Dinding TMP Kusuma Bakti Roboh

Sekda: Dinding TMP Segera Dibangun Kembali

Sekda Surya Arfan saat meninjau TMP Kusuma Bakti***
MEDIATRANSNEWS, BAGANSIAPIAPI - Dinding Tembok Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bakti, Jalan Gedung Nasional, Bagansiapiapi rubuh. Akibatnya banyak makam pahlawan yang rusak karena ditimpa reruntuhan bangunan. Peristiwa ini terjadi, Kamis (28/4) sekira pukul 04.00 WIB.

"Kejadiannya subuh dan kita baru dapat infonya siang harinya," kata Plt Sekda Rohil Drs H Surya Arfan MSi disela mengunjungi Taman Makam Pahlawan, Kamis (28/4) siang.

Sekda mengatakan sudah melaporkan hal ini kepada Bupati Rohil H Suyatno yang sedang dinas luar dan langsung meninjau makam usai mewakili Bupati dalam 2 ekpose perusahaan Migas dan Listrik di Lantai IV Kantor Bupati Rohil. Dilapangan terlihat banyak makam yang tertimpa reruntuhan, ada yang parah dan ada yang hanya mengenai Batu Nisan.

Makam Taman Pahlawan Bagansiapiapi terdapat makam angkatan bersenjata sebanyak 22 pejuang, 2 pejuang sipil, 14 pejuang rakyat. Untuk bangunan yang rusak belum bisa diketahui secara pasti karena masih ditimpa reruntuhan bangunan.

"Kalau kita lihat yang masih utuh Batu Nisannya berjumlah 28 makam lagi," kata Sekda.

Ditegaskan Sekda, bahwa pembuatan dinding Makam Pahlawan pada tahun 2007 silam dan kondisi retak memang sudah lama.

"Kita bawa langsung kontraktor dan sementara ini penyebabnya adalah struktur tanah yang turun karena ada bangunan disampingnya," jelas Sekda.

Pemkab akan mengaggarkan kembali pada tahun 2017 untuk rehap total. Sementara untuk perbaikan jangka pendek akan segera dilakukan terutama memperbaiki tambak dan nisan makam yang rusak.

Dalam peninjauan tersebut Sekda didampingi Asisten III Ali Asfar, Kabag Pertanahan Ismail Mansyah dan Konsultan perencana Taufik yang langsung mengecek kondisi makam.

"Memang tidak ada yang tinggal disisi, namun makam ini bersejarah dan merupakan tempat peristirahatan pejuang kita dulu, maka secepatnya harus diperbaiki," jelas Sekda.

Sekda juga menegaskan, pada tahun 2014 sudah pernah dianggarkan melihat kondisi yang miring dan retak. "Saat itu dianggarkan di Dinas Sosial, namun tak dikerjakan karena waktunya mepet. Hari ini puncaknya retak yang sudah lama akhirnya rubuh," ujarnya.

Untuk dana pemeliharaan makam ini memang rutin dianggarkan setiap tahun melalui Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar (DKPP) Rohil khususnya untuk kebersihan serta pengecetan bangunan makam.

"Puing bangunan akan segera kita bersihkan. Memang yang dibangun kemarin strukturnya tinggi dan mungkin perbaikan nanti akan direndahkan agar tak terjadi musibah yang sama," pungkasnya.(Spy)***
TERKAIT