Bupati Buka Musrenbang RKPD 2016

Harris: Bila Pejabat Tak Mampu Bekerja Mundur

Bupati Harri, Buka Musrenbang RKPD 2016***
MEDIATRANSNEWS, PELALAWAN - Bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja Pangkalan Kerinci 26 Maret 2016 Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (MUSRENBANG-RKPD) Kabupaten Pelalawan tahun 2016 dibuka.

Pada kata sambutan dan arahan Bupati Pelalawan H. M. Harris, menyampaikan bahws pembangunan nasional dan daerah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Pembangunan dilakukan dalam upaya perbaikan dan peningkatan kondisi sosial, ekonomi, budaya serta perbaikan kehidupan bernegara.

"Maka upaya pembangunan harus dicrancang secara bersama pula, dilaksanakan dengan profesional dan transfaran, dan diawasi dengan penuh tanggung jawab", jelas Bupati.

Dikatakan, Sebagaimana diatur didalam undang-undang Nomor 8 Tahun 2008 dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010, bahwa setiap upaya pembangunan berbangsa dan bernegara itu harus direncanakan secara partisipasif, pada jenjang mulai kelompok masyarakat terkecil, pemetintahan desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional.

Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan Tahun 2017 sebagai hasil Musrenbang RKPD ini akan menjadi rancangan Tahun Pertama RPJMD Kabupaten Pelalawan Tahun 2016-2021, yang saat ini baru dalam tahap awal penyusunan. Sebelum nanti benar-benar menjadi Rancangan Akhir RKPD 2017, maka akan terjadi proses penyempurnaan subtansi, sejalan dengan penyusunan RPJMD 2016-2021 dimaksud.

"Kebijakan pembangunan pada tahun 2017 ini sampai dengan tahun 2021 nanti adalah meningkatkan, memperluas dan menyempurnakan visi dan misi pembangunan periode sebelumnya. Sebagaimana janji kami saat kampanye Pemilihan Kepala Daerah yang lalu bahwa kami mengusung visi pembangunan Kabupaten Pelalawan 5 tahun kedepan: Inovasi Menuju Pelalawan Emas (Ekonomi Mandiri,an dan Sejahtera)," papar Bupati didepan peserta dan tamu undangan.

Kepala Bappeda Pelalawan, Ir. M. Syahrul Syarif mengatakan, Musrenbang RKPD Kabupaten Pelalawan tahun 2016 ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 23 sampai 25 Maret 2016.

Rangkaian kegiatan telah didahului dengam Musrenbang Desa/Kelurahan pada bulan Januari 2016, Musrenbang Kecamatan pada bulan Januari 2016, pra Musrenbang pada minggu pertama bulan maret sebagai pembahasan awal Rancangan Rencana Kerja SKPD, dan pelaksanaan forum SKPD pada tanggal 21-22 Maret 2016 yang lalu, sebagai wadah penyempurnaan Rancangan Kerja SKPD atas masukan usulan dari hasil Musrenbang Desa dan Kecamatan.

"Agenda acara Musrenbang RKPD terdiri dari pembukaan dan paparan arah kebijakan serta ekspose pembangunan, yang pelaksanaannya bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja ini," papar Syahrul.

Lebih lanjut Syahrul memgatakan, tahun 2016 ini kita kembali memberikan penghargaan Bupati, kepada perusahaan yang melaksanakan Program CSR yang kita nilai dari pelaksanaan pada tahun 2015.

Selanjutnya kita memilih 5 perusahaan terbaik dalam pelaksanaan program CSR, dan kesesuaian dengan program prioritas pembangunan pemerintah daerah, serta ketaatan dalam menyampaikan laporan dan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Nominasi perusahaan yang mendapat penghargaan ini diusulkan dari kecamatan dan SKPD mitra CSR. (Sy/Mtn02)***

TERKAIT