Dari 20 Ranperda Rohil

Enam Ranperda Telah Disahkan Menjadi Perda

Wakil Ketua III DPRD Rohil Syafriddin saat menandatangani 6 Ranperda menjadi Perda***
MEDIATRANSNEWS, BAGANSIAPIAPI - Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir mengesahkan enam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dari 20 yang diusulkan oleh Pemkab Rohil menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam sidang paripurna di Gedung DPRD Rohil Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Senin (25/4/16).

Dalam Siadang yang digelar dihadiri oleh 34 Anggota dari 44 Anggota DPRD Rohil, Plt Sekda Rohil Surya Arfan dan Kepala SKPD.

Adapun enam Ranperda yang disahkan menjadi Perda diantaranya Perda tentang Penyelenggaraan Warung Internet (Warnet), Perda Lahan Perlindungan Pertanian dan Ketahanan Pangan, Perda tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pengelolaan Aset Daerah, kemudian Perda tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan, Perda tentang Pengelolaan Persampahan, dan Perda Pemberdayaan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah
 
Hari ini kita telah mengesahkan enam Ranperda menjadi Perda, sementara 14 Ranperda lagi belum bisa disahkan karena dikhawatirkan akan terbentur dengan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW). Jadi untuk sementara kita belum bisa melangkah lebih jauh, Ungkap Wakil Ketua DPRD Rohil Syarifuddin usai memimpin rapat paripurna.

Ia menjelaskan, sebanyak 14 Ranperda yang belum bisa disahkan tersebut akan dilakukan pembahasan pada sidang kedua. “Kita akan tetap menindaklanjuti pada masa sidang kedua yang akan digelar pada pertengahan tahun nanti,” ujar Politisi PKB Rohil itu.

Saat ini, lanjut dia, sebanyak tiga pansus sudah selesai dibahas, dimana masing-masing pansus itu terdapat lima Ranperda, sedangkan untuk  pansus yang lainnya lagi belum bisa menyampaikan laporan pembahasan karena masih ada beberapa materi ataupun data yang harus dilengkapi oleh tim pemerintah daerah.

Proses pembahasan cukup lama dan memakan waktu. Hal ini dikarenakan materi muatan Ranperda yang diajukan harus menyesuaikan pedoman peraturan perundang-udangan yang ada, tuturnya. (Spy/Adv/DPRD)***

TERKAIT