Pengukuhan DPD PKNR Kota Dumai, Dihadiri Staff Ahli Syawir Kasim Mewakili Wali Kota

P. Zalukhu, SH, Resmi Kukuhkan Pengurus DPD PKNR Kota Dumai, Masa Periode 2022-2026

P. Zalukhu, SH, Saat Resmi Kukuhkan Pengurus DPD PKNR Kota Dumai, Masa Periode 2022-2026. ***

DUMAI, (MTNc) - Pungukahan atau Pelantikan Pengurus DPD "Perkumpulan Keluarga Nias Riau (PKNR)" Kota Dumai periode 2022-2026, turut hadir Pemko Kota Dumai yang diwakili Staff Ahli Syawir Kasim. Minggu, 30/7/23 bertempat di Pendopo Sri Bunga Tanjung Kota Dumai.

Ketum DPP PKNR AKBP (Purn) Peniel Zalukhu, SH., Beserta Sekum Yermias Duha, S.Kom., M.Kom., dan Sokhiatulo Laia (Bendum), dan beberapa penasehat DPP PKNR yang juga mantan Ketum IKNR (PKNR), S. Waruwu, SH, Sefianus Zai, SH.,MH juga mantan Ketum DPP beserta Rombongan dari DPP PKNR.

Acara pelantikan atau pengukuhan DPD PKNR Kota Dumai, dengan mengusung Thema "Terus Jaga Kekompakan, Kerukunan dan Toleransi bersama 17 Suku Kota Dumai dan Bersinergi Mendukung Penuh Program Pemko Dumai demi Wujudkan Kota Idaman".

Ketua Panitia Nasozisokhi Bu'ulolo dan Sekretaris Agus Prama Harefa, Ketua Harian Forum Pembauran Kebangsaan-Lembaga Kerukunan Keluarga Masyarakat Dumai (FPK-LKKMD) Chandra Abdul Ghani (Ichan), Ketua LAMR-DUMAI diwakili, Dandim 0320/Dumai diwakili Pasi Intel, Kapolres Dumai diwakili, Kaban Kesbangpol diwakili, para ketua 17 suku se-Kota Dumai, Ketua Geram 17 Suku Kota Dumai, Pengurus Kalvari, Pengurus Pejuang Siliwangi dan tamu undangan lainnya.

Sesuai SK Pelantikan dikeluarkan DPP PKNR, jabatan Ketua DPD PKNR Kota Dumai dijabat oleh Nataila Bago, Sekretaris Simon Petrus Harefa dan Bendahara Sonihonogoi Dachi, beserta 11 bidang pendamping.

SK Pelantikan bernomor 09/SK/DPP/PKNR/VIII/2022, ditetapkan di Pekanbaru tanggal 22 Agustus 2022, ditandatangani Ketum Peniel Zalukhu dan Sekum Yermias Duha.

Ketua Panitia Nasozisokhi Bu'ulolo ucapkan terimakasih kepada Walikota Paisal yang telah mendukung hingga bisa terlaksanaan pengukuhan DPD PKNR Kota Dumai, sebagaimana yang kita saksikan bersama saat ini. Ucapnya singkat

Ketua Panitia Nataila Bago. Juga mengucapkan "Terimakasih kepada Walikota Paisal, Dandim dan Kapolres Dumai, Utusan Ketua LAMR-Dumai, Ketua Harian FPK-LKKMD, Ketua Pejuang Siliwangi, utusan Kaban Kesbangpol, Ketua Geram, Ketua Pejuang Siliwangi dan tamu undangan lainnya.

Perlu kami jelaskan. Awal mulanya ikatan warga rantau asal Nias tersebut bernama "Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR) Kota Dumai" sejak 2004. Namun sejak 2021 berganti nama menjadi "PKNR Kota Dumai, karena memakai kata ikatan dalam ke paguyubaan tidak di perbolehkan oleh pemerintah".

"Tujuan terbentuknya PKNR; untuk menghimpun masyarakat rantau asal Nias domisili Dumai agar bersinergi dalam mendukung Dumai jadi Kota Idaman," Ucap dan beber Nataila Bago.

Lanjut Bago. Berkoordinasi dengan Walikota Khairul Anwar, sejak 2014 PKNR telah perjuangkan masyarakat Nias untuk beroleh identitas kependudukan, seperti KK dan KTP. Dengan adanya identitas kependudukan, masyarakat Nias juga dapat fasilitas Jamkesko. 95% masyarakat Nias telah memiliki identitas, 5%-nya masih belum, karena terkendala jarak yang jauh dari pusat kota dan keterbatasan lainnya.

Juga kami sampaikan. Jumlah anggota PKNR di kota dumai ini lebih kurang 2.000 jiwa atau ±500 KK. Dan PKNR telah tergabung dalam FPK-LKKMD.

Dalam kesempatan ini juga, tak lupa saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bersusah payah dan bekerja keras selama berjalannya kepanitiaan sehingga acara puncaknya terlaksana pada hari ini. Ucapnya.

Ketum DPP PKNR Peniel Zalukhu, SH. Mengawali sambutannya. Mengatakan, "Selamat..!! Ingat tujuan utama organisasi adalah untuk berikan kepedulian terhadap anggota agar semakin sejahtera," Ucapnya dengan singkat.

Sekaligus berkesempatan berikan donasi secara langsung kepada Pengurus DPD PKNR Kota Dumai sebesar Rp.5 JT, sebagai bentuk perhatian DPP kepada DPD PKNR Kota Dumai.

Pada waktu yang sama. Syawir Kasim mewakili Walikota Paisal. Juga mengucapkan selamat kepada pengurus DPD yang telah dilantik.

"Harapan kami Pemko Dumai, agar masyarakat Nias tetap tumbuh dan berkontribusi dengan bersinergi bersama pemerintah dan ikatan suku lainnya terutama LAMR-Dumai sebagai payung negeri, sehingga tercapai Kota Dumai yang maju, sejahtera dan bermartabat," Ucap Syawir yang juga mantan Kadis Pustaka dan Kearsipan pemko Kota Dumai.

Sesi acara diawali dengan pembukaan acara, ragam seni budaya Nias didominasi warna merah dan kuning terang turut dihadirkan panitia. Mulai dari penyambutan tamu VIP, disambut tarian dan pengalungan bunga oleh para remaja putri, tarian perang, lompat batu oleh para remaja putra dan sebagai penutup acara, seluruh masyarakat Nias lakukan tarian Maena, yang mempunyai makna tentang kebersamaan dan persatuan antara satu sama lain. Acara terakhir dengan diakhiri foto bersama. (Red) ***

Editor: Sarah

TERKAIT