Dibayangi Sanksi Nuklir

Utusan China Sambangi Korut

Utusan China khusus Semenanjung Korea, Wu Dawei, menyambangi Korut di tengah ancaman sanksi yang akan dijatuhkan kepada negara itu***
MEDIATRANSNEWS, PYONGYANG - Kantor berita Korea Utara (Korut), KCNA, melaporkan utusan China untuk masalah nuklir Korut tiba di ibukota negara itu Pyongyang. Kunjungan ini berlangsung di tengah dorongan sanksi yang lebih keras terhadap Korut.

Disitir Reuters dari kantor berita Jepang Kyodo, Selasa (2/2/2016), perwakilan Khusus China untuk urusan Semenanjung Korea, Wu Dawei, berharap bisa mengadakan diskusi dengan Korut terkait masalah nuklir.

Namun, baik KCNA dan Kyodo tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait kedatangan Wu Dawei. Kementerian Luar Negeri China juga tidak memberikan pernyataan mengenai kunjungan Dawei.

Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) mendorong sanksi yang lebih tegas dijatuhkan kepada Korut. Negara komunis itu diketahui telah melakukan uji coba nuklirnya yang keempat pada awal Januari lalu. China sendiri setuju dengan rencana pemberian sanksi yang lebih tegas tersebut.

Korut sebelumnya diyakini tengah mempersiapkan diri untuk melakukan peluncuran uji coba rudal balistik jarak jauh. Kesimpulan itu muncul berdasarkan hasil pengamatan satelit terhadap lokasi peluncuran dan uji coba.(dtk/mk)***
TERKAIT