Kumpulan Masyarakat Nias Yang Di Riau Sudah Ada Sejak Tahun 1972

DPP Ikatan Keluarga Nias Riau Bersama DPD Dan DPC Laksanakan Raker

DPP Ikatan Keluarga Nias Riau, DPD Dan DPC Saat Laksanakan Raker ***

PEKANBARU, (MTNC) - Perkumpulan atau yang familiar dikenal dan disebut Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR), melaksanakan rapat kerja bersama DPP, DPD dan DPC IKNR Se Provinsi Riau, bertempat di Hotel Furaya Jalan Sudirman Pekanbaru, Sabtu (21/5/2022).

Sebelum dimulainya raker. Ketua DPP IKNR Penieli Zalukhu, dalam sambutannya menyampaikan. Bahwa sejak dipilih dan dilantik dirinya beserta pengurus lainnya sebagai pengurus DPP IKNR dua Tahun silam, wadah kita ini terus terang serasa fakum karena beberap hal salah satunya pandemi Covid-19.

Waktu itu Tahun 1972 beberapa tokoh masyarakat nias yang berdomisili di pekanbaru, bermufakat membentuk IKANIS (Ikatan Keluarga Nias) sebagai wadah perkumpulan keluarga nias. Namun dengan berjalannya waktu IKANIS di ubah menjadi IMAN (Ikatan Masyarakat Nias) yang di pelopori Oleh:

1. Tuan Mayor Purnawirawan TNI-AD Yones Bate'e (Alm)
2. Tuan Effost T Gulö. (Alm)
3. Tuan Peltu Pur TNI-AD Drs. Fati,aro Waruwu, SH.

Pada Tahun 1980 IMAN diganti menjadi IKMN (Ikatan Keluarga Masyarakat Nias), lalu IKMN di ganti pada Tahun 2004 menjadi IKNR (Ikatan Keluarga Nias Riau), yang di pelopori sesuai yang tercatat di Akta Oleh :

1. Mahaden Mendröfa, (Alm)
2. Effost T Gulö, (Alm)
3. Ataliwa Gea, (Alm)
4. Fao,atulö Waruwu, (Alm)
5. Yason Gea
6. Fahuwusa Laia
7. Frans Daeli

Dengan Pendiri :

1. Sarohuku Waruwu, SH
2. Famaha Zebua
3. Beyaso Gea, (Alm)
4. Meitinus Zebua
5. Onangegö Zebua
6. Föna,aro Lase, (Alm)
7. Martin Luther Laia
8. Hasatulö Gea
9. Odaligö Zebua

Pada 2004 yang diganti menjadi IKNR (Ikatan Keluarga Nias Riau) yang setera dengan paguyuban suku lainnya yang ada di riau hingga sampai saat ini. Ini buktinya bahwa jiwa kita Ononiha semakin pesat bertambah menjadi penduduk Riau.

Pada 2004 diganti menjadi IKNR (Ikatan Keluarga Nias Riau) setara dengan paguyuban suku lain hingga sampai saat ini. Ini buktinya bahwa jiwa kita Ononiha semakin pesat bertambah menjadi penduduk Riau.

Saya melihat beberapa venomena terkait banyaknya Organisasi Ononiha yang bersaing secara yang tidak elegan.

Disini saya katakan selaku Ketua DPP IKNR bahwa tidak ada saingan kita dalam organisasi. Apapun itu organisasi yang menyangkut Ononiha, tentu, itu juga merupakan organisasi kita ononiha. Tegasnya.

Pada sambutannya. Penieli Zalukhu berharap kepada seluruh DPD IKNR di tiap Kab dan Kota, DPC di tiap Kec bahkan PAC di tingkat lurah dan desa, hal ini dengan tujuan menunjukkan kekompakkan dalam mewujudkan visi dan misi IKNR.

Pepata orang Afrika, mengatakan. "Jika kita berlari jauh harus bersama-sama dan jika berlari sedekat mungkin maka berlarihlah sendirinya,".

Artinya, "Jika DPC - DPC dan PAC terbentuk di setiap Desa, tentu mudah koordinasi kepada satu dengan yang lain jika sesuatu hal yang terjadi. Tutur P Zalukhu.

Selanjutnya, kata bimbingan dari Dalizatulo Lase, SH.,MH, salah satu penasehat DPP IKNR yang hadir, Mengatakan. Mari kita panjatkan puji dan syukur atas kesempatan ini karena kita dapat berkumpul dalam rangka Raker IKNR. Yang menunjukkan kebersamaan dan royalitas dalam organisasi IKNR sehingga Sdra- Sdra bisa hadir dari berbagai kabupaten dan kota yang ada di Riau. jika tidak mengedepankan suatu kebersamaan sulit menghadiri rapat kerja pada hari ini. Ucap D Lase dengan singkat.

Dan juga pada sambutan bendahara umum DPP IKNR Riau Sekhiatulo Laia, pada rapat kerja kita pada hari ini. Kami sebagai pengurus inti DPP IKNR, berpesan pada Panitia pelaksana untuk melaksanakan yang terbaik dan jangan sampai terlewatkan peserta tidak meminum air putih pada acara kita ini.

Sekhiatulo Laia juga tidak lupa menyampaikan rasa terimakasih atas atusias dari DPD - DPD dan DPC - DPC IKNR yang telah ada dan bisa hadir pada reker pada hari ini, juga yang mana menunjukkan identitasnya dengan menyematkan seragam khas seragam IKNR. Ucap bandum IKNR yang juga salah satu pengusaha sukses ononih di riau yang sering dikenal dengan panggilan Talabu. 

Turut hadir dalam raker IKNR, selain Yeremias Duha (sekum IKNR) dan beberapa pengurus DPP juga beberapa pengurus dan anggota DPD dan DPC IKNR di riau yang sudah ada turut hadir. (Red) ***

TERKAIT