Akses Jalan Lintas Pekanbaru-PT SIR Menuju Siak Sri Indra Pura

Gubri Syamsuar Bersama Alfedri Bupati Siak, Resmikan Jalan Lintas Pekanbaru - PT. SIR

Gubri Syamsuar Bersama Alfedri Bupati Siak Saat Resmikan Jalan Lintas Pekanbaru - PT. SIR. Rabu, 28/12/22 ***
SIAK, (MTNc) -  H. Syamsuar Gubernur Riau, resmikan ruas jalan Perawang - Pekanbaru atau lebih di kenal jalan PT. SIR (Surya Inti Lestari). Gubri menyampaikan jalan ini sudah cukup lama diharapkan masyarakat kabupaten Siak khususnya masyarakat Perawang. Jalan ini di bangun tujuannya untuk memperpendek jarak tempuh masyarakat kedua daerah.

Jalan ini tepatnya berada di Ruas jalan Simpang Pramuka - batas Kabupaten Siak - Ruas Jalan batas Kabupaten Siak - Perawang, dan Jembatan Sei. Pulai sebagai jalan pintas dari Kota Pekanbaru menuju Kabupaten Siak.

“Saya waktu masih Bupati Siak termasuk yang menginisiasi jalan ini", termasuk masyarakat Tualang paling getol menyuarakan minta di bukanya jalan PT SIR ini. Karena itu saat saya mendapat amah  menjadi Gubernur,  jalan ini menjadi prioritas saya, Paparnya. Rabu, 28/11/22.

Lanjut Gubri, Pembangunan jalan ini juga dalam rangka mendukung daerah wisata. Sebab, menurut keterangan dari menteri Pariwisata RI akses menuju objek wisata itu jalannya harus cepat dan bagus.

Oleh karena itulah, kami tau persis Siak ini adalah merupakan kota Wisata. Makanya saya mempersiapkan jalan ini dengan maksud untuk mempercepat salesainya, sehingga ini juga terbantu untuk mewujudkan kota wisata.

Dengan adanya jalan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mempermudah akses lalu lintas masyarakat. Orang nomor satu di Provinsi Riau ini berharap jalan tersebut agar dijaga bersama.

“Saya juga berharap, jalan yang sudah bagus ini mari kita pelihara dengan baik, sekaligus bisa mengawasi terhadap penggunaan jalan yang melebih kapasitas. Karena itulah, saya mengajak Dinas Perhubungan Kabupaten Siak dan Provinsi Riau bekerja sama. Penindakannya itu nanti dari Dinas Perhubungan dan Polantas,” harap dan pinta Syamsuar yang juga mantan bupati siak selama 2 periode.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPR PKPP) Riau M. Arief Setiawan. Mengatakan, pembanguan ruas jalan Perawang-Pekanbaru PT SIR memiliki panjang 25, 59 km itu, di bangun mengunakan anggaran APBD Provinsi Riau totalnya berjumlah Rp 140 Milyar. ruas ini memiliki kapasitas MST 8 ton.

“Ruas jalan ini merupakan jalan pintas dari pekanbaru menuju kabupaten Siak yang mampu memangkas waktu tempuh 1,5 jam. Sehingga dapat mendukung distribusi kebutuhan logistik, mobilisasi barang, mobilitas orang dan mendukung destinasi wisata di kabupaten Siak. Papar Arief”.

Dalam kesrmpatan yang sama. Bupati Siak Alfedri berterimakasih dan bersyukur telah diresmikan pengunaan ruas jalan lintas PT Sawit Inti Rakyat (SIR) yang menghubungkan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak oleh Gubernur Riau Syamsuar. 

Bupati Siak Alfedri juga menyampaikan pembanguan jalan PT SIR ini tentu menjadi akses yang sangat penting bagi masyarakat Perawang, kabupaten Siak. Selain mempersingkat jarak tempuh menuju ibu kota Provinsi juga meningkatkan ekonomi Kota Perawang dan mendukung kemajuan Pariwisata di kabupaten Siak, dan akses menuju Pelabuhan Industri Tanjung Buton (KITB).

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Siak khususnya masyarakat kecamatan Tualang mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau Syamsuar yang telah memprogramkan pembanguan jalan ini dari Perawang menuju Pekabaru,”ujar Bupati Alfedri.

Ianya juga menambahkan sebelumnya masyarakat Perawang jika ke Pekanbaru harus lewat Minas, yang waktu tempuhnya 1 jam kadang lebih, belum lagi harus berpapasan dengan mobil-mobil besar,”Sekarang, Alhamdulillah dengan adanya jalan ini, waktu tempuh menjadi singkat hanya 30 menit sudah sampai Pekanbaru. Kami apresiasi dan bersyukur apa yang di buat pak gubernur semoga ini membawa berkah bagi Siak, Riau yang lebih maju di masa mendatang,”ucapnya. (Red) ***

TERKAIT