Diduga Tidak Sesuai Perkataan Firdaus Walikota Pekanbaru

LSM Segera Ungkap Aliran Dana Pengadaan Bibit Tanaman Di Kota Pekanbaru TA 2019-2020

LSM Segera Ungkap Aliran Dana Pengadaan Bibit Tanaman Di Kota Pekanbaru TA 2019-2020 ***
PEKANBARU, (Mediatransnews.com) - Terkait belanja bibit tanaman pada APBD Kota pekanbaru Tahun Anggaran 2019-2020 yang hampir mencapai 10 miliar rupiah, dengan rincian 3 kali pengadaan. Rabu, (19/01/22).

DPD LSM GEMPUR sebelumnya kepada media, beri informasi bahwa dinas PUPR dibawah ke pemimpinan Indra Pomi Nasution. Untuk Pengadaan Bibit dan Tanaman RTH dengan anggaran dana bibit dan tanaman yang berjumlah Rp 9.908.704,000 miliar. Yang diduga tidak tepat sasaran.

Hasanul Arifin DPD LSM GEMPUR, juga mengatakan berdasarkan temuan yang dimiliki, selain memanfaatkan dana CSR BRI, kegiatan tersebut juga terdapat didalam daftar DPA Dinas PUPR TA 2019-2020. Sehingga dana APBD itu dianggarkan saat Indonesia sedang alami krisis akibat pendemi covid-19.

"Ironisnya, saat  Firdaus walikota pekanbaru. Pernah sampaikan ke media bahwa pemko tidak ada dana untuk tanggulangin covid-19, ternyata ada dana untuk pengadaan bibit bahan tanaman lebih dari ratusan miliar. Dana APBD juga harusnya untuk bibit tidak ada sesuai komitmen firdaus.

Saya bisa klaim bahwa kegiatan itu diduga fiktif. Mengandung unsur korupsi, tidak ada pengadaan nursery bibit tanaman capai 10 miliar dengan 3 kali pengadaan sementara saat itu Indonesia sedang alami covid -19," tegas bung Arif.

"Sebelumnya viral di media online.  Pemerintah daerah melalui Dinas PUPR kota Pekanbaru menyatakan bahwa  Dinas PUPR Kota Pekanbaru miliki agenda", menyulap jalur hijau di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman jadi taman kota. Pembuatan taman tidak membebani anggaran daerah, namun memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, yang mana pembuatan taman menggunakan dana CSR BRI.

Hal Ini disampaikan Kepala Bidang Pertamanan Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, pada (28/7/2020) kala itu dan lokasi di jalur hijau Sudirman.

Untuk keseimbangan dalam pemberitaan media. Media ini mencoba mengkonfirmasi kepada Indra Pomi Nasution selaku Kadis PUPR Kota yang juga aktif sebagai ketua Perbakin Kampar, melalui WhatsApp pribadinya dengan nomor +62 822-6868-2xxx. Namun hingga tayangnya berita ini belum mendapat jawaban dari Indra Pomi selaku penggungjawab penuh dalam kegiatan tersebut. Rabu, 19/1/22. (Tim Red) ***

TERKAIT