Pertunjukan Budaya

Randai Kuantan Di TMMD 98 Obati Rindu Perantau

Randai Kuantan Di TMMD 98 Obati Rindu Perantau***
MEDIATRANSNEWS, INHU - Suasana Sabtu (22/4/2017) malam di lapangan Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mendadak ramai dan meriah dengan bunyi-bunyian alat musik berupa Biola, Gendang, serta Pluit dari pemain Randai.

Permainan musik yang apik dipadukan dengan suara penyanyi seakan menghipnotis para pengunjung yang umumnya didominasi oleh warga kelahiran Kuantan Singingi (Kuansing) yang sudah lama merantau dan menetap di Inhu.

Komandan Kodim 0302 Inhu, Letkol Inf, Mujibburahman Hadi, Plt Sekda Inhu, Hendrizal serta sejumlah pejabat lain juga tampak hadir di tengah keramaian warga.

Pertunjukan budaya ini memang masih dalam rangkaian  kegiatan operasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 98 yang dilaksanakan Kodim 0302 Inhu.

Seketika musik dimainkan, para warga yang sudah menunggu sambil berdiri langsung bersatu membentuk barisan lalu mulai melakukam gerakan serempak sambil berkeliling.

Salah satu warga Kuansing yang sudah lama merantau dan menetap di Inhu, Artos yang diwawancarai di sela-sela pertunjukan mengungkapkan pertunjukan Randai Kuantan seperti ini memang sudah jarang ditemukannya di Inhu.

"Momen seperti ini sudah jarang, oleh karena itu malam ini kita seperti reuni," kata Artos, Sabtu (22/4/2017).

Sama halnya dengan Artos, Syafrudin warga lainnya juga mengaku senang dengan pagelaran budaya tersebut. "Kami sangat antusias dengan pagelaran seni budaya Randai yang digelar oleh TNI," kata Syafrudin.

Dandim 0302 Inhu, Letkol Inf Mujibburahman Hadi menyampaikan agenda pertunjukan Randai itu sudah lama dipersiapkan, bahkan Kodim 0302 Inhu sengaja mendatangkan para pemain Randai itu dari daerah asalnya, Kuansing.

"Yang jelas agenda ini untuk menaikkan budaya seni daerah, dan juga untuk meningkatkan rasa cinta tanah air serta memupuk jiwa nasionalisme," tegas Dandim.***

TERKAIT