Dalam Rangka Mempercepat Pemulihan Ekonomi Daerah

Pj Bupati Kampar M. Firdaus, Menggelar Rapat Koordinasi Di Sektor Pertanian

Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE., MM, saat menggelar Rapat Koordinasi di sektor Pertanian, yang diselenggarakan di Rumah Dinas Bupati Kampar. ***

KAMPAR, (MTNc) - Dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi Daerah, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE., MM menggelar Rapat Koordinasi di sektor Pertanian, yang diselenggarakan di Rumah Dinas Bupati Kampar. Selasa, 15/8/23.

Rapat ini langsung Dipimpin Oleh Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE., MM dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Nur Ilahi Ali, SP, Kadis Perikanan Zulfahmi, Kadis Ketahanan Pangan Muhammad, Ka Bappeda Ardi Mardiansyah, Sekretaris Dinas Bappenda Jaka dan seluruh unsur jajaran OPD terkait.

Rapat Koordinasi Bidang Pertanian Kabupaten Kampar ini bertujuan untuk mempercepat memulihan Ekonomi Daerah serta memantapkan Koordinasi di semua Unsur dalam Penyelenggaraan Pemerintah terutama yang berkaitan dengan Pertanian.

Pada pertemuan diharapkan, dapat menjadi bahan masukan bagi pengambil Keputusan di Kabupaten Kampar mengenai strategi dan Kebijakan pembangunan Sektor Pertanian. ungkap Ardi Mardiansyah.

Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE., MM, dalam arahannya. Mengatakan, bahwa dalam pemenuhan Ekonomi sampai tepat sasaran, pada tanggal 21 Agustus sampai 4 September 2023 nanti, kita akan berkunjung ke semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar untuk menggali Potensi yang ada di setiap kecamatan dan Masalah-Masalah yang dihadapi oleh kecamatan serta mendengar Aspirasi- Aspirasi di setiap kecamatan.

“Untuk itu tolong nanti disampaikan ke Camatnya dan Kaban Bappeda nanti membuat Rowndon Acara tersebut dikecamatan mana yang pertama kita kunjungi dan sampai akhir". ungkapnya.

Lanjut Pj Bupati. Setiap kita mengunjungi di kecamatan, siapkan materi yang konkrit apa yang menjadi isu atau aspirasi di setiap Kecamatannya dan aspirasi ini akan menjadi ujung tombak untuk memulihkan ekonomi di setiap kecamatan tersebut.

Ia juga menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kampar akan menggali potensi di setiap kecamatan untuk memulihkan ekonomi dengan Program “1 Desa itu mempunyai 2 Kolam Ikan, ini juga dalam rangka mengurangi Kemiskinan serta menumbuhkan ekonomi di masing masing desa.

“Dengan Program menciptakan Kolam ikan ini, diharapkan setiap Desa membuat Kolam Ikan Tersebut dengan ukuran 30×30 dan 1 Kolam itu mempunyai 10 Orang untuk mengelolanya.

Peran Strategis sektor Pertanian ini sebagai Penggerak Perekonomian, Perlu dipertahankan dan ditingkatkan guna mendorong Pertumbuhan Ekonomi pada masa sekarang dan masa yang akan datang.

“Pembangunan sektor Pertanian ini harus dikaji, dianalisa dan dilakukan perencanaan yang matang dan terfokus lintas sektoral, sehingga akan berdampak pada produktivitas dan Produksi pertanian yang dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. tutup Bupati.

Kadis Perikanan Zulfahmi mengatakan, dalam sektor perikanan. Ada beberapa program untuk menggesa pemulihan ekonomi masyarakat, Dinas Perikanan membuat Program yaitu Menciptakan Kampung Ikan, Kampung Patin, Kampung Lele Kampung Jelawat dan Kampung Kopiek. Yang Kedua Mendirikan Galeri Toko Supermarket Khusus Oleh oleh Produk Olahan Perikanan di lokasi dan tempat strategis seperti tempat wisata, Bandara, Mall, dan dijual di pasar setiap Kecamatan.

“Yang Ketiga, Membuat percontohan Usaha Budidaya Keramba dan Kolam di tiap Desa dan Kelurahan, Yang Keempat, Produksi Abon Berskala Internasional, yang Ke Lima, Meningkatkan Produksi Ikan Fillet Patin di Pabrik ICS (Pihak Ketiga).

Dalam Hal itu, Kadis Ketahanan Pangan Muhammaf mengatakan bahwa Hasil Analisis Peta Food Scurity dan Vulnerabiliti Atlas (FSVA) Skala Prioritas Rentan Rawan Pangan Daerah/ Kecamatan pada tahun 2021 dan dilakukan penanganan pada tahun 2022, yang rentan rawan Pangan Memiliki 3 Prioritas, Yaitu:

“Prioritas 1 dibeberapa desa yaitu: “Di Kampar Kiri, Kampar Kiri Hilir, Kampar Kiri Hulu dan XII Koto Kampar”, Prioritas Ke 2 ada beberapa desa di Kampar kiri, Kampar Kiri Hulu, XII Koto Kampar, Koto Kampar Hilu dan Sik Hulu, Prioritas Ke 3 dibeberapa Desa di kampar Kiri Hulu, Kampar Kiri Hilir, XII Koto Kampar, Koto Kampar Hulu, Tapung, Tapung Hulu, dan Kampar. “Di masing masing yang rentan Rawan pangan ini merupakan Akses jalan yang sulit. tutupnya. (Red) ***

Sumbet: Kmf
Editor: Sarah

TERKAIT