Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Minggu, 24 Oktober 2021
INDEX BERITA

Kapolres Kampar AKBP Rido Purba Sik. MH Lontarkan Kata Tak Sopan Kepada Wartawan
Kurang lebih 500 Orang Tenaga Kerja Berorasi Di Kantor PT. Torganda
Kapolri: Polri Bukanlah Lembaga Yang Anti Kritik
RA Pelaku Pembunuhan Ny Berhasil Di Tangkap
Polda Riau Berhasil Sikat Praktek Judi Online Di Pekanbaru
Beberapa Paket Kegiatan Proyek DLH Rohil TA 2020 Diduga Bermasalah
Wira Swandi Gea Pewushu Riau Peraih Medali Perunggu PON XX Papua
Tomy FM: Minta Kapolda Riau Memanggil Kanit Reskrim Polsek Tampan
Melalui BRIN, Riset Dan Inovasi Sebagai Pilar Indonesia Berdikari
Warga Desa Sungai Rambai Berterimakasih Kepada Irfan Pimpinan Cabang PLN Lipat Kain
Rapat Ke Tiga PNW 2021 Bahas Program Kerja Dan Tempat Pelaksaan Natal
Ribuan Warga Mengungsi Akibat Banjir, Legislator Kaltim Ajak Warga Saling Bantu
Tomy: Meminta Gubernur Riau Agar Mengevaluasi Pejabat Di Dinas Pendidikan
Rapat Perdana, Stuktur Panitia Natal Wartawan 2021 Terbentuk
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mushola Kantor PN Bangkinang
Hamdani: Jika Benar, Itu Sudah Melanggar PP Nomor 18 Tahun 2017
Presiden Jokowi Tanam Mangrove Bersama Masyarakat Bengkalis
Rizki: Seharusnya Gubernur Riau Drs Syamsuar, Mencabut Pergub No 19 Tahun 2021 Tersebut
BPK RI: Tidak Pernah Jadikan Temuan Terverifikasi Perusahaan Pers Dan UKW Untuk Kerjasama Media
MS: Berharap Kepada Pengusaha WP Punya Hati Nurani Dan Manusiawi
Mayat Yang Ditemukan Minggu Lalu Di Jalintim KM 55 Pelalawan Bernisial HM
Kapolda Riau Berikan Penghargaan Kepada Personil Yang Berprestasi
Tekait Informasi Pengelolaan Dana Kebersihan, PPID Menjadi Senjata Ampuh Pihak RSUD AA

Sosok Mayat Tinggal Tengkorak Ditemukan Di Jalintim Kilometer 55 Pelalawan-Riau
Rokan Hulu
Sejumlah Objek Wisata Keindahan Alam
Objek Wisata Di Rohul Masih Banyak Yang Belum Terkelola Dengan Baik

Senin, 10/04/2017 - 07:31:00 WIB
Salah satu Objek Wisata Keindahan Alam Di Rohul yang Masih Bayak terkelola***
 
MEDIATRANSNEWS, ROHUL - Sejumlah objek wisata di Rohul menunggu sentuhan dari dinas terkait. Hanya butuh waktu sekitar 40 menit dari ibu kota Kabupaten Rokan Hulu yaitu kota Pasir pengaraian kita sudah dimanjakan dengan keindahan alam yang masih asiri.

Meskipun jurang dan tebing yang terjal serta di hiasi dengan pemandangan Bukit Kapur yang menjulang tinggi membuat kita betah berada di tempat ini, namun sayangnya akses jalan menuju tempat itu sangat memprihatinkan  Hal ini diungkap kan oleh Muliarjo tokoh pencinta alam beserta rombongan pada sabtu ( 08/04/17) sore saat ditemui di sungai bungo

Potensi keindahan alam di Dusun Sungai Bungo, merupakan dusun paling terisolir di Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang dihuni sekitar 46 Kepala Keluarga (KK), belum tergarap secara maksimal bahkan belum dikelola dengan baik sementara sejumlah potensi wisata alamnya bagai “mutiara terpendam”.

Semasa. Pemerintahan  Bupati Rohul, Drs H Achmad M.Si, Dusun Sungai Bungo, sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata. Bahkan, dusun tersebut dapat perhatian dari Pemkab Rohul dan menjadi kawasan tanaman bunga hias. Sayangnya, kini dusun tersebut  bagai terabaikan dari berbagai program pembangunan dari pemkab Rohul.

Menurut Kepala Desa Sialang Jaya, Yuherman Daulay, membenarkan bahwa Dusun Sungai Bungo merupakan dusun terisolir. Bahkan, dirinya selaku Kades yang baru terpilih sudah menyiapkan sejumlah program prioritas pembangunan di Dusun Sungai Bungo, kini masih menunggu cairnya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Khusus Dusun Sungai Bungo, itu jadi perhatian utama kita program pembangunan di desa kita. Karena, sudah saatnya Sungai Bungo ditata dan dibangun, apalagi sudah ditetapkan sebagai desa wisata. Selain itu, potensi objek wisatanya juga banyak namun belum tergarap dengan baik, karena akses jalan ke dusun tersebut juga belum memadai,” sebut Yuherman Daulay, Minggu (9/4/2017).

Selain potensi alamnya yang subur, di Sungai Bungo memiliki objek wisata air terjun tiga tingkat atau disebut warga air Terjun Pantasan juga air Terjun Cipogas. Kedua air terjun tersebut sudah ramai dikunjungi warga terutama anak muda. Namun, sayangnya akses jalan yang belum maksimal membuat sulitnya menjangkau ke objek wisata tersebut.

Bahkan, dari cerita masyarakat tempatan, Sungai Bungo juga merupakan sejarah perjuangan sosok pahlawan Nasional Tuanku Tambusai dari Rohul dan Tuanku Imam Bonjol dari Sumatara Barat. Karena dari napak tilas perjalanan kedua pahlawan tersebut, ternyata keduanya kerap melalui Sungai Bungo untuk perang geriliya melawan penjajah Belanda masa itu.

“Memang Sungai Bungo memiliki sejarah penting saat perjuangan. Karena daerah itu, merupakan tempat grilya para pahwalan kita, termasuk Tuanku Tambusai dan Imam Bonjol. Sehingga memang sudah sepantasnya jadi perhatian kita pembangunan di Sungai Bungo, apalagi akses jalan yang bagus termasuk listrik juga tidak dinikmati masyarakat tempatan Sungai Bungo,” ucapnya.

Yuerman juga berharap, Pemkab Rohul memiliki program pembangunan ke Dusun Sungai Bungo, agar bisa menjadi Dusun yang maju seperti dusun di desa lainnya. Kemudian, Sungai Bungo juga berada di kawasan objek wisata handalan yang kini dikembangkan Pemkab Rohul.        

“Yang paling penting, akses jalan, listrik, dan peningkatakan ekonomi masyarakat di daerah tersebut. Potensi alammnya kaya, sayangnya sarana prasana yang belum memadai sehingga masyarakatnya hanya menghandalkan hidup dari perkebunan karet jelasnya.(Mat/Ir/Mtn)***
Editor: Sarah


Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved