Pengelolaan Sampah Kepada IKM

Pemkab Bekali Ilmu Pengelolaan Sampah Kepada IKM Rohil

Pemkab Rohil Bekali Ilmu Pengelolaan Sampah Kepada IKM Rohil***
MEDIATRANSNEWS, BAGANSIAPIAPI - Pemerintan Kabupaten Rokan Hilir bekali ilmu pengelolaan sampah kepada 35 orang pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Rokan Hilir.

Pembekalan Ilmu Pengelolaan sampah tersebut agar kedepannya pelaku IKM dapat memberikan kontribusi secara nyata terhadap perkembangan perekonomian ditengah masyarakat.

"Pelaku Industri Kecil Menengah IKM di Kabupaten Rokan Hilir memiliki satu posisi yang strategis. Untuk itu pemerintah Rohil serius memperhatikan dan memberikan pembinaan kepada pelaku IKM dan UKM karena IKM/UKM ini kedepannya mampu memberikan kontribusi secara nyata terhadap perkembangan perekonomian ditengah masyarakat," kata Bupati Rokan Hilir Suytano.

Bupati,Suyatno merasakan bangga atas acara yang digelar menurutnya saat ini masyarakat butuh ilmu untuk mencari peluang-peluang usaha,"Sebutnya.

"Jangan dilihatnya kotornya, tapi kalau sampah dikelola dengan baik, di jadikan pupuk organik tentunya akan menghasilkan rupiah," kata Bupati.

Oleh karena itu orang nomor satu di rohil ini berharap bimtek pembinaan dan pelatihan IKM dan UKM ini dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga ilmu pengetahuan yang didapat dari narasumber hendaknya benar-benar dipahami dan diserap untuk lebih menambah guna meningkatkan dan mengembangkan usaha yang dimiliki,"Harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Rohil Syafruddin mengatakan bahwa sebanyak 35 peserta diambil dari seluruh Kecamatan yang ada di Rokan Hilir.

"Setiap kecamatan kita ambil dua orang terkecuali Kecamatan Bangko sebanyak satu orang.

"Tujuan acara ini memberikan untuk memberi arahan yang jelas kepada pelaku IKM dan UKM untuk optimalisasi sumber daya manusia terhadap pelaku usaha," harap Syafruddin.

"Kita bekali Ilmu, nanti baru kita programkan mesin pengolah sampahnya dalam mengembangkan usaha sampah menjadi pupuk," tuturnya.

Acara Pelatihan peningkatan kemampuan teknologi IKM dalam pengelolaan sampah menjadi pupuk organik, di programkan oleh Dinas Industri dan Perdagangan Rokan hilir di Bagansiapiapi, Senin-(22/8/2016) di hotel Mahara jalan utama Bagansiapiapi. (Spy)***
TERKAIT