'Manusia Akar'

Penyakit Dede 'Manusia Akar' Tetap Jadi Misteri

Penyakit yang diderita Dede Koswara 'Manusia Akar' masih menjadi misteri. Hingga Dede meninggal, penyebab penyakit yang dideritanya tak kunjung terungkap***
MEDIATRANSNEWS, BANDUNG - Penyakit yang diderita Dede Koswara 'Manusia Akar' masih menjadi misteri. Hingga Dede meninggal, penyebab penyakit yang dideritanya tak kunjung terungkap.

Sekujur tubuhnya ditumbuhi kutil. Bahkan, kutil di kaki dan tangannya tumbuh jauh lebih banyak. Bentuknya pun menyerupai akar sehingga ia dijuluki 'Manusia Akar'.

Sejak Dede dan penyakitnya terungkap ke media massa pada 2007, teka-teki apa penyakitnya terus bergulir. Tapi pelan-pelan akhirnya diketahui Dede diserang sebuah virus yaitu Human Papilloma Virus (HPV) yang mengakibatkan ia mengalami penurunan imunitas.

Setelah melakukan serangkaian operasi pengangkatan kutil sejak 2008 hingga 2015, kutil di tubuh Dede selalu kembali tumbuh. Tidak ada pencegahan efektif yang dilakukan. Yang ada hanya operasi pemotongan kutil setelah kutil itu tumbuh lagi hingga ukuran besar.

"Kami sampai saat ini belum mengetahui bagaimana menghentikan pertumbuhan kutilnya. Meski sudah dibersihkan (melalui operasi), ternyata masih tetap tumbuh," kata Dr Rudi Wisaksana, dari tim infeksi khusus Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) di RSHS, Kota Bandung, Sabtu (30/1/2016).

Setelah operasi terakhir pada akhir 2015, bagian tempat tumbuhnya kutil di tubuh Dede sempat ditutup kain. Hasilnya, kutil tetap tumbuh seperti sebelumnya. Tapi ada perbedaan karena kutil yang tumbuh menjadi lebih lembek.

Tim dokter RSHS pun masih belum bisa memastikan apakah kutil itu jadi lebih lembek karena dibalut kain atau bukan. "Hal itu yang masih kami pelajari," ungkapnya.

Rudi mengatakan HPV sebenarnya bukan virus ganas. Tapi, yang terjadi pada Dede justru berbeda. "Kalau ke yang lain mungkin hanya jadi kutil biasa, tapi kenapa ke Dede sedemikian hebat (pertumbuhan kutilnya), mungkin ada sesuatu," jelasnya.

Sementara setelah Dede meninggal, tim dokter RSHS akan tetap melanjutkan penelitian agar bisa diketahu penyebab tumbuhnya kutil di tubuh Dede yang begitu besar. "Penelitian tetap berlanjut tapi dikerjakan bersama dengan Fakultas Kedokteran Unpad," tuturnya.

Selain tumbuhnya kutil, penyebab penurunan imunitas Dede juga masih menjadi misteri. Sebab Dede mudah terkena penyakit hingga akhirnya membuatnya mengalami kegagalan multiorgan yang meliputi jantung, hati, hingga ginjal.(snc/mk)***
TERKAIT