bupati H. Zukri akan memperbanyak MPA di desa-desa dan peralatan pendukungnya dengan bantuan dari pemerintah daerah dan perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Kerjasama dan kolaborasi dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla tidak dapat terlaksana apabila semua pihak tidak bekerjasama dengan baik.

Kemudian H. Nasaruddin,SH.MH juga berharap dan berdoa semoga kedepannya Kabupaten Pelalawan aman dari karhutla", ucap Nazar mengakhiri. (Diskomifo / Nb) ***

TERKAIT