MTQ Nasional Riau Raih juara II

Kabupaten Rohil Kembali Harumkan Nama Riau

Plt Setda Rohil Surya Arfan meninjau stand bazar Rohil pada MTQ Nasional di Mataram, Nusa Tenggara Barat***
MEDIATRANSNEWS, BAGANSIAPIAPI - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI Tahun 2016 di Nusa Tenggara Barat yang berlangsung dari tanggal 28 Juli s/d 7 Agustus 2016 berhasil dengan sukses.

Provinsi Riau berhasil menempati posisi 6,Salah satu yang menjadi kebanggaan adalah Stand Bazaar Provinsi Riau yang dipercayakan kepada Kabupaten Rokan Hilir meraih juara II.

Keberhasilan stand pameran itu diumumkan Sabtu (6/8/2016) malam dalam penutupan MTQ oleh Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin di Islamic Centre NTB.

Dalam MTQ Nasional ini secara umum Riau berada di posisi 6 Sedangkan untuk Juara Umum Provinsi Banten, peringkat ke-2 DKI Jakarta, peringkat ke-3 Provinsi Kepulauan Riau, peringkat ke-4 NTB, peringkat ke-5 Jateng. Peringkat ke-6 Riau, peringkat ke-7 Sumbar, peringkat ke-8 Aceh, peringkat ke-9 Papua Barat dan peringkat ke-10 Jabar.

Demikian disampaikan Kabag Humas Setda Rohil, Hermanto S.Sos melalui release yang dikirim Kasubag Pemberitaan, Husnul Yamin, S.Sos, Minggu (7/8/2016),

Diutusnya Kabupaten Rokan Hilir mewakili Riau untuk stand bazar menurutnya karena Rohil menjadi juara I stand bazar pada MTQ Provinsi Riau XXXV di Siak beberapa waktu lalu.

Atas dukungan dan arahan Bupati Rohil Suyatno, tim stand bazar berjumlah 24 orang dipimpim Wakil Bupati Drs. Djamiludin disertai Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi UKM, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu, Bagian Bina Kesra, Bagian Protokol dan Bagian Humas.

Sementara itu, ''Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiluddin mengatakan, selaku masyarakat Riau dan khususnya Rohil ia bangga karena Kabupaten Rohil bisa menjalankan amanah dengan baik untuk mengharumkan nama Riau. "Ternyata perjuangan kita tak sia-sia, syukur Alhamdulillah kita menjadi 2 terbaik," kata Jamiluddin,

Wabup menambahkan, meskipun persiapan serba mendadak karena surat masuk bahwa Rohil mewakili Riau untuk Stand Bazaar mepet dengan waktu pelaksanaan. Namun berkat pengalaman Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sehingga bisa menampilkan hal yang maksimal. Apalagi memang Rohil untuk tingkat Provinsi dan Nasional sering mendapatan juara 3 besar.

"Kita koordinasi dengan ke Provinsi melalui Badan Promosi dan Penanaman Modal Riau, sedangkan SKPD kita yang ikut diantaranya BPM2PT, Disperindag,  Distanak, Diskanlut, dan Dinas Koperasi dan UKM," jelas Wabup. Pemkab mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Riau yang sudah memberi kepercayaan dan sumbang saran hingga bisa masuk dalam 2 besar.

Sebuah kebanggaan karena tahun ini Rokan Hilir bisa kembali mengharumkan nama Negeri Lancang Kuning lewat ajang keagamaan. Riau sendiri tak hanya mampu meraih prestasi di cabang tambahan Bazaar dan Pawai saja melainkan cabang-cabang inti yang dilombakan juga berhasil tampil dengan baik.

"Ini jerih payah kita semua terkusus para panitia yang kita percayakan untuk tampil maksimal, ini iven nasional dan dibidang keagamaan dan hasilnya memuaskan meskipun tidak berada pada posisi pertama," katanya.

Berdasarkan Surat Keputusan Panitia MTQ Nasional XXVI NTB yang disampaikan oleh Direktur Penerangan Agama Islam Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama, Muchtar Ali, tentang keputusan 10 besar Stand Bazar Juara I diraih Provinsi DKI Jakarta, Juara II Provinsi Riau dan Juara III Provinsi Banten.

Sama halnya dengan Pawai Ta`ruf provinsi Riau berada pada posisi 2 setelah DKI Jakarta. Sementara pada posisi 3 dan seterusnya, Banten, Jambi, Lampung, Aceh, Bengkulu, NTB, Papua dan Sumatera Utara.

Sebelumnya, pada MTQ Nasional XXV di Batam, Provinsi Riau meraih juara I dalam Pawai Taaruf seletah mengumpulkan nilai tertinggi dibandingkan 33 provinsi lain yang mengikuti Pawai Taaruf.

Secara keseluruhan, Provinsi Riau berada pada peringkat 6 dari 34 Provinsi di Musabawah Tilwatil Quran Nasional (MTQN) XXVI Tahun 2016 di Nusa Tenggara Barat (NTB) Mataram dengan perolehan 3 juara I, 2 Juara II, 3 Juara III, 1 Harapan II dan 3 Harapan III.

"Tahun depan kita akan upayakan tampil lebih baik namun kita berharap dukungan semua pihak, meskipun ini helat Provinsi namun kita diberikan amanah karena merupakan kebanggan nama Riau harum karena Rokan Hilir," pungkasnya.(Spy)***
TERKAIT