Pulau Tilan Wisata Unggulan

Bupati Suyatno Buka Lomba Motor Cross Dan Sampan Dayung

Bupati Suyatno saat Buka Lomba Motor Cross dan Sampan Dayung***
MEDIATRANSNEWS, BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir H Suyatno meresmikan lomba Motor Cross dan Sampan Dayung di Lokasi Wisata Pulau Tilan, Kepenghuluan Rantai Bais, Kecamatan Tanah Putih, Sabtu (23/4) sekitar pukul 11.30 WIB. Ratusan masyarakat tampak memadatai Pulau yang luasnya 500 hektare itu sejak pagi.

Meskipun harus antri untuk menaiki Kapal penyebrangan namun tak menyurutkan niat masyarakat untuk ikut menyaksikan perlombaan yang digelar oleh pemuda setempat. Memang penyebrangan menuju lokasi Pulau Tilan dari darat hanya sekitar 30 Meter saja, namun juga harus antri dengan kapal yang disiapkan oleh panitia. Panitia menyiapkan Kapal pompong sehingga bisa ditumpangi sekitar 70 orang sekali menyebrang.

Bupati dan rombongan sejak tiba disambut hangat baik oleh Upika maupun para pemuda Ikatan Pemuda Karya (IPK). Usai menyaksikan pelantikan IPK bupati bergegasa untuk membuka perlombaan Motor Cross. Setidaknya sekitar 30 peserta yang mengikuti lomba motor cross di lokasi Wisata Pulau Tilan. Setelah itu Bupati membuka lomba Sampan Dayung. Sampan Dayung diamksud adalah lomba sampan kecil yang didayung menggunakan tangan yang mana tiap kapal diisi oleh 2 orang peserta.

"Kita akan gali potensi wisata di Pulau Tilan ini, bahkan mengingat tempatnya bagus untuk trek motor cross kita akan buatkan lintasanya pada tahun 2017," kata Bupati.
Diakui Bupati, memang selama ini pemkab lemah dan belum menggali potensi wisata Pulau Tilan yang kian menawan.

"Saya pernah ke Dumai lalu teman-teman disana mengatakan, Bagus ya Pulau Tilan itu kayaknya bagus buat main Golf," cerita Bupati.

Namun, saat itu Bupati menjawab "Kalian melihat saat pasang atau surut, karena kalau pasang tenggelam," jelas Bupati. Untuk itulah akan difikirkan agar saat pasang tiba air tidak lagi naik diatas Pulau yang luas dan indah dengan kas rumput hijau alami tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati sangat menyayangkan tidak ada satupun pihak Dinas Pariwisata Rohil yang datang.

"Inilah kelemahan kita, diundang dinas terkait tak datang, jadi ini saya tugaskan khusus ke Sekda untuk mengingatkan saya untuk mulai dilengkapi sarananya untuk segera dianggarkan," jelas Bupati.

Dalam kesempatan itu juga Panitia sempat menampilkan kesenian `Lukah Gilo` yang merupakan salah satu kesenian asli Tanah Putih. Kesenian ini juga setiap kali ditampilkan menjadi pusat perhatian. Sebab identik dengan hal magic yang dimainkan oleh 2 orang dengan 1 pawang. Bupati dan Forkopimda beserta rombongan berdecak kagum.

Bahkan, Bupati dan Kapolres juga mencoba permaiann ini dan mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari para hadirin.

"Ini salah satu kesenian yang kita banggakan, Lukah Gilo sebuah permaianan yang memang tak asing lagi kususnya masyarakat Kecamatan Tanah Putih," jelas Bupati.

Setelah itu Bupati dan rombongan sempat berkeliling Pulau Tilan dengan perahu karet milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hilir. Bupati sata itu didampingi oleh Kapolres AKBP Subiyantoro, Anggota DPRD Karmila Sari dan ketua IPK Rohil Cutra Andika. Perahu satunya dinaiki oleh Plt Sekda Surya Arfan, Tanah Putih Suryadi, Camat Rantau Kopar Ramlan dan Kabag Protokol Saiman dan awak media.

Angin sepoi-sepoi mengiringi perjalan singkat di Sungai Pulai Tilan yang airnya sangat tenang, Selain itu juga kaya akan hasil alam berupa Ikan Selain dan Ikan Baung. Dipulau Tilan juga puluah lapak pedagang musiman dimanfaatkan masyarakat untuk mengais rezeki dikala ada hiburan.

Plt Sekda Surya Arfan mengatakan, ia akan secepatnya menghubungi SKPD terkait untuk sarana awal berupa Wc Umum, Panggung Hiburan serta sarana lainnya. "Kalau bisa untuk Jembatan Gantung akan kita angarkan kusus sehingga untuk menuju Pulau Tilan tak pelru lagi menaiki perahu," jelas Sekda.(Adv/Spy)***
TERKAIT