Upacara Hari Lahirnya Pancasila

Kodim 0313/KPR Gelar Upacara Hari Lahirnya Pancasila

Kodim 0313/KPR saat Gelar Upacara Hari Lahirnya Pancasila***
MEDIATRANSNEWS, KAMPAR - Upacara Peringatan hari kelahiran Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017 di gelar di lapangan upacara Kodim 0313/KPR dikuti seluruh anggota Militer dan PNS Kodim 0313/KPR, Bangkinang 01/06/17. 

Dalam Upacara tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 0313/KPR Letkol Kav Yudi Prasetio S.ip  dan selaku Komandan Upacara Danramil 06/SH Kodim 0313/KPR Kapten Inf Kasmir dan dihadiri Perwira Staf, Para Danramil dan anggota di wilayah Kodim 0313/KPR.

Dalam sambutan Presiden RI dalam rangka peringatan hari lahir pancasila mengatakan fuji syukur kepada tuhan yang maha esa pada pagi ini kita dapat berkumpul menyelenggarakan upacara peringatan hari lahir pancasila untuk yang pertama kalinya.

Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami,menghayati dan mengamalkan nilai nilai luhur pancasila sebgai dasar bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila tanggal 1 juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno, piagam jakarta 22 juni 1945, dan rumusan final pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara,sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Harus diingat bahwa kodrat bangsa indonesia adalah keberagaman dari sabang sampai marauke.

KEPUTUSAN PRESIDEN RI


Menetapkan    : Keputusan Presiden Tentang Hari Lahir Pancasila.

Pertama         : Menetapakan pada tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila.

Kedua            : Pada tanggal 1 Juni merupakan Hari Libur Nasional

Ketiga            : Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari
           Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni

Keempat         : keputusan Presiden ini dimulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Diakhir amanat presiden RI menyampaikan jaga perdamaian,jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita,mari kita saling besikap santun,saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu membahu, bergotong royong demi kemajuan indonesia.(P031Wb)***

TERKAIT