Dinas Kesehatan Melakukan Sosialisasi Kampung Germas Di Desa Berancah

Desa Berancah Jadi Pilot Projek Kampung Germas Di Bengkalis

Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis menjadikan Desa Berancah Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis sebagai Pilot Projek Kampung Germas.. ***

BANTAN, (MTNc) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis menjadikan Desa Berancah Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis sebagai Pilot Projek Kampung Germas.


Desa ini menjadi binaan Dinas Kesehatan sebagai percontohan desa yang masyarakatnya berpola hidup sehat sesuai program kesehatan anjurkan.

Kampung Germas merupakan wadah integrasi berbagai program yang mendukung peningkatan aktifitas fisik, peningkatan pangan sehat dan perbaikan gizi, Peningkatan deteksi dini penyakit, Peningkatan lingkungan sehat serta peningkatan edukasi serta perilaku hidup bersih dan sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dr Ersan Saputra TH mengatakan, pembinaan Desa Berancah sebagai Kampung Germas sudah dilakukan sejak bulan Februari 2023. Dari 5 Dusun yang ada di desa tersebut, dua dusun sudah mulai menunjukkan hasil dari program yang sedang di jalan.

"Kalau kita bicara Kampung Germas, artinya program kesehatan jalan disitu. Kita lakukan pembinaan bagaimana masyarakat ada di situ pola hidupnya sehat. Sehat lingkungannya, fisik, mengkonsumsi bua, konsumsi sayur dan memanfaatkan perkarangan untuk bercocok tanam,"katanya seperti disampaikan Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Yessi Vebrina kepada Awak media, Senin (24/7/2023).

Program kesehatan menurut Yessi berjalan di kampung Germas. Selain mendorong aktivitas dengan pola hidup sehat, masyarakat yang miliki kebiasaan merokok di edukasi agar tidak merokok, kalau pun kebiasa tidak dihentikan pihaknya menyarankan agar membuat pojok-pojok rokok dan tidak merokok di dalam rumah.

"Alhamdulillah secara bertahap program kampung Germas ini berjalan di dua di sana. Dan kita ingin melanjut ke dusun ke tiga,"ucapnya.

Monitoring terus dilakukan Dinas Kesehatan di Desa Berancah. Setiap satu pekan sekali, bersama UPT Puskesmas Selat Baru pihaknya melakukan pembinaan turun ke Desa Berancah.

Selain UPT, Pemerintah Desa Berancah sangat mendukung program tersebut. Hal itu terbukti dari pelibatan perangkat, RT dan RW dalam pembinaan Berancah sebagai pilot projek Kampung Germas.

"Kami mengupayakan tahun ini bisa launching Kampung Germas karena kita sudah melakukan pembinaan di dua dusun di desa Berancah. Dan Desa Berancah akan kami jadikan salah satu contoh Desa germas yang ada di Kabupaten Bengkalis,"terang Yessica.

Kemudian, kata Yessi, setelah semua program Germas berjalan di Desa Berancah, pihaknya mendorong setiap dusun memiliki icon masing-masing. Misal, imbuhnya, Dusun 1 memiliki icon tentang kebersihan dan selanjutnya.

"Insyaallah setelah Desa Berancah, kita menargetkan Tahun 2024 setiap kecamatan memiliki satu Kampung Germas. Kita berharap dukungan dari semua pihak untuk mendukung program Kampung Germas ini. Bersama wujud masyarakat berpola hidup sehat dan Bengkalis Bermasa,"pungkasnya Kabid Kesmas Yessica Vebrina. (Safrizal) ***

Editor: Sarah

TERKAIT