Lingkungan Hidup Sedunia

Siak Akan Menjadi Tuan Rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Bupati Siak menggunakan perahu saat menuju Taman Zamrud, (Foto FB Syam)***
MEDIATRANSNEWS, SIAK - Danau Zamrud merupakan salah satu kawasan cagar alam di Kabupaten Siak yang sampai sekarang masih terpelihara keasliannya. Kawasan ini yang berada di wilayah Kabupaten Siak sebelumnya pernah diusulkan menjadi kawasan taman nasional Zamrud, Sabtu (21/05/16).

Untuk mengetahui agar kelestarian dan keindahan alam danau Zamrud ini, Bupati Siak Syamsuar Msi didampingi Kapolres Siak AKBP Dedy Rahman Dayan,  Camat Dayun dan pejabat beberapa instansi terkait melakukan penyelusuran di lokasi Danau zamrud.

Alhamdulillah dirinya berkesempatan mengunjungi Danau Zamrud. Kita bersyukur, Menteri Kehutanan telah menyetujui perubahan fungsi suaka margasatwa danau pulau besar/danau bawah dan hutan produksi Tasik Serkap menjadi Taman Nasional Zamrud sesuai SK 350/MenLHK/Setjen/OLA/5/2016.

"Jika tak ada kendala, Siak juga dipercaya menjadi tuan rumah hari lingkungan hidup sedunia tingkat Nasional, sekaligus launching TNZ. Semoga semua usaha yang kita lakukan, dapat melindungi TNZ dari aktivitas perambahan liar. Sehingga tercipta harmonisasi kehidupan alam yang berkesinambungan, untuk hari ini dan masa depan",papar Bupati.

Bupati dan rombongan melakukan penelusuran sambil menikmati keindahan alam  kawasan yang asri ini.  Syamsuar menyampaikan bahwa danau ini merupakan kawasan cagar alam yang harus dijaga keaslianya,  dan merupakan  salah satu potensi alam di  Indonesi yang begitu indah dan luas.

Dikatakan, Pemkab Siak berupaya  memberikan perhatian dan terus melakukan pengawasan.  "Karena itu,  kita harus menjaganya secara bersama sama, sebab kalau tidak, keaslian dan keindahan alam ini akan berubah," paparnya.

Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih pemerintah Kabupaten Siak kepada semua pihak yang selama ini terus ikut menjaga keaslian dan kelestarian cagar alam yang ada di kawasan danau Zamrud ini. (hms/mtn)***
TERKAIT