Sosialisasi Aplikasi Siandes Yang Berisi 16 Layanan

Pemdes Sungai Batang Kec Bengklis Luncurkan Aplikasi Layanan Publik

Pemdes Sungai Batang Kec Bengklis Luncurkan Plikasi Layanan Publik
***
BENGKALIS, (MTNC) - Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Batang, Kecamatan Bengkalis meluncurkan aplikasi pelayanan publik, berbasis android, dengan nama Sistem Pelayanan Rakyat Desa (Siandes) di Aula Desa Sungai Batang, Rabu (2/11/2022).

Peluncuran sekaligus sosialisasi aplikasi Siandes yang berisi 16 layanan yang dikategorikan dalam 3 tipe, yakni tipe A, tipe B dan tipe C yang bisa diakses oleh masyarakat secara luas.

“Sudah kita luncurkan dan sekaligus kita sosialisasikan kepada masyarakat, bagaimana penggunaan aplikasi Siandes tersebut,” ujar Kepala Desa Sungai Batang Faisal.

Sedangkan Menejer PT Aksa Global Network (AGN), Suhardi juga menjelaskan, dari tiga kategori di antaranya Tipe A merupakan pelayanan tingkat desa/kelurahan. Tipe B merupakan pelayanan tingkat desa/kelurahan dan kecamatan.

Sedangkan tipe C jelas Suhardi, merupakan pelayanan tingkat kecamatan. Dengan adanya digitalisasi layanan publik diharapkan dapat semakin mempermudah masyarakat desa sungai batang dalam kepentingan yang bersifat administratif.
Suhardi menilai, perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat. Demikian juga pertumbuhan teknologi informasi juga mempengaruhi pola pikir manusia. Hal ini yang menjadikan masyarakat lebih menyukai segala sesuatu yang mudah dan instan. “Ya, terlepas dari kemudahan yang didapatkan, digitalisasi layanan tersebut dapat lebih meningkatkan efisiensi terhadap waktu,” ujarnya.

Selain itu kata Suhardi, guna mengurangi adanya interaksi fisik pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Masyarakat hanya perlu meng-unduh aplikasi Siandes kemudian aplikasi tersebut dapat dioperasikan di rumah masing-masing sesuai dengan langkah-langkahnya.

Akan tetapi jelas Suhardi, karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah terkait Siandes dan beberapa faktor lain, mengakibatkan banyak masyarakat desa sungai batang yang belum mengerti langkah-langkah mengoperasikan aplikasi Siandes. 

Bahkan sebagian masyarakat belum mengetahui adanya sistem pelayanan baru berbasis android tersebut. Menurutnya, Aplikasi Siandes ini yang menggerakkan adalah PT AGN, untuk ikut serta membantu pemerintah setempat, Desa Sungai Batang yang terdiri dari 6 RW dan 4 RT untuk mensosialisasikan sistem layanan tersebut.

Selain pemaparan materi PT AGN, kata Suhardi juga memandu warga untuk mempraktekkan secara langsung. Jika ada kesalahan dalam penggunaannya, dapat disampaikan kepada perangkat desa yang bertugas sebagai operator sistem untuk dilakukan perbaikan.

Ia menjelaskan, aplikasi Siandes akan di launcihng pada 9 Desa di Kecamatan Bengkalis yang sudah mempercayai PT AGN untuk ikut andil dalam penerapan pelayanan berbasis IT di pelayanan masyarakat desa.

“Siandes juga salah satu aplikasi pelayanan surat menyurat yang berbasis android pertama yang akan diterapkan di ddesa khususnya di Kecamatan Bengkalis,” ujar Suardi.

Kegiatan ini disambut baik oleh Camat yang diwakili Sekcam Rafli Kurniawan dan juga masyarakat setempat yang terlihat dari antusiasme warga. Sosialisasi ini diwakili oleh seluruh ketua RT dan RW Desa Sungai Batang.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam pemahaman mengenai aplikasi Siandes.
“Ya, kami mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat mempermudah masyarakat untuk menggunakan aplikasi Sindes. Tentu ini nantinya akan kita terapkan diseluruh desa di Kecamatan Bengkalis,” ujar Sekcam Bengkalis Rafi Kurniawan.

Sedangkan Buang, salah seorang warga mengaku sangat senang dengan adanya Aplikasi Siandes ini. Karena dapat mempermudah masyarakat dalam berurusan ke pemerintah. (Safrizal) ***

TERKAIT