Proyek Renovasi, Rehab Dan Pembangunan Gedung Kantor UPT Bina Laras

Abaikan Konfirmasi Madia, Dinsos Riau Terkesan Tertutup Kepada Publik

Surat Dinas Sosial Prov Riau. ***

PEKANBARU, (MTNc) - Media sebagai wadah pers dan alat komunikasi yang dinilai punya peran penting dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Pihak media maupun pemerintah adanya sinkronisasi antara undang-undang keterbukaan informasi publik (UU KIP) dengan undang-undang kebebasan pers.

Namun hal tersebut diatas tidak sertamerta di indahkan dan bahkan sering diabaikan di setiap SKPD diseluruh tanah air khususnya pemerintahan di Prov riau dengan menjadi gardang terdepan dengan adanya PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen), diseluruh skpd kabupaten dan kota di riau, salah satu contoh dinas sosial prov riau.

Yang mana madia ini melayangkan surat konfirmasi tertulis terkait kegiatan Belanja Modal Bangunan Gedung Kantor (Renovasi/Rehab dan Pembangunan Gedung Kantor) UPT Bina Laras, yang berlokasi di Jln. Yos Sudarso KM 15 Rumbai kota Pekanbaru. Dengan pagu anggaran Rp. 3.500.000.000,00, nilai berkontrak yang harus di realisasikan Rp. 2.727.614.107,12. Rekanan atau kontraktor dimenangkan oleh Cv. Alkomber Karya yang beralamat kantor di Jln. Agam I No. 105 RT. 003/007 Kel. Surau Gadang Kec. Nanggalo - Padang, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) 71. 093. 302. 9 - 201. 000.

Adapun yang dikonfimasikan oleh media kepada Dinas sosial sebagai penanggungjawab panuh dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, antara lain;

Mempertanyakan;
1. Apa saja item yang direnofasi atau yang di rehap dan pembagunan pada gedung kantor UPT Bina Laras tersebut?
2. Berapa persen telah terlaksana kegiatan tersebut hingga pertengahan September ini..?
3. Dan sudah berapa persen penyerapan anggaran dana yang sudah di bayarkan kepada rekanan/kontraktor termasuk uang muka?

Media mempertanyakan hal diatas, berdasarkan hasil informasi yang layak dipercaya dan pantauan media di lapangan, maka demi memenuhi kaidah berita media untuk disajikan informasi yang akurat ke pubulik hingga media ini melayangkan konfirmasi tertulis dengan nomor surat Nomor Surat Konfirmasi: 021/KB-KKC/PKU/IX/2023, konfirmasi untuk berita bukan lah meminta dokumen.

Namun anehnya pihak Dinas Sosial Prov Riau menanggapi konfirmasi kanalkini.com, tekait kegiatan Belanja Modal Bangunan Gedung Kantor (Renovasi/Rehab dan Pembangunan Gedung Kantor) UPT Bina Laras, dengan Nomor Surat : 800/DINSOS-BL/995
Tertanggal 25 Sept 2023. Dengarahkan atau disuruh ke PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen) Prov riau untuk konfirmasi.

Surat dari dinas sosial yang ditanda tangani langsung oleh
Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau T. Zul Efendi, S.H., M.Si. dan di Cap dengan stempel dinas. (Red) ***

 

TERKAIT