Rapat Paripurna DPRD Bengkalis

Sanusi Ketua Fraksi PKS Menyoroti Masalah Ro-Ro dan Jalan lintas Barat Duri

Sanusi Ketua Fraksi PKS Menyoroti Masalah Ro-Ro dan Jalan lintas Barat Duri . ***
BENGKALIS, (MTNc) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkalis Menggelar Rapat Paripurna Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD. Selasa malam, 11/07/23.

Kepada satuju.com ketua fraksi PKS Sanusi, S.H. M.H Dalam rapat saya memberi tanggapan, usul dan saran masalah Ro-Ro dan Jalan lintas Barat Duri yang penting untuk di evaluasi dengan tepat. 

Ro-Ro saat ini adalah jantung pergerakan barang dan orang ke bengkalis dengan pelabuhan yang sudah multi fungsi antara Ro-Ro bengkalis dan Ro-Ro bengkalis-batam," terang Sanusi. Jumat, 14/7/23. Pada Rapat Paripurna Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022.

"Masalah yang kita temui ketika Ro-Ro bengkalis-batam masuk ini mengakibatkan antrian panjang, durasi antrian bisa bertambah hingga 1-2 jam karena terjadi proses bongkar muat. Tentu ini menjadi masalah bagi masyarakat yang akan melintas harus antri begitu lama. Untuk itu pemerintah perlu menambah satu dermaga lagi dan di kerjakan dengan cepat karna prosesnya ini cukup memakan waktu dari penganggaran, pengerukan atau pendangkalan dan seterusnya.

Selanjutnya fasilitas pelayanan Ro-Ro Bengkalis-Sungai Selari perlu di evaluasi secara menyeluruh karna kebutuhannya sekarang bukan hanya jalur lintas saja sudah bertambah menjadi jalur bisnis. Maka perlu peningkatan kualitas yang sesuai di butuhkan, seperti very cepat menampung 10-50 orang penumpang yang mampu melintas hanya 10-15 menit sampai tujuan. Ini akan menjadi solusi bagi masyarakat baik yang dinas, kerja, kuliah, belanja dan seterusnya lebih mengefesienkan waktu," ujarnya. 

"Maka untuk Ro-Ro ini pemerintah perlu membuat kajian analisis secara komperhensif agar dapat melakukan tindakan yang tepat. Tidak lagi memakai teori kira-kira atau praduga dalam membaca situasi perkembangan yang ada. Apa benar Ro-Ro yang tersedia kurang, pelabuhan kurang, sumber daya kurang atau justru pendatang ke bengkalis yang meningkat. Sehingga antisipasi yang di lakukan tepat, tidak berdasarkan hari libur dan hari raya saja tapi sudah antisipasi kebutuhan setiap hari.

Terakhir jalan Lintas Duri Barat yang ini juga kurang menjadi perhatian pemerintah. Kecelakaan yang terjadi akibat jalan ini luar biasa dan sangat memprihatinkan sekali.

Kami faham soal pembebasan lahan jalan ini bagaimana rumitnya dan ini penting untuk di selesaikan dengan cepat. Sudah banyak sekali anggaran yang di serap untuk akses jalan ini tapi kami rasa belum maksimal hasilnya karna baru sedikit sekali hutan yang di buka untuk akses jalan ini. 

Pemerintah tidak boleh lagi berkilah kepada masyarakat, sebab jawaban dari tahun ke tahun masih belum ada perubahan dan belum ada kepastian kepada masyarakat. Saya rasa ini penting untuk di perhatikan oleh pemerintah agar angka kecelakaan yang ada menurun," tutup ketua fraksi PKS Sanusi, S.H. M.H. (Mat/Saf) ***

TERKAIT